Arungi Tahun Politik, Madusari Nusaperdana Optimis Penjualan Mampu Tumbuh Hingga Double Digit

Oleh : Ridwan | Senin, 28 Januari 2019 - 10:50 WIB

Direktur Operasional PT. Madusari Nusaperdana Dewi Kartika Rusli (Foto: Herlambang/Industry.co.id)
Direktur Operasional PT. Madusari Nusaperdana Dewi Kartika Rusli (Foto: Herlambang/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Perusahaan manufaktur yang bergerak di bidang olahan daging khususnya sosis dan bakso, PT Madusari Nusaperdana optimis perkembangan bisnis di sektor makanan khususnya sosis akan terus bertumbuh di tahun 2019.

Pasalnya, dalam lima tahun terakhir pemakan daging di Indonesia grafiknya terus bertumbuh. Walaupun, konsumsi daging di tanah air masih relatif rendah.

"Bisnis ini akan terus bertumbuh, walaupun konsumsi daging di Indonesia masih rendah. 5-10 tahun kedepan diprediksi bisnis ini akan semakin baik, karena masih banyak area yang bisa dikembangkan," kata Direktur Operasional PT. Madusari Nusapersada Dewi Kartika Rusli yang ditemu Industry.co.id beberapa waktu lalu.

Ditambahkan Dewi, sejak berdiri di tahun 1995, pihaknya terus berbenah dan mulai bangkit dari imbas ketidakpastian ekonomi ditahun 1998. "Kami terus bangkit dari kondisi yang kurang baik di tahun 1998, dan terbukti hingga kini kami telah mampu memproduksi hingga jutaan sosis per hari," terangnya.

Perusahaan dengan merek dagang Kimbo, Vigo, dan Fino ini terus melebarkan pasarnya hingga ke seluruh wilayah di Indonesia diantaranya, pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi. Meskipun sebaran pasarnya sudah merata, Namun Dewi mengakui bahwa pulau Jawa masih mendominasi area pasar yang terbesar. 

"Pulau Jawa masih 50%, disusul Kalimantan, Sulawesi, dan Sumatera. Tahun 2019, kami akan mulai ekspansi ke wilayah Indonesia Timur," tutur Dewi.

Selain melebarkan sayap pasarnya ke wilayah Indonesia Timur, tambah Dewi, pihaknya juga akan melakukan perkembangan pabrik baru di kawasan industri Jababeka di tahun 2019. Sekedar informasi, hingga saat PT Madusari Nusaperdana sudah memiliki tiga lokasi di kawasan industri Jababeka yakni, pabrik, gudang, dan development center (R&D) yang terbagi di berbagai area berbeda.

"Kita melihat ada beberapa area di Jababeka yang sangat potensial untuk mengembangkan lini bisnis kami, salah satunya di area dekat Cikarang Dry Port. Dengan adanya pabrik kami di area Dry Port, tentunya akan mempermudah dan mempercepat pada saat importasi," katanya.

Lebih lanjut, Dewi mengatakan, jika melihat pertumbuhan dari tahun ke tahun, serta nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat yang terus menguat, pihaknya menargetkan pertumbuhan penjualan akan mencapai double digit di tahun 2019. "Kami sangat otpimis di tahun 2019, apalagi melihat beberapa proyek infrastruktur yang saat ini telah selesai pengerjaannya, sehingga membuat logistik kami akan lebih cepat," tutup Dewi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Utama PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk. (WEGE) Nariman Prasetyo menerima penghargaan sebagai CEO Driving Execution Perusahaan (Tbk)- BUMN dan Anak Perusahaan BUMN Terbaik dalam ajang 9th Anugerah BUMN 2020 yang bertempat di The Terrace – The MAJ Senayan, Kamis (9/7).

Jumat, 10 Juli 2020 - 21:59 WIB

Wijaya Karya Bangunan Gedung Raih Execution Terbaik di Ajang Anugerah BUMN Award 2020

Jakarta–Direktur Utama PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk. (WEGE) Nariman Prasetyo menerima penghargaan sebagai CEO Driving Execution Perusahaan (Tbk)- BUMN dan Anak Perusahaan BUMN Terbaik…

Hutan Reklamasi Pasca Tambang Batu Kapur di pabrik Tuban

Jumat, 10 Juli 2020 - 21:17 WIB

Keren! Ini Teknik Reklamasi SIG di Lahan Pascatambang Pabrik Tuban

Jakarta-PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) berkomitmen selalu menjaga kelestarian alam dalam menjalankan kegiatan operasionalnya.

Menteri Agama Fachrul Razi

Jumat, 10 Juli 2020 - 20:08 WIB

Menteri Agama: Saya dan Wamen Tidak Terlibat Dalam Seleksi Jabatan Eselon I dan II

Menteri Agama Fachrul Razi menegaskan bahwa dirinya dan Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'ad tidak terlibat dalam seleksi jabatan eselon I dan II di lingkungan Kementerian Agama.

Direktur KSKK Madrasah Kemenag A.Umar

Jumat, 10 Juli 2020 - 19:53 WIB

Mulai Tahun Pelajaran Baru 13 Juli Esok, Madrasah Gunakan Kurikulum PAI dan Bahasa Arab Baru

Madrasah akan memulai tahun pelajaran 2020/2021 mulai 13 Juli mendatang. Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah A Umar mengatakan bahwa Madrasah, baik Ibtidaiyah…

PT.Bumi Serpong Damai Tbk. (PTBSD)

Jumat, 10 Juli 2020 - 19:29 WIB

Triwulan I, BSDE Telah Realisasikan 25% dari Target Marketing Sales

Pengembang properti terkemuka di tanah air, PT Bumi Serpong Damai Tbk (kode saham: BSDE), telah merealisasikan marketing sales Rp1,79 triliun atau 25% dari target tahun 2020 pada triwulan satu…