Smelter di Dalam Negeri Dinilai Berikan Banyak Manfaat

Oleh : Herry Barus | Rabu, 22 Februari 2017 - 09:35 WIB

Smelter Indonesia (Dimas Ardian/Bloomberg/Getty Images)
Smelter Indonesia (Dimas Ardian/Bloomberg/Getty Images)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Hilirisasi produk pertambangan melalui kegiatan pengolahan dan pemurnian mineral (smelter) di dalam negeri dinilai memberikan banyak manfaat bagi Indonesia.

Ketua Indonesian Mining Institute (IMI) Irwandy Arif dalam rilis di Jakarta, Selasa (21/2/2017)  mengatakan penundaan program hilirisasi tambang mineral akan melemahkan daya saing sektor industri sebagai akibat cadangan sumber daya mineralnya lebih banyak terkuras dan diekspor.

"Paling kritis sekarang ini adalah komoditas timah. Kalau tidak ada eksplorasi dan penambangan bawah laut, maka dalam sepuluh tahun Indonesia bisa menjadi 'nett importer'," katanya dalam seminar yang diselenggarakan Majelis Nasional Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) dengan tema "Urgensi Nasional Kebijakan Hilirisasi Mineral".

Sementara itu, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Hamdan Zoelva dalam acara yang sama mengatakan, hilirisasi mineral sudah diamanatkan UU Nomor 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara (Minerba).

"Hilirisasi tambang memberikan banyak manfaat, ada partisipasi rakyat yang lebih luas seperti kesempatan bekerja yang lebih banyak di sana. Nilai tambah juga jadi meningkat, sehingga lebih besar juga keuntungan bagi rakyat," katanya.

Hamdan mendorong pemerintah menjalankan hilirisasi mineral karena sudah sesuai dengan semangat Pasal 33 UUD 1945 yaitu bumi, air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.

Hal senada dikatakan pakar hukum sumber daya alam Universitas Tarumanagara Ahmad Redi.

Menurut dia, sumber daya alam mineral harus dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kepentingan rakyat melalui peningkatan nilai tambah.

"Jangan sampai yang kita warisi anak cucu adalah kerusakan lingkungan dan kemiskinan. Kita akan susah kalau tak punya sumber daya alam lagi," ujarnya.

Oleh karena itu, perusahaan pertambangan wajib mengolah dan memurnikan hasil tambangnya di dalam negeri.

"Bangun 'smelter' itu adalah kewajiban. Kalau tidak mampu, maka bisa bekerja sama dengan pelaku usaha lain," ujarnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bus Uncal, Bus Wisata Bogor (Ist)

Senin, 23 Mei 2022 - 13:00 WIB

Keliling Bogor Gratis Naik Bus Uncal, Ini Rute dan Jadwalnya

Bagi kamu yang ingin berkeliling di Kota Bogor bisa naik bus Uncal. Ya, bus wisata gratis yang disediakan oleh Pemerintah Kota Bogor ini melayani wisatawan atau warga keliling kota hujan.

Artis Budhila

Senin, 23 Mei 2022 - 13:00 WIB

Budhila Mantan Manajer Aliando Syarief Kembali Ramaikan Industri Musik Nasional

Budhila bukan atas kemauannya berkat dorongan keluarga dan sahabatnya yang menyukai karakter suaranya.

MasterCard (ist)

Senin, 23 Mei 2022 - 12:20 WIB

Mastercard Ciptakan Mesin Konversi Poin Pertama di Dunia untuk Mata Uang Game

Mastercard meluncurkan Mastercard Gamer Xchange (MGX), solusi yang siap digunakan dan merupakan yang pertama untuk membantu konsumen mengubah poin reward yang belum digunakan menjadi mata…

Hasil dan torehan prestasi cabang olahraga di SEA Games 2021 Vietnam tetap menjadi catatan bagi Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali untuk melakukan evaluasi, khususnya cabor yang masuk dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). (foto:raiky/kemenpora.go.id)

Senin, 23 Mei 2022 - 12:18 WIB

Alhamdulilah! Indonesia Peringkat Tiga SEA Games 2021 Vietnam

Jakarta-Kontingen Indonesia berhasil masuk peringkat tiga besar SEA Games 2021 Vietnam. Indonesia bertengger di peringkat tiga dengan total perolehan 242 medali, yang terdiri dari 69 emas, 92…

Ilustrasi aset kripto

Senin, 23 Mei 2022 - 12:14 WIB

Optimistis Pasar Kripto Bakal Pulih, BitMEX Spot Diluncurkan

Beberapa bulan terakhir pasar kripto cenderung mengalami penurunan, meski begitu BitMEX optimistis pasar kripto akan berangsur pulih dan optimisme ini terlihat dari peluncuran BitMEX Spot sebagai…