FOKSBI Ingin Ada Landasan Fundamental Industri Sawit

Oleh : Herry Barus | Senin, 03 Desember 2018 - 09:15 WIB

kelapa sawit
kelapa sawit

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Forum Kelapa Sawit Berkelanjutan Indonesia (Foksbi) ingin ada landasan fundamental bagi industri kelapa sawit nasional melalui rancangan Rencana Aksi Nasional Kelapa Sawit Berkelanjutan (RAN-KSB).

"Melalu RAN-KSB harapannya ada landasan fundamental, sehingga industri sawit lebih siap kalau menghadapi masalah. Misalnya kampanye-kampanye negatif baik di dalam maupun luar negeri," kata Penasihat Foksbi Rusman Heriawan di Jakarta, pekan lalu.

Menurut dia, selama ini industri kelapa sawit di Indonesia belum memiliki landasan dan sertifikasi yang diterima di luar negeri sehingga rentan mengalami kerugian secara ekonomi akibat kampanye negatif.

Selama ini industri kelapa sawit hanya mengatasi permasalahan secara per kasus karena belum memiliki rencana aksi yang berbasis keberlanjutan sebagaimana yang diamanatkan dalam "Sustainment Development Goals" dari PBB pada 2015.

"Kalau ada masalah, kita selesaikan, nanti ada lagi yang lainnya. Makanya melalui RAN-KSB itu kami mau menunjukkan, terutama ke luar negeri, kalau Indonesia juga berkomitmen di sektor kelapa sawit dan punya tindakan yang konsisten," ujar Rusman.

Pertemuan antara Foksbi dan perwakilan kementerian terkait serta 18 provinsi penghasil kelapa sawit itu merumuskan sejumlah langkah agar industri tersebut dapat terus berjalan dan menyumbangkan pendapatan bagi negara.

Harga minyak sawit yang terus anjlok menuntut para pelaku industri sawit dan elemen pemerintahan untuk secara serius menyikapi masalah tersebut.

Foksbi berharap dokumen RAN-KSB yang mereka rancang bisa menjadi Perpres dan mampu menyelamatkan sekitar 21 juta orang di Indonesia yang menikmati keuntungan dari industri itu.(Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

OT Group

Selasa, 18 Juni 2019 - 10:20 WIB

Orang Tua Group Makin Fokus Garap Industri Retail di Indonesia

Orang Tua (OT) Group yang lebih dikenal sebagai salah satu pemain di industri FMCG, kini kian fokus dan konsisten di industri retail dengan masuk ke empat kategori retail. Mulai dari furniture…

Alex Janangkih Sinaga, Mantan Dirut PT Telkom Tbk

Selasa, 18 Juni 2019 - 10:13 WIB

Alex Sinaga Bakal Jadi Kandidat Terkuat Dirut PLN

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) masih mencari pengganti untuk direktur utama PT Perusahaan Listrik Negara (Persero). Beberapa nama diisukan menjadi dirut PLN. Salah satunya adalah…

 Sutopo Purwo Nugroho, Humas BNPB

Selasa, 18 Juni 2019 - 10:00 WIB

Sutopo Purwo Nugroho Lanjutkan Berobat ke Guangzhou Tiongkok

Sekretaris Utama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Dody Ruswandi mengatakan Kepala Pusat Data, Informasi, dan Hubungan Masyarakat Sutopo Purwo Nugroho berobat ke Guangzhou, Tiongkok,…

Ketua Umum Himpunan Kawasan Industri (HKI) Sanny Iskandar

Selasa, 18 Juni 2019 - 10:00 WIB

Ketum HKI Harap Permen Kawasan Industri Halal Rampung Akhir Tahun Ini

ementerian Perindustrian (Kemenperin) masih membahas rancangan Peraturan Menteri Perindustrian terkait Kawasan Industri Halal. Ketua Umum Himpunan Kawasan Industri (HKI), Sanny Iskandar berharap…

Oppo Reno Series (Ridwan/Industry.co.id)

Selasa, 18 Juni 2019 - 09:30 WIB

Lewat Reno Series, Oppo Kembali Jajahi Pasar High-end

Oppo akhirnya secara resmi memboyong ponsel seri Reno ke Indonesia. Ponsel yang masuk dalam segmen kelas atas dan mengedepankan fitur fotografi ini hadir di Tanah Air dalam dua model yaitu,…