FOKSBI Ingin Ada Landasan Fundamental Industri Sawit

Oleh : Herry Barus | Senin, 03 Desember 2018 - 09:15 WIB

kelapa sawit
kelapa sawit

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Forum Kelapa Sawit Berkelanjutan Indonesia (Foksbi) ingin ada landasan fundamental bagi industri kelapa sawit nasional melalui rancangan Rencana Aksi Nasional Kelapa Sawit Berkelanjutan (RAN-KSB).

"Melalu RAN-KSB harapannya ada landasan fundamental, sehingga industri sawit lebih siap kalau menghadapi masalah. Misalnya kampanye-kampanye negatif baik di dalam maupun luar negeri," kata Penasihat Foksbi Rusman Heriawan di Jakarta, pekan lalu.

Menurut dia, selama ini industri kelapa sawit di Indonesia belum memiliki landasan dan sertifikasi yang diterima di luar negeri sehingga rentan mengalami kerugian secara ekonomi akibat kampanye negatif.

Selama ini industri kelapa sawit hanya mengatasi permasalahan secara per kasus karena belum memiliki rencana aksi yang berbasis keberlanjutan sebagaimana yang diamanatkan dalam "Sustainment Development Goals" dari PBB pada 2015.

"Kalau ada masalah, kita selesaikan, nanti ada lagi yang lainnya. Makanya melalui RAN-KSB itu kami mau menunjukkan, terutama ke luar negeri, kalau Indonesia juga berkomitmen di sektor kelapa sawit dan punya tindakan yang konsisten," ujar Rusman.

Pertemuan antara Foksbi dan perwakilan kementerian terkait serta 18 provinsi penghasil kelapa sawit itu merumuskan sejumlah langkah agar industri tersebut dapat terus berjalan dan menyumbangkan pendapatan bagi negara.

Harga minyak sawit yang terus anjlok menuntut para pelaku industri sawit dan elemen pemerintahan untuk secara serius menyikapi masalah tersebut.

Foksbi berharap dokumen RAN-KSB yang mereka rancang bisa menjadi Perpres dan mampu menyelamatkan sekitar 21 juta orang di Indonesia yang menikmati keuntungan dari industri itu.(Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Umum dan Hukum LPDB-KUMKM Jaenal Aripin

Sabtu, 07 Desember 2019 - 00:14 WIB

LPDB Dorong KUKM Manggarai Barat Hasilkan Produk Premium

Jakarta-Lembaga Pengelola Dana Bergulir - Koperasi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB - KUMKM) bersinergi dengan sejumlah stakeholder dan lembaga terkait untuk meningkatkan kualitas koperasi…

Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah (ketiga dari kiri) dan Direktur Consumer Service Telkom Siti Choiriana

Jumat, 06 Desember 2019 - 23:07 WIB

Grand Final IndiHome eSports League Lahirkan Pemain eSports Profesional Indonesia

Jakarta – Setelah berjalan hampir satu tahun terakhir, IndiHome eSports League telah sampai pada babak grand final yang digelar pada 6-8 Desember 2019 di Telkom Landmark Tower.

Peresmian Tol Kunciran-Serpong (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Jumat, 06 Desember 2019 - 22:26 WIB

Tol Kunciran-Serpong Diresmikan, Kawasan Industri Jakarta dan Banten Akan Terintegrasi

Dengan diresmikanya tol ini, Presiden Jokowi mengharapkan akan memberi dampak pada percepatan investasi dan daya saing nasional meskipun ruas tol ini berada di Banten.

realme X2 Pro

Jumat, 06 Desember 2019 - 22:00 WIB

Ini Fitur-Fitur Yang Menjadikan realme X2 Pro The Real Flagship King

Setelah sukses meluncurkan produk-produk terbaik di segmen kelas menengah, 27 November lalu realme resmi bertarung ke pasar smartphone premium dengan meluncurkan realme X2 Pro.

Boyband EXO

Jumat, 06 Desember 2019 - 18:01 WIB

Menelisik 7 Tahun Perjalanan Karier dari Boyband EXO

Setelah tiga tahun lamanya, boyband ternama asal Korea Selatan, EXO kembali menggelar konser di Indonesia pada tanggal 23 November 2019 kemarin. Tak pelak, konser bertajuk EXO PLANET #5 EXplOration…