FOKSBI Ingin Ada Landasan Fundamental Industri Sawit

Oleh : Herry Barus | Senin, 03 Desember 2018 - 09:15 WIB

kelapa sawit
kelapa sawit

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Forum Kelapa Sawit Berkelanjutan Indonesia (Foksbi) ingin ada landasan fundamental bagi industri kelapa sawit nasional melalui rancangan Rencana Aksi Nasional Kelapa Sawit Berkelanjutan (RAN-KSB).

"Melalu RAN-KSB harapannya ada landasan fundamental, sehingga industri sawit lebih siap kalau menghadapi masalah. Misalnya kampanye-kampanye negatif baik di dalam maupun luar negeri," kata Penasihat Foksbi Rusman Heriawan di Jakarta, pekan lalu.

Menurut dia, selama ini industri kelapa sawit di Indonesia belum memiliki landasan dan sertifikasi yang diterima di luar negeri sehingga rentan mengalami kerugian secara ekonomi akibat kampanye negatif.

Selama ini industri kelapa sawit hanya mengatasi permasalahan secara per kasus karena belum memiliki rencana aksi yang berbasis keberlanjutan sebagaimana yang diamanatkan dalam "Sustainment Development Goals" dari PBB pada 2015.

"Kalau ada masalah, kita selesaikan, nanti ada lagi yang lainnya. Makanya melalui RAN-KSB itu kami mau menunjukkan, terutama ke luar negeri, kalau Indonesia juga berkomitmen di sektor kelapa sawit dan punya tindakan yang konsisten," ujar Rusman.

Pertemuan antara Foksbi dan perwakilan kementerian terkait serta 18 provinsi penghasil kelapa sawit itu merumuskan sejumlah langkah agar industri tersebut dapat terus berjalan dan menyumbangkan pendapatan bagi negara.

Harga minyak sawit yang terus anjlok menuntut para pelaku industri sawit dan elemen pemerintahan untuk secara serius menyikapi masalah tersebut.

Foksbi berharap dokumen RAN-KSB yang mereka rancang bisa menjadi Perpres dan mampu menyelamatkan sekitar 21 juta orang di Indonesia yang menikmati keuntungan dari industri itu.(Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

ASUS ROG Phone 5s Series

Senin, 06 Desember 2021 - 09:26 WIB

ASUS Republic of Gamers Hadirkan ROG Phone 5s Series untuk Gamers Indonesia, Ini Harganya...

ASUS Republic of Gamers menghadirkan perangkat terbarunya pada lini ROG Phone 5. Dengan kehadiran processor terbaru dan tercepat dari Qualcomm® Snapdragon™ membawa ROG Phone 5s Series sebagai…

Jalan Rusak di Karo, Sumatera Utara

Senin, 06 Desember 2021 - 09:03 WIB

Kementerian PUPR Siapkan Rencana Penanganan Jalan Rusak di Karo, Sumatera Utara

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Sumatera Utara (Sumut), Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga melakukan pengecekan…

Bakrie Amanah, Kaltim Prima Coal & Lanal Sangatta Gelar Aksi Tanam 7000 Pohon

Senin, 06 Desember 2021 - 08:00 WIB

Bakrie Amanah, Kaltim Prima Coal & Lanal Sangatta Gelar Aksi Tanam 7000 Pohon

Berkolaborasi dengan PT Kaltim Prima Coal (KPC) dan Lanal Sangatta, Bakrie Amanah menggelar aksi penanaman 7000 pohon untuk memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia yang diperingati setiap…

Menteri Investasi Bahlil Lahadalia

Senin, 06 Desember 2021 - 07:10 WIB

Realisasi Capai 73%, Menteri Bahlil Percaya Diri Target Investasi Tembus Rp900 Triliun di Akhir 2021

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahl Lahadalia optimis target investasi Rp900 triliun bakal tercapai pada akhir tahun 2021.

Dankormar Mayjen Mar Suhartono Serahkan Kunci Rumah Susun Surabaya

Senin, 06 Desember 2021 - 07:00 WIB

Dankormar Mayjen Mar Suhartono Serahkan Kunci Rumah Susun Surabaya

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono didampingi Ketua Gabungan Jalasenastri Korps Marinir Ny. Etta Suhartono, menyerahkan secara simbolis kunci Rumah Susun (Rusun)…