Pelindo 1 Modernisasi Pelabuhan Tanjung Balai Asahan

Oleh : Herry Barus | Kamis, 15 November 2018 - 10:30 WIB

Pelabuhan Peti Kemas (Foto Dok Industry.co.id)
Pelabuhan Peti Kemas (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Medan - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo)  1 terus berupaya meningkatkan kinerja dan pelayanan jasa kepelabuhanan dengan melakukan penataan dan pengembangan pelabuhan, salah satunya dengan melakukan modernisasi Pelabuhan Tanjung Balai Asahan.

 "Pelindo 1 melakukan penataan Terminal Penumpang Teluk Nibung Tanjung Balai Asahan bagi kenyamanan para penumpang transportasi sejak tahun 2017. Saat ini progress pembangunannya sudah selesai dan sedang dalam proses pembuatan interior," kata General Manager Pelabuhan Tanjung Balai Asahan, Aulia Rahman Hasibuan di Medan, Rabu (14/11/2018)

Terminal Penumpang Pelabuhan Teluk Nibung Tanjung Balai Asahan saat ini terdiri dari dua lantai dengan kapasitas mampu menampung sekitar 800 orang.   Lantai 1 untuk area check in, bea cukai, imigrasi untuk kedatangan, ruang VIP, ruang karantina serta Lantai 2 untuk ruangan imigrasi untuk keberangkatan, ruang tunggu penumpang, dan kedai kopi. Nantinya di pelabuhan itu juga akan dilengkapi dengan Teluk Nibung Food Court yang akan menyediakan berbagai macam makanan yang bisa dinikmati oleh masyarakat," katanya.

 Ia mengatakan, arus penumpang hingga Oktober 2018 mencapai 52.028 orang yang naik turun melalui Pelabuhan Tanjung Balai Asahan dengan tujuan Port Klang dan Port Hutan Melintang, Perak.

Harapannya dengan penataan terminal penumpang itu bisa memberikan kenyamanan dan kemudahan sehingga juga semakin meningkatkan arus penumpang di pelabuhan ini.

 Ke depannya, pihaknya akan bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk mempromosikan terminal penumpang baru ke market potensial dan juga kami akan meningkatkan kualitas layanan terminal melalui penataan ruangan pengaturan parkir.

"Dengan begitu, diharapkan Terminal Penumpang ini untuk bisa menjadi icon baru Kota Tanjung Balai Asahan dan meningkatkan pariwisata di Sumatera Utara," jelas Aulia Rahman.

Sementara Humas Pelindo 1, Fiona Sari Utami seperti dilansir Antara, menambahkan bahwa penataan terminal penumpang menjadi salah satu fokus Pelindo 1 untuk memberikan layanan bagi masyarakat pengguna transportasi laut.

Beberapa terminal penumpang yang dikelola oleh Pelindo 1 sudah berubah menjadi terminal penumpang yang modern dengan fasilitas setara bandara, antara lain Terminal Penumpang Bandar Deli Pelabuhan Belawan, Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjung Pinang, Pelabuhan Dumai, Pelabuhan Sibolga, dan Pelabuhan Tanjung Balai Asahan.

Dengan desain terminal penumpang yang mengangkat nuansa kearifan lokal yang dilengkapi dengan fasilitas modern. Hal tersebut merupakan wujud komitmen Pelindo 1 untuk memberikan pelayanan prima bagi masyarakat," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…

Pelatihan pengolahan sampah ke Pesantren

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:14 WIB

Kolaborasi CCEP Indonesia dengan Lima Belas Pesantren di Indonesia

Dalam rangka memperkuat komitmen sosial dan lingkungan di bulan Ramadan, Coca-Cola Europacific Partners Indonesia (CCEP Indonesia) menggelar serangkaian kegiatan bersama lima belas pesantren…