Mamuju Targetkan Produksi Gabah 200.000 Ton

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 18 Agustus 2018 - 16:22 WIB

Panen Padi (Foto Dok Industry.co.id)
Panen Padi (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Mamuju- Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan (DTPHP) Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat tahun ini menargetkan produksi gabah kering panen mencapai 200 ribu ton.

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan Kabupaten Mamuju H Mulyadi, Sabtu (18/8/2018) mengatakan, target itu ditetapkan berdasarkan capaian produksi gabah kering panen pada 2017 sebesar 196 ribu ton.

"Tahun lalu, kami berhasil mancapai produksi gabah kering panen sebesar 196 ribu sehingga pada 2018 kami targetkan pencapaian hingga lebih 200 ribu ton," kata Mulyadi.

Pencapaian target produksi gabah itu lanjut Mulyadi akan disesuaikan dengan target eksentifikasi atau perluasan lahan pertanian, khususnya sawah di Kabupaten Mamuju yang mencapai 42 ribu hektare.

Pada 2017 lanjut Mulyadi, luas tanam di Kabupaten Mamuju mencapai 41 ribu hektare.

"Luas tanam di Mamuju tahun lalu kami capai 41 ribu hektare dan pada 2018 kami upayakan mencapai sekitar 42 ribu hektare," ujarnya.

"Selain melalui eksentifikasi, dalam upaya mencapai target produksi itu kami juga melakukan upaya intensifikasi termasuk peningkatan sumber daya manusia (SDM) sektor  pertanian," katranya.

Dia menambahkan kalau peningkatan SDM melalui penyuluh yang disebar di setiap desa sebagai pendamping dan pembina untuk peningkatan SDM dan alih tekonologi kepada petani.

Selain itu lanjutnya, Pemerintah Kabupaten Mamuju juga terus mendorong peningkatkan produksi pertanian di daerah itu melalui bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan) kepada para petani.

"Bantuan yang diberikan Pemerintah Kabupaten Mamuju kami catat tahun ini berupa mesin traktor sebanyak 66 unit ditambah 15 unit alat mesin tanam," ucapnya.

Bantuan tersebut terus bertambah dan akan dibagikan ke seluruh petani yang ada di Kabupaten Mamuju. Hampir setiap kecamatan di Mamuju memiliki lahan pertanian, tetapi ada empat kecamatan yang merupakan sentra pertanian, yakni Kalukku, Tapalang, Sambapa dan Kecamatan Tommo.

Selain gabah, peningkatkan produksi pertanian dalam program pajale (padi, jagung dan kedelai) di Kabupaten Mamuju terus dioptimalkan.

Untuk jagun, Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Peternakan Kabupaten Mamuju kata Mulyadi pada 2018 menargetkan produksi mencapai 250 ribu ton dengan luas tanam 50 ribu hektare.

Sedangkan kedelai lanjutnya, tahun ini ditargetkan sebesar 8.000 ton dengan luas tanam di halan 7.500 hektare.

Ia mengakui, masih rendahnya minat para petani di Kabupaten Mamuju menanam kedelai.

Namun lanjut Mulyadi, produksi kedelai di Kabupaten Mamuju masih mencukupi kebutuhan untuk daerah itu.

"Memang, para petani di Mamuju kurang berminat menanam kedelai. Tetapi, produksi petani lokal masih mencukupi untuk kebutuhan di daerah ini bahkan lebih sehingga bisa mensuplai ke daerah lain. Kami optimistis target pajale tahun ini bisa tercapai," terang Mulyadi.(Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Migas Ilustrasi

Senin, 06 Mei 2024 - 11:34 WIB

Imbas Ketegangan Timur Tengah, Harga Minyak Mentah April Alami Kenaikan Sebesar USD87,61 Perbarel

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif menetapkan rata-rata Harga Minyak Mentah Indonesia (Indonesian Crude Price/ICP) bulan April sebesar USD87,61 perbarel, melalui Keputusan…

IFG Life

Senin, 06 Mei 2024 - 10:37 WIB

Peduli Perlindungan Konsumen, IFG Life Gabung Keanggotaan LAPS SJK untuk Wadah Pengaduan Pemegang Polis

Pemegang polis asuransi selaku konsumen, kini dapat merasa lebih aman karena memiliki akses ke Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa Sektor Jasa Keuangan (LAPS SJK) sebagai wadah untuk menyampaikan…

Optimis Gali Potensi Migas Indonesia, PHE Pertajam Strategi Eksplorasi

Senin, 06 Mei 2024 - 10:25 WIB

Buktikan Kinerja Unggul, PT Pertamina Hulu Energi Optimalkan Kapabilitas Perusahaan

PT Pertamina Hulu Energi (PHE) sebagai Subholding Upstream Pertamina terus membuktikan kinerja cemerlang hingga saat ini. PHE mencatatkan produksi minyak sebesar 548 ribu barel per hari (MBOPD)…

Indonesia Financial Group IFG

Senin, 06 Mei 2024 - 10:25 WIB

Peduli Perlindungan Konsumen, IFG Life Gabung Keanggotaan LAPS SJK untuk Wadah Pengaduan Pemegang Polis

Pemegang polis asuransi selaku konsumen, kini dapat merasa lebih aman karena memiliki akses ke Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa Sektor Jasa Keuangan (LAPS SJK) sebagai wadah untuk menyampaikan…

Bahana TCW

Senin, 06 Mei 2024 - 10:14 WIB

Pasar Domestik Dilanda The Perfect Storm, Langkah BI Dinilai Tepat

Keputusan The Fed untuk kembali mempertahankan tingkat suku bunganya atau The Fed Fund Rate (FFR) telah membuat kondisi pasar domestik Indonesia dipenuhi asumsi. KeputusanThe Fed yang mempertahankan…