PT MBI Resmi Ekspor Bir Bintang ke AS

Oleh : Ridwan | Senin, 13 Agustus 2018 - 12:57 WIB

Presiden Direktur PT MBI, Michael Chin beserta Dirjen IKTA Kemenperin, Achmad Sigit Dwiwahjono saat pelepasan ekspor pertama Bir Bintang ke Amerika Serikat (Foto: Dok. Industry.co.id)
Presiden Direktur PT MBI, Michael Chin beserta Dirjen IKTA Kemenperin, Achmad Sigit Dwiwahjono saat pelepasan ekspor pertama Bir Bintang ke Amerika Serikat (Foto: Dok. Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Tangerang, Produsen bir asal Indonesia, PT Multi Bintang Indonesia (Persero) Tbk, meresmikan ekspor pertama mereka ke Amerika Serikat (AS) pada Senin (13/8/2018).

Ekspor ke Amerika Serikat ini menambah daftar negara tujuan ekspor Multi Bintang Indonesia atau MBI setelah melebarkan sayapnya ke negara lain. 

"Ekspor Bir Bintang ke Amerika Serikat cukup menarik karena permintaannya yang tinggi," kata Presiden Direktur PT MBI Michael Chin di Pabrik MBI, Tangerang, Senin (13/8/2018).

Ditambahkan Michael, penerimaan ekspor Bir Bintang ke AS berawal dari perjalanan wisatawan AS di Indonesia. "Dengan ekspor ini diharapkan dapar mendorong peningkatan devisa negara juga sekaligus memperkenalkan citarasa Indonesia di AS," terangnya.

Menurut dia, selain populer di kalangan peselancar, peningkatan permintaan bir Bintang di Amerika Serikat juga dari terus bertambahnya jumlah restoran Asia Tenggara di sana.

Sehingga, konsumen juga mencari produk dan pengalaman yang otentik seperti bir impor dari Asia Tenggara. Michael mengatakan, ini adalah kesempatan yang baik bagi Bir Bintang untuk membawa cita rasa Indonesia ke Amerika Serikat. 

“Bir Bintang akan dijual dalam kemasan kaleng sesuai dengan tren terbaru di Amerika Serikat. Kaleng dipandang sebagai kemasan ramah lingkungan oleh konsumen Amerika Serikat. Hal ini dikarenakan kaleng lebih mudah untuk didaur ulang dan juga memiliki jejak karbon yang lebih kecil selama pengiriman,” ujarnya.

Selain itu, kemasan kaleng juga dinilai cocok dengan gaya hidup peselancar yang membutuhkan kemasan ringan dan lebih cepat dingin. Nantinya Bir Bintang akan tersedia di bar dan restoran premium yang berada di tepi pantai, restoran Indonesia dan Asia Tenggara.

Selain itu Bir Bintang juga tersedia dalam jaringan supermarket premium, jaringan toko minuman premium, jaringan supermarket Asia-Amerika, dan pasar lokal populer yang dekat dengan tempat berselancar. 

Sementara itu, Direktur Jenderal Industri Kimia, Tekstil dan Aneka (IKTA) Kementerian Perindustrian Achmad Sigit Dwiwahjono mengungkapkan, industri minuman beralkohol adalah industri yang dikendalikan dan diawasi, sejak terbitnya Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 1993.

"Kementerian Perindustrian berperan dalam hal pengendalian dan pengawasan terhadap produksi dan mutu, sebagai upaya agar produk minuman beralkohol yg beredar di masyarakat merupakan produk minuman beralkohol hasil industri yang berkuakitas dan aman dikonsumsi oleh masyarakat," ungkap Sigit saat mewakili Menteri Perindustrian saat pelepasan ekspor Bir Bintang. 

Industri minuman beralkohol turut berperan dalam penerimaan negara dengan memberikan kontribusi cukai dalam negeri sebesar Rp 5,27 triliun pada tahun 2017, naik sebesar 2,63 persen dibanding penerimaan cukai 2016 yang sebesar Rp 5,14 triliun. 

Selain memproduksi bir Bintang, PT MBI juga memproduksi bir dengan merek Heineken, Bintang Radler, serta minuman non alkohol lainnya seperti Bintang Radler 0 persen, Bintang Zero 0 persen, Bintang Maxx, Green Sands, Fayrouz, serta Strongbow Cider. Sebelum ke Amerika Serikat, MBI juga telah mengekspor produknya ke Jepang, Singapura, Timor Leste, Australia, Belanda, United Kingdom dan Korea Selatan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Joko Widodo bersama Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat melihat AMMdes di GIIAS 2018 (Foto: Dok. Liputan6)

Rabu, 26 Juni 2019 - 11:05 WIB

AMMDes Kemanakah Kau?

Alat Mekanik Multifungsi Pedesaan (AMMDes) sudah resmi diluncurkan di pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show 2018. Meski demikian, hingga kini kendaraan yang dirancang untuk…

Indodax resmikan kantor baru di Jakarta (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Rabu, 26 Juni 2019 - 10:50 WIB

Komitmen Berikan Pelayanan Lebih Baik, Indodax Resmikan Kantor Baru di Jakarta

Kantor baru ini akan menjadi pusat dari seluruh cabang Indodax yang sudah didirikan sebelumnya yaitu Bali, Semarang, dan Surabaya.

Ruang Kerja Regus (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 26 Juni 2019 - 10:00 WIB

Penyedia Ruang Kerja fleksibel, Regus, Luncurkan ProgramWaralaba Terbaru di Indonesia

Regus, penyedia ruang kerja fleksibel terkemuka di dunia, telah meluncurkan skema waralaba terbaru di Indonesia. Program baru ini memungkinkan operator waralaba Indonesia untuk memasuki ruang…

Hoshinoya Tokyo

Rabu, 26 Juni 2019 - 09:50 WIB

Hoshinoya Tokyo Bakal Jadi Tuan Rumah Tokyo Summer Nights 2019

Hoshino Resorts melalui brand teranyarnya, Hoshinoya Tokyo akan menjadi tuan rumah "Tokyo Summer Nights 2019" dari tanggal 1-17 Agustus 2019.

PREPD

Rabu, 26 Juni 2019 - 09:20 WIB

PREPD closes Pre-Series A round to fund growth of a new hydration-boosting drinks

PREPD closes Pre-Series A round to fund growth of a new hydration-boosting drinks