PT MBI Resmi Ekspor Bir Bintang ke AS

Oleh : Ridwan | Senin, 13 Agustus 2018 - 12:57 WIB

Presiden Direktur PT MBI, Michael Chin beserta Dirjen IKTA Kemenperin, Achmad Sigit Dwiwahjono saat pelepasan ekspor pertama Bir Bintang ke Amerika Serikat (Foto: Dok. Industry.co.id)
Presiden Direktur PT MBI, Michael Chin beserta Dirjen IKTA Kemenperin, Achmad Sigit Dwiwahjono saat pelepasan ekspor pertama Bir Bintang ke Amerika Serikat (Foto: Dok. Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Tangerang, Produsen bir asal Indonesia, PT Multi Bintang Indonesia (Persero) Tbk, meresmikan ekspor pertama mereka ke Amerika Serikat (AS) pada Senin (13/8/2018).

Ekspor ke Amerika Serikat ini menambah daftar negara tujuan ekspor Multi Bintang Indonesia atau MBI setelah melebarkan sayapnya ke negara lain. 

"Ekspor Bir Bintang ke Amerika Serikat cukup menarik karena permintaannya yang tinggi," kata Presiden Direktur PT MBI Michael Chin di Pabrik MBI, Tangerang, Senin (13/8/2018).

Ditambahkan Michael, penerimaan ekspor Bir Bintang ke AS berawal dari perjalanan wisatawan AS di Indonesia. "Dengan ekspor ini diharapkan dapar mendorong peningkatan devisa negara juga sekaligus memperkenalkan citarasa Indonesia di AS," terangnya.

Menurut dia, selain populer di kalangan peselancar, peningkatan permintaan bir Bintang di Amerika Serikat juga dari terus bertambahnya jumlah restoran Asia Tenggara di sana.

Sehingga, konsumen juga mencari produk dan pengalaman yang otentik seperti bir impor dari Asia Tenggara. Michael mengatakan, ini adalah kesempatan yang baik bagi Bir Bintang untuk membawa cita rasa Indonesia ke Amerika Serikat. 

“Bir Bintang akan dijual dalam kemasan kaleng sesuai dengan tren terbaru di Amerika Serikat. Kaleng dipandang sebagai kemasan ramah lingkungan oleh konsumen Amerika Serikat. Hal ini dikarenakan kaleng lebih mudah untuk didaur ulang dan juga memiliki jejak karbon yang lebih kecil selama pengiriman,” ujarnya.

Selain itu, kemasan kaleng juga dinilai cocok dengan gaya hidup peselancar yang membutuhkan kemasan ringan dan lebih cepat dingin. Nantinya Bir Bintang akan tersedia di bar dan restoran premium yang berada di tepi pantai, restoran Indonesia dan Asia Tenggara.

Selain itu Bir Bintang juga tersedia dalam jaringan supermarket premium, jaringan toko minuman premium, jaringan supermarket Asia-Amerika, dan pasar lokal populer yang dekat dengan tempat berselancar. 

Sementara itu, Direktur Jenderal Industri Kimia, Tekstil dan Aneka (IKTA) Kementerian Perindustrian Achmad Sigit Dwiwahjono mengungkapkan, industri minuman beralkohol adalah industri yang dikendalikan dan diawasi, sejak terbitnya Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 1993.

"Kementerian Perindustrian berperan dalam hal pengendalian dan pengawasan terhadap produksi dan mutu, sebagai upaya agar produk minuman beralkohol yg beredar di masyarakat merupakan produk minuman beralkohol hasil industri yang berkuakitas dan aman dikonsumsi oleh masyarakat," ungkap Sigit saat mewakili Menteri Perindustrian saat pelepasan ekspor Bir Bintang. 

Industri minuman beralkohol turut berperan dalam penerimaan negara dengan memberikan kontribusi cukai dalam negeri sebesar Rp 5,27 triliun pada tahun 2017, naik sebesar 2,63 persen dibanding penerimaan cukai 2016 yang sebesar Rp 5,14 triliun. 

Selain memproduksi bir Bintang, PT MBI juga memproduksi bir dengan merek Heineken, Bintang Radler, serta minuman non alkohol lainnya seperti Bintang Radler 0 persen, Bintang Zero 0 persen, Bintang Maxx, Green Sands, Fayrouz, serta Strongbow Cider. Sebelum ke Amerika Serikat, MBI juga telah mengekspor produknya ke Jepang, Singapura, Timor Leste, Australia, Belanda, United Kingdom dan Korea Selatan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Film 'Naga Bonar Reborn' Siap Tayang Bulan Oktober 2019

Kamis, 22 Agustus 2019 - 14:00 WIB

Film 'Naga Bonar Reborn' Siap Tayang Bulan Oktober 2019

Setelah 32 tahun berlalu, kisah Jenderal Naga Bonar kembali hadir ke tengah penonton Indonesia dengan cerita yang lebih lucu, segar dan para pemain terbaru. Kali ini di bawah judul Naga Bonar…

ICSECC 2019: Panggilan Akademisi untuk Menyelamatkan Bumi

Kamis, 22 Agustus 2019 - 13:46 WIB

ICSECC 2019: Panggilan Akademisi untuk Menyelamatkan Bumi

Para akademisi setuju untuk mengimplemetasikan penemuan baru untuk mempertahankan lingkungan yang sehat, menyelamatkan bumi dan menggunakan sumber daya alam dengan bijak. Masalah ini diangkat…

Ketua Asosiasi Pertekstilan Indonesia

Kamis, 22 Agustus 2019 - 13:45 WIB

Lindungi Industri Tekstil Nasional, API Segera Ajukan Safeguard

Ketua Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) Ade Sudrajat akan mengajukan tarif safeguard untuk produk tekstil impor sebesar 2,5%-18%. Pengajuan ini untuk melindungi produk tekstil dalam negeri…

Para finalis Miss Grand Indonesia dari 34 wilayah di Indonesia mengikuti pembekalan materi oleh Bupati Kabupaten Bogor di RM Bumi Aki Cibinong, Rabu (21/8).(Ist)

Kamis, 22 Agustus 2019 - 13:27 WIB

Miss Grand Indonesia 2019 Dukung Program Pariwisata Kabupaten Bogor

Selain pembekalan materi seputar wanita dan karier dari Bupati Bogor, para finalis juga dibekali materi kepribadian yang di sampaikan oleh Ahmad Zulfikar Priyatna. S.E.

Agus Mulyana, Direktur Kepatuhan Bank bjb saat menerima penghargaan

Kamis, 22 Agustus 2019 - 13:14 WIB

Bank bjb Raih Penghargaan TOP GRC 2019

Jakarta – Pengelolaan risiko yang baik menjadi salah satu kiat kunci yang harus dipraktikkan dalam setiap usaha bisnis. Peran manajemen risiko yang lebih banyak berada di balik layar ini tak…