Penumpang Mudik Lebaran di Pelabuhan Baubau Hampir Berimbang

Oleh : Herry Barus | Rabu, 13 Juni 2018 - 15:00 WIB

PT Pelni (Persero)
PT Pelni (Persero)

INDUSTRY.co.id - Baubau- PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Cabang Baubau, Sulawesi Tenggara menyebutkan arus penumpang mudik Lebaran 2018 yang tiba di Pelabuhan Murhum dari wilayah timur dan barat Indonesia jumlahnya hampir seimbang.

"Kalau dijumlah persentasenya saya belum hitung, tapi dilihat semua kapal yang masuk Baubau dan penumpang turun cukup maksimal, karena begitu penumpang turun kapal kosong," ujar Kepala PT Pelni Cabang Baubau, Capt Akhmad Sadikin di Baubau, Rabu (13/6/2018)

Menurutnya, arus penumpang dari wilayah barat, timur, tengah dan utara bervariasi. Seperti arus penumpang dari wilayah barat Makassar (Sulsel) dan wilayah timur seperti, Ambon, Namlea (Maluku), Sorong dan Fakfak (Papua).  Sedangkan wilayah utara seperti Tarakan, Balikpapan dan Nunukan (Kalimantan).

"Orang Baubau menyebar karakternya. Jadi hampir seimbang penumpang turun. Kalau penumpang naik tidak begitu banyak,"  katanya.

Menurut dia, bila dihitung penumpang turun sejak awal Juni 2018 jumlahnya sudah sekitar 25 ribu orang, sedangkan naik sekitar 10 ribu penumpang.

"Pada H-2 Lebaran masih ada sejumlah kapal yang akan masuk lagi ke Baubau seperti dari Nunukan, Tarakan dan Balikpapan dan Makassar," ujarnya.

Akhmad Sadikin juga mengatakan, pada hari "H" Idul Fitri  terdapat pula kapal yang akan tiba di Baubau tetapi satu unit kapal tersebut tiba malam (Sabtu).

"Saya belum tahu berapa jumlahnya. Tapi jadwalnya secara reguler," katanya. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Telkom Indonesia. (Foto: IST)

Jumat, 24 Mei 2019 - 17:17 WIB

Ririek Ferdiansyah Didapuk Jadi Dirut Telkom

Jakarta - PT Telkom Indonesia mendapuk Ririek Adriansyah sebagai Direktur Utama usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST).

Samsung Galaxy A2 Core

Jumat, 24 Mei 2019 - 16:14 WIB

Samsung Luncurkan Galaxy A2 Core, Smartphone 4G Harga Satu Jutaan

Samsung Galaxy A2 Core dibenamkan Exynos 7870 dan Android Go mengoptimalkan performa dan baterai tahan lebih lama

Beras (Foto/Rizki Meirino)

Jumat, 24 Mei 2019 - 15:21 WIB

Sediakan Pangan Murah, Launching TTI Center Disambut Gembira Warga Bogor

Bogor - Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Badan Ketahanan Pangan (BKP) terus memperluas jaringan Toko Tani Indonesia (TTI), sebagai pusat perbelanjaan yang menjual berbagai komoditas…

Bank Mandiri Syariah (Foto Ist)

Jumat, 24 Mei 2019 - 15:15 WIB

Mandiri Syariah Perluas Penggunaan Data Dukcapil

Jakarta — PT Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) memperluas pemanfaatan NIK data kependudukan dan KTP Elektronik Dukcapil.

PLN Hentikan 11 Proyek Pembangkit Listrik Kapasitas 147 MW

Jumat, 24 Mei 2019 - 13:27 WIB

Libur Lebaran, PLN Matikan 20 Pembangkit Listrik

PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero akan mematikan 20 pembangkit listrik miliknya menyusul adanya potensi penurunan daya listrik di Hari Raya Lebaran.