11 Kapal Pelni Layani Angkutan Lebaran KTI

Oleh : Herry Barus | Rabu, 23 Mei 2018 - 12:36 WIB

Pelni siapkan 26 armada kapal untuk mudik lebaran 2018
Pelni siapkan 26 armada kapal untuk mudik lebaran 2018

INDUSTRY.co.id - Ambon- Manajer Pelaksana Harian PT.Pelni Cabang Ambon Djasman mengatakan, ada 11 kapal milik PT.Pelni yang akan melayani angkutan lebaran 1439 Hijriah di kawasan timur Indonesia (KTI).

"Sebenarnya kapal Pelni yang selama berlayar di kawasan Timur Indonesia dan menyinggahi pelabuhan Ambon hanya delapan kapal, hanya saja dengan adanya angkutan lebaran dengan rekayasa trayek maka PT.Pelni Cabang Ambon mendapat tambahan tiga kapal lagi, masing-masing KM. Tatamailau, KM. Gunung Dempo, dan KM. Cerimai," ujarnya di Ambon, Selasa (22/5/2018)

Sedangkan delapan kapal yang selama ini menyinggahi pelabuhan Ambon yakni KM,Dorolonda, KM.Tidar, KM. Ngngapulu, KM.Dobonsolo, KM.Sirimau, KM, Leuser, KM.Sangiang, KM.Pangrango.

"Jadi untuk lebaran tahun 2018, PT.Pelni cabang Ambon mendapatkan tambahan tiga kapal, padahal ketiga kapal itu juga selama ini melayani rute yang lain," ujarnya.

Seperti KM. Gunung Dempo dalam pelayaran selama ini dari Makasar langsung Sorong (Papua Barat) tidak menyinggahi Ambon, begitu juga Cerimai biasanya dari Makasar-Bau-Bau langsung Sorong, begitu juga KM.Tatamailau rute pelayaran dari barat langsung Tual, dan dari Tual langsung Ternate (Maluku Utara) dan sebalinya, tidak pernah lagi menyinggahi pelabuhan Ambon.

Terkait dengan harga tiket masih tetap sama , tidak ada perubahan sesuai dengan yang sudah ditetapkan. hanya saja jadwal kapal sewaktu-waktu bisa berubah sebab sekarang ini situasi dan kondisi ekstrim, jadi kurang bersahabat.

Djasman mencontohkan kapal Perintis Sabut nusantara 48 yang hingga kini masih bersandar di pelabuhan Saumlaki selama empat hari dari tanggal 18 Mei 2018, dengan catatan karena ada peringatan dari BMKG, dengan perkiraan ombak yang terjadi sekarang ini dengan ketinggian berkisar antara dua hingga empat meter.

Dia menambahkan, pihaknya tetap mengacu pada putusan dari Departemen Perhubungan yakni waktu pelaksanaan angkutan lebaran ini mulai H-15 hingga H+15. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

KOBEX: Penjualan Alat Berat Non-Tambang Meningkat, KOBEX Bukukan Pendapatan Rp531,94 Miliar Di Triwulan I-2024

Minggu, 05 Mei 2024 - 13:20 WIB

Top! Strategi Apik Membuahkan Hasil, Penjualan Alat Berat Non-Tambang Meningkat, KOBEX Bukukan Pendapatan Rp531,94 Miliar di Triwulan I-2024

Jakarta– PT Kobexindo Tractors Tbk (KOBX) penyedia alat berat terintegrasi telah merilis Laporan Keuangan (Unaudited) triwulan I tahun 2024. Perseroan melaporkan pertumbuhan pendapatan sebesar…

PT BRI Asuransi Indonesia saat RUPS

Minggu, 05 Mei 2024 - 13:02 WIB

BRI Insurance Tebar Dividen 25 Persen

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan 2024 (RUPST) PT. BRI Asuransi Indonesia telah digelar pada hari Senin, tanggal 29 April 2024 di Menara Brilian. Jakarta.

Groundbreaking PT Sunra Asia Pacific Hitech

Minggu, 05 Mei 2024 - 11:50 WIB

PT Sunra Asia Pacific Hitech Bangun Pabrik Perakitan Motor Listrik di Kawasan Industri Kendal

Sunra Asia Pacific Hitech merupakan subsidiary dari Jiangsu Xinri yang bergerak dalam pengembangan dan juga produksi transportasi ramah lingkungan. Pada tahun 2023 mulai mengembangkan ekspansinya…

PT Maxindo Karya Anugerah Lakukan Groundbreaking Pabrik ke-3 di Kawasan Industri Kendal

Minggu, 05 Mei 2024 - 11:37 WIB

PT Maxindo Karya Anugerah Lakukan Groundbreaking Pabrik ke-3 di Kawasan Industri Kendal

PT Maxindo Karya Anugerah melakukan groundbreaking plant 3 di Kawasan Industri Kendal yang dilaksanakan pada Kamis (2/5/2024). Konstruksi tahap 1 seluas 1.2 Ha mulai dilakukan di bulan Mei 2024…

Bank DKI bantu difabel

Minggu, 05 Mei 2024 - 10:59 WIB

Bank DKI Resmikan Kebun Hidroponik dan Serahkan Bantuan Pendidikan Bagi Penyandang Cerebral Palsy

Bank DKI secara konsisten menunjukkan komitmennya dalam mendukung tujuan pembangunan Berkelanjutan/Sustainable Development Goals melalui perwujudan 2 program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan…