Pilkada Kalbar, Karolin Siap Perjuangkan Mekanisme Pertanian

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 17 Maret 2018 - 08:02 WIB

dr Karolin Margret Natasa Calon Gubernur Kalimantan Barat (Foto Dok Industry.co.id)
dr Karolin Margret Natasa Calon Gubernur Kalimantan Barat (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Pontianak- Calon Gubernur Kalimantan Barat, dr. Karolin Margret Natasa mengatakan pihaknya akan memperjuangkan mekanisasi pertanian bagi para petani yang ada di Kecamatan Terentang untuk menunjang peningkatan pertanian di kecamatan itu.

"Pertanian merupakan salah satu dari tujuh program prioritas yang akan kita jalankan saat dipercayakan masyarakat Kalbar untuk memimpin provinsi ini nanti. Makanya, salah satu upaya untuk meningkatkan potensi pertanian tersebut, adalah dengan mekanisasi pertanian," kata Karolin saat berdialog dengan masyarakat Desa Sungai Radak 1, Kecamatan Terentang, Jumat (16/3/2018)

Menurutnya, pertanian yang ada di Kecamatan Terentang tentu memiliki potensi besar untuk di kembangkan, mengingat masih banyak lahan yang belum tergarap.

"Untuk menggarap lahan itu, jika di lakukan dengan mekanisme pertanian yang baik, tentu potensinya akan lebih maksimal.

Selama ini, kata Karolin, Terentang menjadi salah satu daerah penghasil sayur-mayur untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Kubu Raya dan Kota Pontianak dan sekitarnya.

"Selama ini, 70 persen sayur mayur yang beredar di Kubu Raya dan Kota Pontianak, notabenenya berasal dari Terentang. Untuk itu, sudah sepatutnya jika pengembangan lahan pertanian yang ada, sebagai lahan penanaman sayur-mayur," tuturnya.

Menurutnya, dengan melihat besarnya potensi sayur mayur yang ada di Kecamatan Terentang, akan menjadikan sayur mayur menjadi program unggulan di dalam meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Selain sayur mayur, pertanian dan perkebunan juga akan menjadi program utama untuk Kecamatan Terentang di dalam meningkatkan ekonomi rumah tangga, tentunya ini yang akan kita dorong, selain dari sarana infrastruktur yang ada, untuk menopang potensi itu," katanya.

Di tempat yang sama, Hamidi Togo, tokoh masyarakat Desa Sungai Radak 1 mengatakan, dirinya masuk ke desa ini 34 tahun yang lalu sebagai warga transmigrasi.

Sebagian besar masyarakat di sana memang bekerja sebagai petani dan menggarap lahan disini. Adapun potensi pertanian yang dikembangkan masyarakat selain padi antara lain, jagung, umbi, kacang dan sayur-mayur.

"Kami berharap, ketika ibu Karolin terpilih sebagai Gubernur Kalbar agar dapat memperjuangkan masyarakat transmigrasi yang ada disini. Selain sarana pertanian, kami disini juga snagat membutuhkan akses transportasi yang masih sangat terbatas, karena transportasi merupakan salah satu penggerak nadi ekonomi masyarakat disni untuk membawa hasil buminya," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

“Mengenal Lebih Dalam tentang Polistirena Busa untuk Kebaikan Manusia dan Lingkungan” di Karawang, Jawa Barat, Rabu (26/6/2019).

Kamis, 27 Juni 2019 - 07:01 WIB

Ini Fakta Benar Soal Penggunaan Styrofoam bagi Manusia dan Lingkungan

Tahukah Anda penggunaan styrofoam yang digunakan dalam mengemas makanan dan minuman yang selama ini diisukan tidak aman dan tidak sehat tidak terbukti sama sekali. Bahkan styrofoam yang beredar…

Adil Mubarak Vice President Operations RedDoorz (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 27 Juni 2019 - 07:00 WIB

SDM Berkualitas, Kunci Utama Suksesnya Industri Pariwisata Nasional

Sebagai salah satu pelaku bisnis dalam dunia pariwisata Indonesia, RedDoorz turut berpartisipasi dalam pertumbuhan sektor pariwisata di Indonesia dengan mengadakan pelatihan Quality Training…

Forum Silaturahmi Dai Muda Jakarta

Kamis, 27 Juni 2019 - 06:35 WIB

Forum Silaturahim Dai Muda Jakarta Tolak Halal Bihalal di MK

Jakarta - Menyikapi rencana sejumlah ormas yang rencananya akan menggelar kegiatan zikir, doa bersama, sholawat dan halal bi halal pada tanggal 26-28 Juni 2019 di pelataran GedungMahkamahKonstitusi(MK),ForumSilaturahmjDa’iMudaJakarta(FSDMJ)menggelar…

Bambang Soesatyo Ketua DPR RI (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 27 Juni 2019 - 06:00 WIB

Ketua DPR Harap Makin Banyak Perusahaan Melantai di Bursa Saham

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) berharap seiring kondusifnya suhu politik disertai dengan peningkatan iklim investasi dan bisnis di Indonesia, semakin banyak pula perusahan yang memperdagangkan…

Masyarakat Bakung Udik Menggala Minta Dukungan Sekjen SMSI Lapor ke KSP

Kamis, 27 Juni 2019 - 03:11 WIB

Masyarakat Bakung Udik Menggala Minta Dukungan Sekjen SMSI Lapor ke KSP

Antoni AT. Koordinator Masyarakat Adat Bakung Udik Kecamatan Gedung Meneng Kabupaten Tulang Bawang Provinsi Lampung melaporkan permasalahan sengketa lahan yang terjadi didaerah tersebut ke KSP…