Smelter Pakai Pekerja Asing, Menperin No Problem

Oleh : Ridwan | Senin, 16 Januari 2017 - 14:57 WIB

Smelter Indonesia (Dimas Ardian/Bloomberg/Getty Images)
Smelter Indonesia (Dimas Ardian/Bloomberg/Getty Images)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto mengaku tidak mempermasalahkan banyaknya pekerja asing yang digunakan investor pemilik pabrik pengolahan dan pemurnian mineral di Indonesia.

Menurut Airlangga, hal tersebut wajar mengingat teknologi yang dipakai di industri smelter dibawa langsung oleh investor dari negara asalnya.

"Dengan adanya pembangunan industri smelter ini, diharapkan terjadi proses transfer of knowledge melalui pelatihan dan pendampingan oleh tenaga kerja asing kepada tenaga kerja Indonesia. Misalnya, dalam rangka konstruksi, pemasangan mesin dan peralatan, serta proses produksi," ungkap Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto di Jakarta Senin (16/1/2017).

Politisi partai Golkar itu menambahkan, digunakannya pekerja asing tentu hanya bersifat sementara. Terutama saat proyek mulai dibangun sampai tahap pertama pengoperasian smelter tersebut.

""Pada masa konstruksi, perbandingannya untuk pekerja Indonesia 60 persen dan pekerja asing 40 persen. Sedangkan, ketika masa produksi, pada tahun pertama untuk pekerja Indonesia 65 persen dan pekerja asing 35 persen," ungkapnya.

Setelah masa konstruksi selesai, para pekerja asing tersebut akan pulang ke negaranya dan untuk pekerjaan tahap berikutnya diganti dengan pekerja Indonesia sesuai dengan skill proses pekerjaan selanjutnya.

“Jadi mereka tidak bekerja di Indonesia selamanya. Bahkan, pada tahun kelima perusahaan beroperasi, dipastikan porsi pekerja Indonesia menjadi 85 persen dan pekerja asing 15 persen,” ujar Menteri Perindustrian.(iaf)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Survei Indikator Politik, Warga Puas Penanganan Mudik

Senin, 16 Mei 2022 - 11:33 WIB

Survei Indikator Politik, Warga Puas Penanganan Mudik

Jakarta-Pengawalan Polri atas arus mudik dan arus balik lebaran 2022 menuai penilaian positif dari masyarakat.

Dubes Rosan Lepas Kepulangan Presiden Jokowi ke Tanah Air

Senin, 16 Mei 2022 - 11:23 WIB

Dubes Rosan Lepas Kepulangan Presiden Jokowi ke Tanah Air, Netizen: Luar Biasa, Terimakasih Pak atas Keramahannya...

Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Amerika Serikat (AS) Rosan Perkasa Roeslani melepas langsung kepulangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke tanah air dari pangkalan militer Andrews…

Ely Chandra, Area Manager Communication, Relations & CSR Kilang Balikpapan menyampaikan bahwa saat ini Plant 5 dihentikan operasionalnya untuk sementara

Senin, 16 Mei 2022 - 11:22 WIB

Setelah Sigap Atasi Flash, Kini Pertamina Fokus Tangani Korban

Tim Pemadam di Kilang Balikpapan PT Kilang Pertamina Internasional telah berhasil melakukan pengendalian api yang muncul di plant 5, Unit Hydro Skimming Complex.

Pentas Seni dan Pameran Sastra Saraswati Sewana 2022 yang bertajuk "Nuwur Kukuwung Ranu" di Pura Segara Ulun Danu Batur, Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali (Foto: Kemenparekraf)

Senin, 16 Mei 2022 - 11:15 WIB

Bangkitkan Ekonomi, Pentas Seni Sastra Saraswati Sewana diharapkan Bisa digelar Tiap Tahun

Saat menghadiri Pentas Seni dan Pameran Sastra Saraswati Sewana 2022 yang bertajuk "Nuwur Kukuwung Ranu" di Pura Segara Ulun Danu Batur, Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali beberapa waktu lalu,…

Anthony Leong Pakar Digital

Senin, 16 Mei 2022 - 11:05 WIB

Ini Saran Pakar Agar Perang Digital di Pilpres 2024 Kondusif

Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 diprediksi masih akan diwarnai oleh perang buzzer atau pendengung. Fenomena perang buzzer sebelumnya terjadi pada Pilpres 2014 dan 2019.