MICE ASEAN 2018, Indonesia Datangkan 300 Buyers Internasional

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 15 November 2017 - 20:00 WIB

Launching DestinASEAN plus, for Meetings & Events (Chodijah Febriyani/Inudstry.co.id)
Launching DestinASEAN plus, for Meetings & Events (Chodijah Febriyani/Inudstry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Pada tahun 2018, Indonesia akan menjadi tuan rumah penyelenggara pameran Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (MICE) ASEAN, yang akan diselenggarakan pada tanggal 9-11 April 2018 mendatang, di Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang.

Dalam sambutannya, Indra Sukirno sebagai Ketua Penyelenggara MICE/Bussines Event ASEAN 2018 , mengatakan, "Acara ini, digelar untuk mendorong potensi MICE di negara-negara ASEAN, sekaligus untuk menjual dan mempromosikankannya sebagai destinasi meeting dan event," katanya di Balairung Soesilo Soedarman, Kementerian Pariwisata, Jakarta, Rabu (15/11/2017).

Dengan mengusung tema ‘destin ASEAN plus; for meetings & events’ menurut Indra, ini merupakan salah satu tradeshow meeting untuk para pelaku industri dibidang bisnis event. Dan, Indonesia merupakan salah satu destinasi yang mempunyai market yang luas.

"Indonesia merupakan salah satu destinasi yang unik, dan kita punya 600 juta market, serta Indonesia mempunyai fasilitas yang mendukung untuk kegiatan MICE," katanya.

Pameran ini akan diikuti 200 seller yang termasuk jadi peserta, lalu mengundang 500 buyers yang terdiri 300 buyers dari internasional dan 200 buyers dari Indonesia.

"Dari 500 buyers yang diundang, dalam tiga tahun mendatang, ditargetkan akan mendapatkan potensi bisnis minimal US$ 625 juta atau setara Rp 8,25 triliun," ujarnya.

Sementara, menurut Esthy Reko Astuty, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara, mengatakan, "Kementerian Pariwisata terus mendorong dengan ikut berpartisiasi dengan ikut mempromosikan secara kolektif ke negara ASEAN," ungkapnya.

Menurutnya, Indonesia merupakan negara ASEAN yang dari sisi pasarnya kecil tetapi, mempunyai kualitas besar. "Kalau dari sisi pasarnya memang kecil, tapi kualitasnya besar. Bisa tujuh kali lipat dari  pada leisure," imbuhnya.

Para peserta pameran adalah dari kalangan destination, convention & exhibition center, hotel, cruise line, theme & recreational park, event organizers, destinastion management companies, sedangkan para pembeli dari kalangan eksekutif asosiasi, korporasi, perencana pertemuan, konsultan dan event organizer.

Untuk mensukseskan MICE/Busines Event ASEAN pihak penyelenggara pameran akan menggelar berbagai acara pendukung antara lain  Golf Friendly Game, Marathon Meeting, One Day Conference, Investructure Business Forum, serta  kegiatan edukatif, dan networking lainnya.

Adapun negara selain ASEAN yang akan mengikuti pameran ini antara lain Amerika, Australia, New Zealand, Cina, India, Korea, Jepang dan Rusia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Lahan persawahan yang siap panen

Minggu, 29 Maret 2020 - 20:57 WIB

Kabupaten Bogor Panen Raya Padi di Tengah Corona

Kementerian Pertanian (Kementan) terus membantu peningkatan produksi beras di Kabupaten Bogor. Di antaranya melalui terobosan dengan menerapkan program peningkatan produksi dan produktivitas…

Pasien Suspect Virus Corona (Liputan6.com)

Minggu, 29 Maret 2020 - 19:45 WIB

Kogasgabpad Benarkan Dua Pasien RS Darurat Wisma Atlet Meninggal Dunia

Dua pasien Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet meninggal dunia pada Minggu, berdasarkan informasi yang diterima ANTARA dari Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad), Wisma Atlet, Jakarta. .

Wakil Walikota Bandung Yana Mulyana (ist)

Minggu, 29 Maret 2020 - 18:51 WIB

Sembuh dari Corona, Wawako Bandung Yana Mulyana: Alhamdulillah Terimakasih Dokter dan Tenaga Medis

Wakil Walikota Bandung Yana Mulyana dinyatakan sembuh dari penyakit Covid-19. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Yana Mulyana kepada KompasTV yang ditayangkan secara langsung pada Minggu…

Bambang Soesatyo Ketua DPR RI

Minggu, 29 Maret 2020 - 18:00 WIB

Ketua MPR Desak Pemerintah Berikan Perhatian Khusus Pada Sektor Tanaman Pangan

Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendorong pemerintah agar segera memberi perhatian khusus pada sektor tanaman pangan. Ditengah proses kerusakan pada sektor ekonomi global saat ini, tantangan…

Dukung Industri Fiber Infrastruktur FiberStar Meresmikan Kantor Regional di Palembang

Minggu, 29 Maret 2020 - 17:00 WIB

Industri Telekomunikasi Bergerak, FiberStar Gelar Jaringan di Palembang

Dalam rangka komitmen dan upaya peningkatan kualitas layanan terhadap pelanggan khususnya di wilayah Sumatera bagian Selatan, FiberStar meresmikan Kantor Regional Sumatera Selatan baru yang…