Harga Kamar Hotel Murah, Tak Jamin Datangkan Turis ke Indonesia

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 02 November 2017 - 17:05 WIB

Hotel (Ilustrasi)
Hotel (Ilustrasi)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Perkembangan bisnis hotel di Indonesia mulai menjamur. Tetapi, dengan pertumbuhan hotel yang banyak dan saat ini, banyak hotel yang berbudget, mengapa jumlah wisatawan yang datang tidak sebanding dengan negara lain. Hal ini diungkapkan oleh Wakil Ketua Umum Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bidang Destinasi Johnnie Sugiarto.

Menurutnya, harga hotel sebenarnya relatif sama dengan negara tetangga. Tetapi, mengapa jumlah turis tidak sebanding dengan negara lain. Dari PHRI melihat, bukan hotel aja yang menjadi masalah, tetapi ada juga elemen-elemen hotel yang masih banyak masalahnya.

"Ada investor yang ingin membangun kamar atau hotel dengan jumlah kamar sekian. Tetapi, masih terkendala oleh jumlah wisatawan yang bertamabah tetapi hotel dan kamarnya tidak ada. Dan dalam dalam hal ini banyak hal yang saling terikat yang tidak bisa diselesaikan sendiri dari pihak perhotelan," katanya dalam seminar Indonesia Tourism Outlook 2018 di Hotel Double Tree by Hilton, Jakarta, Rabu (1/11/2017)

Johnnie juga menyebutkan banyak sekali masalah yang dihadapi oleh pihak perhotelan. "Pada tahun 2012, harga kamar hotel dua kali lipat dari harga pada tahun 2017 ini. Harga kamar dijual masih sangat murah, dan di Indonesia memiliki 300 ribu kamar sampai akhir tahun ini," tambahnya.

Ia menyebutkan, bahwa yang sedang dan telah dibangun mulai total dari bintan satu hingga bintang lima sebanayak 8 ribu yang akan selesai.

"Tahun 2018, hotel yang akan selesai di bangun sedang dalam konstruksi 16.300 kamar yang akan di bangun dan sedang invest sedang dalam konstruksi. Bisa dibayangkan harga jual dengan kondisi sekarang ini dengan kondisi ariport yang belum bisa mengakomodasilebih banyak ke daerah-daerah destinasi," tuturnya, Johnnie Sugiarto.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

John Molloy (no 2 dari kiri) di salah satu Gerai "Floraiku" berbentuk Ryokan yang kini telah hadir di Indonesia.

Selasa, 25 Juni 2019 - 08:33 WIB

O Floraiku Parfum Yang Terinpirasi Dari Bunga Dan Puisi Jepang Hadir Di Indonesia

Industri wewangian atau parfum terus berkembang seiring sejalan dengan industri mode. Meski sudah banyak merek parfum dengan ribuan bau wangi diciptakan selalu saja ada yang ingin membuat terobosan…

Mentan Amran Sulaiman di tengah sawah

Selasa, 25 Juni 2019 - 07:41 WIB

Kinerja Kementan Genjot Ekspor Pertanian, di Apresiasi DPD

Jakarta - Kementerian Pertanian (Kementan) dalam program kerjanya selama era pemerintahan Jokowi mampu secara baik meningkatkan produksi dan nilai tambah komoditas.

Mentan Amran Sulaiman

Selasa, 25 Juni 2019 - 07:33 WIB

DPR : Ngurus Sektor Pertanian Butuh Pemimpin Kuat Seperti Amran

Jakarta - Kementerian Pertanian (Kementan) bersama seluruh jajarannya telah terbukti mampu memenuhi target pembangunan sektor pertanian, termasuk kecukupan pangan masyarakat Indonesia dalam…

Pengunjung mengamati papan elektronik yang memperlihatkan pergerakan IHSG di gedung BEI (Foto Rizki Meirino)

Selasa, 25 Juni 2019 - 07:14 WIB

Lirik Sembilan Saham, IHSG di Level 6257 - 6488

Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan Selasa (24/6/2019) berada di level 6257 - 6488. Cermati sembilan saham pilihan.

Pengunjung mengamati papan elektronik yang memperlihatkan pergerakan IHSG di gedung BEI (Foto Rizki Meirino)

Selasa, 25 Juni 2019 - 07:10 WIB

IHSG Cenderung Melemah Hari Ini

Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) secara teknikal bergera break out moving average 5 hari dengan potensi kembali melakukan pengujian movinag average 50 hari dan menutup gap di kisaran…