Harga Kamar Hotel Murah, Tak Jamin Datangkan Turis ke Indonesia

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 02 November 2017 - 17:05 WIB

Hotel (Ilustrasi)
Hotel (Ilustrasi)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Perkembangan bisnis hotel di Indonesia mulai menjamur. Tetapi, dengan pertumbuhan hotel yang banyak dan saat ini, banyak hotel yang berbudget, mengapa jumlah wisatawan yang datang tidak sebanding dengan negara lain. Hal ini diungkapkan oleh Wakil Ketua Umum Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bidang Destinasi Johnnie Sugiarto.

Menurutnya, harga hotel sebenarnya relatif sama dengan negara tetangga. Tetapi, mengapa jumlah turis tidak sebanding dengan negara lain. Dari PHRI melihat, bukan hotel aja yang menjadi masalah, tetapi ada juga elemen-elemen hotel yang masih banyak masalahnya.

"Ada investor yang ingin membangun kamar atau hotel dengan jumlah kamar sekian. Tetapi, masih terkendala oleh jumlah wisatawan yang bertamabah tetapi hotel dan kamarnya tidak ada. Dan dalam dalam hal ini banyak hal yang saling terikat yang tidak bisa diselesaikan sendiri dari pihak perhotelan," katanya dalam seminar Indonesia Tourism Outlook 2018 di Hotel Double Tree by Hilton, Jakarta, Rabu (1/11/2017)

Johnnie juga menyebutkan banyak sekali masalah yang dihadapi oleh pihak perhotelan. "Pada tahun 2012, harga kamar hotel dua kali lipat dari harga pada tahun 2017 ini. Harga kamar dijual masih sangat murah, dan di Indonesia memiliki 300 ribu kamar sampai akhir tahun ini," tambahnya.

Ia menyebutkan, bahwa yang sedang dan telah dibangun mulai total dari bintan satu hingga bintang lima sebanayak 8 ribu yang akan selesai.

"Tahun 2018, hotel yang akan selesai di bangun sedang dalam konstruksi 16.300 kamar yang akan di bangun dan sedang invest sedang dalam konstruksi. Bisa dibayangkan harga jual dengan kondisi sekarang ini dengan kondisi ariport yang belum bisa mengakomodasilebih banyak ke daerah-daerah destinasi," tuturnya, Johnnie Sugiarto.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

 Dewan Komisaris dan Menteri BUMN Sepakati Penyelesaian Kasus Direksi Garuda Indonesia

Sabtu, 07 Desember 2019 - 19:00 WIB

Dewan Komisaris dan Menteri BUMN Sepakati Penyelesaian Kasus Direksi Garuda Indonesia

Jakarta-Dewan Komisaris PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk mendatangi kantor Kementerian BUMN Sabtu (7/12/2019) untuk bertemu dengan Menteri BUMN Erick Thohir guna membahas tindaklanjut pasca…

Dukung Industri Pariwisata, Batik Air Perkuat Layanan di Bumi Cendrawasih

Sabtu, 07 Desember 2019 - 18:00 WIB

Dukung Industri Pariwisata, Batik Air Perkuat Layanan di Bumi Cendrawasih

Batik Air (kode penerbangan ID) member of Lion Air Group hari ini meresmikan rute baru yang dilayani langsung dari Timika menuju Jayapura. Penerbangan tersedia dalam frekuensi satu kali setiap…

Grabwheels (Doc: Grab.com)

Sabtu, 07 Desember 2019 - 17:48 WIB

Grabwheels Lebih Sekadar Mobilitas Pribadi

Jakarta - Tren dunia dalam transportasi adalah integrasi dan penyerapan oleh sistem yang massal dan cepat. Yang dipentingkan adalah mobilitas orang, bukan mobilitas kendaraan sehingga pergerakan…

Jenahara dan ibunya Ida Royani

Sabtu, 07 Desember 2019 - 17:45 WIB

Desainer Muda Indonesia, Jenahara Membuat Scarf Terinspirasi dari Ibu

Jakarta - Ibarat pepatah “buah jatuh tidak jauh dari pohonnya”, begitulah perumpamaan yang tepat bagi Jenahara yang merupakan seorang perancang busana muda Indonesia.

INACA Ign N Askhara Danadiputra (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 07 Desember 2019 - 17:28 WIB

Viral Video Ari Askhara Tak Akan Mundur dari Jabatan Dirut Garuda

Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir akhirnya memecat Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra atau yang lebih dikenal Ari…