Medina Meluncurkan Houseware Halal Pertama di Indonesia

Oleh : Nina Karlita | Sabtu, 21 Oktober 2017 - 12:40 WIB

Dewi Hendrati selaku GM Marketing Communication Medina (Foto Nina)
Dewi Hendrati selaku GM Marketing Communication Medina (Foto Nina)

INDUSTRY.co.id - Jakarta-  lndonesia International Halal Expo (INHALEC) 2017 merupakan event internasional yang mengekspos dan membahas 10 sektor industri halal diselenggarakan oleh Indonesia Halal Lifestyle Centre (IHLC) dan Masyarakat Ekonomi Syariah (MES). 

Acara yang digelar mulai tanggal 19-21 Oktober 2017 ini diadakan di Balai Kartini, Jakarta. 

Acara yang dihadirkan sangat beragam mulai dari international conferences yang dihadiri oleh kementerian hingga pembicara internasional yang merupakan pemerhati industri halal dunia termasuk juga adanya stan yang menyediakan beragam produk halal. Mulai dari makanan, pakaian, hingga wadah makan dengan sertifikat halal MUI pertama di Indonesia, Medina. 

Medina meluncurkan houseware halal pertama di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia terkait dengan gaya hidup sehat dan halal. 

Menurut data Euro Monitor, kami memproyeksikan berdasarkan pertumbuhan rata-rata (CAGR) di Indonesia, pasar produk plastik rumah tangga terus mengalami peningkatan hingga tahun 2018 mendatang. 

Pertumbuhan market size untuk kategori pembelian produk food storage sebesar 12,1% dari tahun 2011-2016. Hal itu merupakan peluang besar untuk produsen kategori di atas untuk bersaing dengan pasar. Dengan mengusung konsep produk peralatan rumah tangga halal pertama di Indonesia, Medina menargetkan untuk dapat meraih 15% market share houseware dalam 5 tahun mendatang. 

Di satu sisi, Dewi Hendrati selaku GM Marketing Communication Medina menambahkan, ”Mayoritas penduduk Indonesia yang Muslim, menjadikan halal sebagai gaya hidup yang terus berkembang. Gaya hidup halal yang diterapkan tidak hanya untuk konsumsi makanan dan minuman semata, namun sampai pada produk rumah tangga. Produk Medina secara resmi telah tersertifikasi halal Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan akan terus konsisten menjaga kehalalan produk dari hulu hingga hilir.” 

Berdasarkan data dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), jumlah produk yang beredar di masyarakat sebanyak 194.776. Namun, hanya setengahnya yang telah memiliki sertifikasi halal dari MUl dalam masa berlaku tahun 2013-2015. Jumlah produk bersertifikat halal tersebut ada sebanyak 98.543 atau memiliki persentase sebesar 50,6%. 

“Melihat data tersebut, tentu merupakan sebuah ironi jika Indonesia, salah satu negara dengan pemeluk Muslim terbesar di dunia belum mendapatkan banyak variasi produk yang halal. Apalagi jika produk tersebut berhubungan dengan makanan yang hendak dikonsumsi," tambah Dewi di Balai Kartini, Jakarta Selatan, Kamis (19/10/2017). 

Adapun sertifikat Halal MUI yang kita miliki pada produk Medina adalah untuk menjamin keamanan serta kenyamanan konsumen akan produk houseware. Halal dari Hulu hingga Hilir menjadi basis dalam pengembangan produk Medina, mulai dari pemilihan bahan baku, proses produksi, hingga distribusi yang tidak terkontaminasi material non halal seperti alkohol, najis dan hewan yang tidak diperbolehkan dalam memenuhi syarat halal dari MUI. Termasuk juga dalam desain aplikasi produk adalah konsen utama Medina. 

Untuk menjamin kehalalan produk, pabrik Medina sudah memiliki Sertifikat Jaminan Halal (SJH) dengan nilai A yang merujuk pada kualitas implementasi sistem pabrik (fasilitas produksi). “Pabrik kami sangat menjaga kriteria-kriteria halal yang ditetapkan MUI. Misalnya dengan selektif memilih bahan baku serta mengawasi proses manajerial dan operasional pabrik menurut berbagai syarat yang ditetapkan MUI," jelas Dewi. 

Di kesempatan yang sama, Dewi juga menambahkan bahwa selain Halal, kualitas produk Medina juga merupakan hal yang diutamakan. Oleh karena itu, produk Medina tidak hanya Halal, namun juga memiliki kualitas produk houseware premium. 

Pada tahap awal, Medina meluncurkan 19 jenis produk, Beverage Ware dan Dinner Ware sebagai produk unggulannya. 

”Selain halal, produk Medina juga dijamin dengan garansi seumur hidup (lifetime warranty) serta kualitas food grade FDA Material Approve yang aman bagi konsumen. Untuk memberikan kemudahan kepada konsumen dalam mendapatkan produk Medina, kami menunjuk Dusdusan.com sebagai sole distributor kami dimana sistem pembelian dilakukan secara online," tambahnya. 

Selain menjual produk houseware Halal, Medina juga memiliki tujuan untuk menyebarkan nilai-nilai kebaikan melalui forum yang dapat menginspirasi. Melalui forum "Medina lnspirative Talk", Medina telah melakukan talkshow yang bekerja sama dengan berbagai komunitas wanita di 35 kota di Indonesia menyusul hingga pada 65 titik di seluruh Indonesia. Kampanye ini bertujuan untuk mendorong wanita, khususnya ibu rumah tangga, untuk dapat bewirausaha serta mengaplikasikan nilai-nilai halal pada kehidupan sehari-hari. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sari Pramono HIPMI

Jumat, 10 April 2020 - 08:30 WIB

HIPMI Cantik Ini Sebut Penerima Kartu Pra Kerja Harus Belajar Jadi Pengusaha

Ketua Bidang Ketenagakerjaan, Vokasi, dan Kesehatan Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP HIPMI) Sari Pramono mengatakan, dengan menggunakan kartu pra kerja, penerima kartu…

Sinarmas Land serahkan bantuan ke Walikota Tangsel

Jumat, 10 April 2020 - 08:15 WIB

Kembali Bantu, Sinar Mas Land Serahkan 500 Rapid Test Kit Covid-19 Kepada Walikota Tangsel

Sinar Mas Land diwakili Corporate Governance & Sustainability Division Head, Ignesjz Kemalawarta didampingi oleh Corporate Affairs Division Head, Dony Martadisata dan Tim CSR PT. BSD menyerahkan…

Manajemen Avrist Asurance

Jumat, 10 April 2020 - 08:00 WIB

Strategi Avrist Assurance Menuju Top 15 Pemain Asuransi di Indonesia

PT Avrist Assurance (Avrist Assurance) mantap melangkah menjadi 15 perusahaan terbaik di Indonesia pada 2021

PT Taspen kerjasama dengan Halofina

Jumat, 10 April 2020 - 07:31 WIB

Halofina bersama TASPEN Pandu Kelola Uang untuk ASN Indonesia

Dalam situasi sulit seperti ini, Halofina sebagai Indonesian Digital Financial Technology bersama PT TASPEN (Persero) sebagai BUMN yang bergerak di bidang asuransi tabungan hari tua dan dana…

Para pelaku industri pariwisata ekonomi kreatif (Ist)

Jumat, 10 April 2020 - 07:30 WIB

Menparekraf Wishnutama Bakal Kawal Insentif bagi Pelaku Industri Pariwisata Ekonomi Kreatif Tepat Sasaran

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) terus menindaklanjuti dan mengawal berbagai insentif untuk para pelaku di sektor pariwisata ekonomi kreatif agar tetap berjalan dengan…