Hingga Pertengahan Agustus 2017, Produksi Garam Rakyat di Sumenep Masih Jauh Dari Target

Oleh : Hariyanto | Jumat, 25 Agustus 2017 - 11:00 WIB

Ilustrasi Petani Garam (Ist)
Ilustrasi Petani Garam (Ist)

INDUSTRY co.id -Sumenep - Hingga pertengahan Agustus 2017, produksi sementara garam rakyat di Sumenep hanya sekitar 4.600 ton. Angka tersebut jauh dari target produksi yang ditetapkan yakni sebesar 368 ribu ton.

"Kalau dilihat dari perbandingan produksi dan target, memang masih sangat jauh. Hanya satu persen lebih. Tapi jumlah produksi garam kan terus bergerak," kata Kepala Dinas Perikanan Sumenep, Arief Rusdi, Rabu (23/08/2017).

Menurutnya, angka produksi garam dalam dua minggu ini melonjak drastis dibanding pada akhir Juli 2017 yang hanya berkisar 850 ton.

"Kondisi cuaca sejak Agustus memang realtif bersahabat untuk produksi garam. Karena itu, jumlah produksi garam memang terus meningkat. Ya semoga saja cuaca tetap mendukung untuk bisa mencapai produksi garam yang maksimal," ungkapnya.

Sesuai proyeksi dari Kementerian Kelautan dan Perikanan, produksi garam rakyat di Sumenep pada tahun ini ditargetkan sebanyak 368 ribu ton. Sementara pada 2016, target produksi garam Sumenep sebesar 260 ribu ton, dan hanya terealisasi sebanyak 17.109 ton.

"Produksi garam memang sangat bergantung pada kondisi cuaca. Pada tahun 2016, terjadi kemarau basah, hingga panen garam gagal. Sedangkan di tahun 2017, sempat terjadi anomali cuaca. Pada awal musim kemarau masih sering turun hujan yang menyebabkan produksi garam tersendat," katanya.

Sesuai data di Dinas Perikanan Sumenep, lahan garam rakyat pada tahun ini seluas 2.068 hektare yang tersebar di sembilan kecamatan, yakni Kalianget, Gapura, Saronggi, Pragaan, Giligenting, Raas, Arjasa, Kangayan, dan Sapeken.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pariwisata Bali (Foto Dok Instagram)

Minggu, 16 Juni 2019 - 21:00 WIB

Ready, Set, Summer!

Menjelang liburan musim panas, Agoda, salah satu platform perjalanan digital yang paling cepat berkembang di dunia, mengungkapkan bahwa Tokyo, London dan Las Vegas masih terus merajai sebagai…

Bantuan Kemensos untuk Sultra Terus Bergulir (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 16 Juni 2019 - 20:00 WIB

Bantuan Kemensos untuk Sultra Terus Bergulir

Pengiriman dan penyaluran bantuan sosial dari Kementerian Sosial terus bergulir bagi korban bencana banjir di sejumlah wilayah di Provinsi Sulawesi Tenggara.

BNI Dukung Peningkatan Ekspor Seafood ke Amerika Serikat (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 16 Juni 2019 - 17:34 WIB

BNI Dukung Peningkatan Ekspor Seafood ke Amerika Serikat

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) melalui Kantor Cabang Luar Negeri New York, Amerika Serikat memberikan dukungan fasilitas pembiayaan kepada Crystal Cove Seafood Corp. (Crystal Cove),…

Mendikbud, Muhadjir Effendy

Minggu, 16 Juni 2019 - 16:46 WIB

Rawan Jual Beli Kursi, Mendikbud Lakukan Penataan Sejumlah Sekolah

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melakukan pemetaan sejumlah sekolah yang dinilai rawan terhadap praktik jual beli kursi dalam Penerimaan Peserta Didik (PPDB).

Ilustrasi Desa Wisata

Minggu, 16 Juni 2019 - 12:30 WIB

Kemenpar Gandeng Udinus Latih Warga Temanggung Majukan Desa Wisata

Kementerian Pariwisata dan Universitas Dian Nuswantara Semarang memberikan pelatihan memajukan potensi daerah sebagai desa wisata baru pada warga Kelurahan Walitelon Utara Kecamatan Temanggung,…