Awal Tahun 2022, Kementan Tancap Gas Tingkatkan Layanan Informasi

Oleh : Wiyanto | Kamis, 13 Januari 2022 - 14:57 WIB

Gedung Kementerian Pertanian Pusat
Gedung Kementerian Pertanian Pusat

INDUSTRY.co.id-Bogor-Mengawali tahun 2022, Kementerian Pertanian tancap gas dalam upaya melakukan peningkatan layanan publik dalam bentuk penyediaan informasi yang paripurna. Hal itu disampaikan Kepala Biro Humas dan Informasi Publik, Kuntoro Boga Andri, Kamis, 13 Januari 2022.

Kementerian Pertanian menurut Kuntoro memiliki peran yang strategis dalam rangka melaksanakan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di masa pageblug Covid-19. Sehingga, bukan hanya capaian pembangunan pertanian yang harus disampaikan kepada masyarakat luas, namun, lanjutnya program dan kebijakan pun harus tersedia.

"Salah satu yang terus kami optimasi untuk meningkatkan layanan informasi tersebut adalah website," kata Kuntoro saat menyampaikan arahan Rapat Koordinasi Pengelolaan Website se-Kementan.

Kementan di dalam penyelenggaraan komunikasi publik menurutnya sangat ditopang oleh website. Media cetak maupun online kerap menjadikan website Kementan sebagai referensi.

"Website masih merupakan beranda utama Kementan. One gate information, untuk masyarakat dalam mengakses informasi dan layanan di bidang pertanian. Maka dari itu, website harus ditingkatkan performanya," ungkapnya.

Website Kementan diketahui sudah menggunakan Secure Socket Layer (SSL) yang menjamin data lebih aman dan terenkripsi. Selain itu, penggunaan dual bahasa menggunakan tools google dapat memudahkan masyarakat dari luar wilayah Indonesia untuk mengakses informasi bidang pertanian.

"Kami berkomitmen untuk terbuka dan menyediakan beragam informasi sebagai wujud dari pelaksanaan good governance. Bukan hanya kesiapan data tapi juga termasuk keamanannya," imbuh Kuntoro.

Sebagai informasi, pada tahun 2021 Kementan meraih Anugerah Keterbukaan Informasi Publik sebagai badan publik terbaik kategori Kementerian dengan klasifikasi informatif dengan nilai 99,29. Nilai tersebut menjadikan Kementan sebagai kementerian dengan nilai tertinggi.

Sebelumnya, di tahun 2020, Kementan juga menyabet penghargaan serupa. Kementan menempati posisi pertama dengan nilai yang cukup tinggi, yakni sebesar 97,99.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Salah satu yang mendapatkan penghargaan dari Majalah SWA

Jumat, 12 Agustus 2022 - 13:38 WIB

SWA Ganjar Dua Penghargaan ke Para Perusahaan Ini

Majalah SWA dan Business Digest menyelenggarakan penghargaan Indonesia Customer Experience Champions 2022, yaitu program untuk memilih perusahaan yang memiliki tim terbaik dalam bidang customer…

Halus Lembut Band

Jumat, 12 Agustus 2022 - 12:20 WIB

Halus Lembut Band Meriahkan FMR 2022, Sebelum Rilis Single ke 2

Halus Lembut, Band asal Jakarta yang merilis single pertama bertajuk "Kapal Miring" pada tahun 2018 lalu. Kini Halus Lembut kembali setelah lama vakum dengan mempersiapkan single kedua mereka…

Sejumlah Tips Jaga Kulit Wajah Terlihat Sehat dan Awet Muda

Jumat, 12 Agustus 2022 - 12:08 WIB

Sejumlah Tips Jaga Kulit Wajah Terlihat Sehat dan Awet Muda

Memberikan apresiasi terhadap diri sendiri menjadi hal yang penting untuk kita lakukan. Hal ini dikarenakan ketika kita memberikan apresiasi pada diri, kita akan menjadi lebih bersemangat serta…

Ketum IMI Tinjau Mobil Modifikasi Blackstone Live Modz 2022 Milik Atta Halilintar

Jumat, 12 Agustus 2022 - 12:00 WIB

Ketum IMI Tinjau Mobil Modifikasi Blackstone Live Modz 2022 Milik Atta Halilintar

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo meninjau kesiapan Atta Halilintar bersama #TeamAshiap mengikuti Blackstone Live Modz 2022 'Perang Bintang' OLX…

Penanganan Paus Sperma Sepanjang 16,5m Banyuwangi 3

Jumat, 12 Agustus 2022 - 11:36 WIB

Cerita Penanganan Paus Sperma Sepanjang 16,5 Meter yang Terdampar di Banyuwangi, KKP Beberkan Kronologisnya!

Jakarta– Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Denpasar, salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) Direktorat Jenderal Pengelolaan…