Dukung Penyediaan Sanitasi dan Air Bersih Berbasis Masyarakat, APP Sinarmas Mas Luncurkan Bank Sampah

Oleh : Hariyanto | Selasa, 30 Oktober 2018 - 15:15 WIB

APP Sinar Mas
APP Sinar Mas

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Seiring dengan 80 tahun berdirinya Sinar Mas, Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas baru-baru ini memperkenalkan program bank sampah berbasis masyarakat di Desa Mlirip Rowo, Sidoarjo, Jawa Timur. 

Program tersebut menegaskan kembali komitmen APP Sinar Mas untuk mendukung program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) yang diusung Pemerintah Indonesia.

“Sejak awal berdirinya, APP Sinar Mas sebagai salah satu pilar usaha Sinar Mas berkomitmen untuk tumbuh bersama masyarakat Indonesia. Inilah mengapa kami terpanggil untuk membantu masyarakat di sekitar wilayah operasi kami dalam mengatasi tantangan mendasar terkait keterbatasan sanitasi dan air bersih,” papar Direktur Sustainability and Stakeholder Engagement APP Sinar Mas Elim Sritaba melalui keterangan resmi yang diterima INDUSTRY.co.id, Selasa (30/10/2018).

Sejalan dengan pendekatan PAMSIMAS, program bank sampah di Mlirip Rowo, Sidoarjo melibatkan pengurus dan pemilah sampah yang berasal dari masyarakat desa. Mulai beroperasi sejak Agustus 2018, inisiatif yang juga bagian dari program CSR perusahaan ini menjadi wujud kehadiran APP Sinar Mas, melalui salah satu pabriknya Tjiwi Kimia, yang senantiasa tumbuh bersama komunitas di dalam dan sekitar wilayah operasinya. 

“Melalui program bank sampah, masyarakat sekitar kini dapat mengelola sampah di lingkungannya dengan baik, untuk kemudian dijual. Dengan demikian, kualitas hidup masyarakat pun meningkat,” lanjut Elim. 

Selain Tjiwi Kimia, pabrik APP Sinar Mas lainnya, yakni PT Lontar Papyrus Pulp & Paper Industry di Jambi, pun turut tumbuh bersama masyarakat di sekitar wilayah operasinya lewat penyediaan air bersih. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 23 Maret 2019 - 07:00 WIB

Market Cap Tembus Rp.500 Triliun , BBRI Cetak Rekor Baru Pekan ini

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) untuk kedua kalinya selama sepekan menorehkan prestasi terbaiknya di perdagangan bursa saham.

Gubernur Papua, Lukas Enembe, (Foto: Fadli/Industry.co.id)

Sabtu, 23 Maret 2019 - 06:00 WIB

Rp5 Miliar Disiapkan Pemprov Papua untuk Korban Banjir

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua menyiapkan bantuan uang sebesar Rp5 miliar untuk membantu penanganan korban banjir bandang di Kabupaten Jayapura.

Tersangka Korupsi (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 23 Maret 2019 - 04:50 WIB

KPK Benarkan Amankan Direktur Krakatau Steel

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah mengamankan sebanyak empat orang terkait dengan operasi tangkap tangan (OTT) yang diduga berhubungan dengan salah satu Direktur Krakatau Steel.

Kingston Partner Gathering, Kamis (21/3/2019)

Jumat, 22 Maret 2019 - 23:00 WIB

Perkuat Pasar, Kingston Miliki Puluhan Mitra Reseller di Indonesia

Kingston Technology, salah satu pemimpin dunia dalam solusi produk dan teknologi penyimpanan memori, secara bersama-sama dengan para mitra penjualan mengumumkan program mitra resmi di Indonesia.

Suasana diskusi yang bertajuk “Kasus Privatisasi JICT Jilid II (2015-2039), Kemana Pemerintah dan KPK” yang digelar Serikat Pekerja (SP) JICT di Hotel Sunlake, Sunter, Jakarta, Kamis (21/03/2019) petang.

Jumat, 22 Maret 2019 - 20:49 WIB

Pakar Hukum UGM: Perpanjangan Kontrak Pelindo II dan Hutchison Ports Tetap Sah

Oce Madril, pakar Tindak Pidana Korupsi Universitas Gajah Mada (UGM), menilai perjanjian perpanjangan kontrak PT Jakarta International Container Terminal (JICT) antara PT Pelindo II dan Hutchison…