Gandeng Tiongkok, Bakrie Otoparts Akan Kembangkan Bus Listrik

Oleh : Ahmad Fadli | Selasa, 16 Oktober 2018 - 12:32 WIB

PT Mobil Anak Bangsa segera produksi massal bus listrik merek MAB (Foto: Fadli INDUSTRY.co.id)
PT Mobil Anak Bangsa segera produksi massal bus listrik merek MAB (Foto: Fadli INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Bakrie Otoparts gandeng perusahaan Tiongkok BYD Corporation mengembangkan bus listrik untuk digunakan di sejumlah kota di Indonesila dalam upaya menciptakan transportasi ramah lingkungan dan kurangi emisi.

"Bus listrik sudah kita gunakan dalam pertemuan tahunan IMF dan World Bank di Bali dan hasilnya ternyata sangat bagus sebagai alat transportasi alternarif bagi para delegasi," kata Dirut dan CEO PT Bakrie & Brother Bobby Gafur Umar, di Ungasan, Bali, seperti dikutip Antara.

Hal tersebut disampaikan usai uji dua bus listrik yang juga dihadiri Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika Kementerian Perindustrian Harjanto, Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia Hermanto Dardak, serta Wakil Dirut PT Bakrie & Brother Ardie Bakrie.

Dikatakan Bobby, pihaknya akan memberikan solusi bagi terciptanya bus ramah lingkungan yang saat ini sudah menjadi model di sejumlah kota dan negara mengenai pentingnya kendaraan rendah emisi.

Dalam pertemuan tahunan IMF-Bank Dunia di Nusa Dua, katanya, pihaknya sudah menyiapkan dua bus yang digunakan delegasi acara internasional tersebut dan ternyata mendapat sambutan positif dari delegasi.

Dia mengatakan, sejumlah provinsi seperti Jawa Tengah dan wilayah industri di Pulau Jawa, sudah menyatakan kesediaannya untuk mempergunakan transportasi bus listrik mengangkut penumpang serta karyawan.

"Sudah kita tawarkan ke sejumlah daerah dan wilayah bisnis ternyata mendapat antusias positif," katanya.

CEO PT Bakrie Autoparts Dino Ryandi menambahkan melalui unit usahanya PT Bakrie Autoparts telah menjalin kerja sama bisnis dengan pabrikan bus listrik terkemuka dari Tiongkok, BYD Auto Co.Ltd, untuk secara serius mengembangkan lini baru bisnisnya di bidang otomotif.

Kolaborasi tersebut telah disepakati secara resmi melalui penandatanganan kesepakatan kerja sama pada 13 April 2018 lalu di Tiongkok.

"Kami sudah siap menetapkan target-target untuk mengembangkan industri ini yang kami yakini sangat prospektif," katanya.

Dirjen Harjanto mengatakan pemerintah sangat mendukung swasta mengembangkan industri mobil listrik yang saat ini memang sedang didorong pengembangannya di Indonesia.

"Tentu kita berharap bus lustrik yang ada nanti kandungan lokal lebih besar dibanding impor. Pemerintah akan terus mendorong perkembangan industri tersebut," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Jumat, 26 April 2024 - 15:10 WIB

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Sebagai bagian dari ekspansinya di Asia Tenggara, Sports Direct Malaysia, Sdn Bhd ("Frasers Group Asia") – afiliasi dari grup ritel internasional terkemuka Frasers Group plc ("Frasers Group",…

Pengamat hukum Dr. (Cand.) Hardjuno Wiwoho

Jumat, 26 April 2024 - 14:47 WIB

UU Perampasan Aset dan BLBI Jadi PR Prabowo-Gibran

Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka harus melanjutkan agenda pemberantasan korupsi yang sudah dicanangkan pemerintahan sebelumnya sebagai…

Momentum Hari Bumi, PGE Meneguhkan Komitmen pada Keberlanjutan untuk Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup

Jumat, 26 April 2024 - 14:30 WIB

Momentum Hari Bumi, PGE Meneguhkan Komitmen pada Keberlanjutan untuk Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup

Pengembangan energi ramah lingkungan temasuk energy panas bumi tak bisa dipisahkan dari upaya menjaga keberlanjutan di semua aspek bisnis. Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang eksplorasi…

PGE Area Kamojang Raih Dua Penghargaan Unggulan dalam Acara Forum CSR Jawa Barat

Jumat, 26 April 2024 - 14:21 WIB

PGE Area Kamojang Raih Dua Penghargaan Unggulan dalam Acara Forum CSR Jawa Barat

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE) (IDX: PGEO) semakin meneguhkan posisinya sebagai perusahaan energi hijau kelas dunia terdepan dalam praktik bisnis berkelanjutan. PGE Area Kamojang berhasil…