Mentan Amran Dorong Mahasiswa UNP Menjadi Wirausahawan Muda

Oleh : Wiyanto | Jumat, 05 Oktober 2018 - 10:07 WIB

Mentan Amran Sulaiman di Payakumbuh
Mentan Amran Sulaiman di Payakumbuh

INDUSTRY.co.id -

Padang,- Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman berkunjung ke Sumatera Barat tidak hanya melepas ekspor manggis ke China. Mentan juga menyempatkan memberikan kuliah umum di Universitas Negeri Padang (UNP) dengan tema Peran Perguruan Tinggi dalam Mengembangkan Minat Kewirausahaan Mahasiswa, Rabu (3/10).

Hadir Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno, Anggota DPD RI, Ema Yohana, dan jajaran pimpinan rektorat UNP.

Dalam kuliah umum tersebut, Amran memaparkan kiat-kiat menjadi wirausaha muda yang sukses yang merupakan bagian dari sejarah perjalanan hidupnya sendiri. Pedoman sukses diantaranya, harus bisa bekerja keras, jujur, disiplin sehingga jika gagal pantang menyerah tetapi terus berusaha dan belajar. Selain itu, generasi muda harus punya komitmen dan terus berdoa serta tidak boleh menuntut atau minta-minta kecuali pada yang maha kuasa.

Dulu kami menjadi dosen wirausaha 6 tahun di Unhas, selama 6 tahun tidak digaji. Ternyata kalau mengajar tidak dibayar, Allah membalasnya dengan menjadikan menteri. Kami harap bapak ibu dosen juga bisa seperti itu, demikian diungkapkan Amran.

Menurut Amran, untuk menjadi wirausaha muda sukses, generasi muda tidak boleh gampang menyerah. Sebab, perjalanan untuk menjadi sukses pasti dihadapkan dengan tantangan yang berat sehingga memerlukan proses atau waktu yang cukup panjang.

Kami dulu 13 tahun perjalanan wirausaha, tidak menyerah, pantang menyerah, karena bisa mengendalikan dunia adalah para konglomerat, ujarnya.

Ada pola pikir yang salah berkembang di masyarakat, kalau jadi pegawai tidak bisa kaya. Kami gugurkan anggapan ini, kami dulu pegawai PTPN, tapi bisa menjadi menjadi wirausaha sukses. Kami kerja keras, terus melakukan inovasi, akhirnya kami buktikan bisa kaya, sambungnya.

Karena itu, Amran mengajak para mahasiwa UPN agar menjadi pengusaha muda yakni pengusaha yang jujur, disiplin dan berkomitmen dan terus belajar. Jika ingin sukses, mahasiswa minimal belajar 10 jam setiap hari.

Dulu kami jual ikan merugi, beras juga merugi. Kami pun gali dan kumpulkan batu gunung. Tangan kami keras. Jadi jangan manja, harus kerja keras agar menjadi orang sukses. Kami umur 36 tahun sudah bisa mandiri, tapi kerja sejak umur 9 tahun, ucap Amran.

Lebih lanjut Amran menegaskan jika ingin berhasil, harus menciptakan tantangan dan harus memiliki keyakinan bahwa bisa menyelesaikan atau melewati masalah. Semua konglomerat dunia sukses pasti karena berani menciptakan tantangan.

Pelaut ulung itu lahir di ombak yang besar, bukan di air tenang. Jadi jika ingin sukses, harus berani masuk ke tantangan yang besar dan yakin lah bisa lewatinya, tegasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

1.500 Peserta Antusias Ikuti BCA Super League Triathlon 2019 (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 23 Maret 2019 - 21:00 WIB

1.500 Peserta Antusias Ikuti BCA Super League Triathlon 2019

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mendukung penuh gelaran Super League Triathlon 2019, ajang unjuk kebugaran melalui olahraga multicabang yang digelar di Pulau Dewata, Bali, pada 23 – 24 Maret…

Presiden Jokowi disaksikan sejumlah pembalap mencoba salah satu motor balap, di halaman Istana Kepresidenan Bogor, Jabar, Senin (11/3) sore. (Foto: Agung/Humas)

Sabtu, 23 Maret 2019 - 20:00 WIB

Jelang GP 2021, Presiden Jokowi Tingkatkan Pembangunan Jalan-Runway Bandara

Balapan MotoGP akan diselenggarakan di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 2021. Jelang ajang kejuaraan dunia balap motor itu, Presiden Joko Widodo mengatakan ada tiga…

Askrindo Peduli

Sabtu, 23 Maret 2019 - 19:22 WIB

Askrindo Peduli Lingkungan Bersama Kelurahan Kwitang

JAKARTA - Dalam rangka memperingati HUT BUMN Bersama, dan HUT PT Askrindo (Persero) yang ke-48 dilaksanakan kegiatan peduli lingkungan bersama di wilayah Kelurahan Kwitang.

kiri-Kanan) Ketua Forwarker–PWKI Edi Hardum, Direktur Pelayanan Advokasi untuk Keadilan dan Perdamaian Indonesia(Padma) Indonesia Gabriel Goa dan Pengamat Ketenagakerjaan dan Jaminan Sosial, Timboel Siregar.

Sabtu, 23 Maret 2019 - 18:32 WIB

Kartu Prakerja, Jurus Jokowi Selamatkan Pengangguran

Ciloto- Program calon Presiden petahana Joko Widodo (Jokowi) mengenai kartu prakerja yang akan diluncurkan jika terpilih kembali menjadi Presiden di pemilihan Presiden 17 April 2019, patut didukung…

IKIMURA GROUP (Industry/foto: Herlambang)

Sabtu, 23 Maret 2019 - 18:20 WIB

Gemilang di Tahun Lalu, PT Ikimura Group Bidik Pertumbuhan Bisnis Hingga 30 Persen di Tahun 2019

Imbas meningkatnya permintaan akan produk komponen otomotif juga dirasakan oleh salah satu perusahaan anak bangsa, PT Ikimura Group yang saat ini mendistribusikan dan memproduksi mettal cutting…