Mentan SYL Yakin Kolaborasi IPB dan Kementan Bisa Memajukan Sektor Pertanian Indonesia

Oleh : Wiyanto | Sabtu, 16 September 2023 - 16:58 WIB

Mentan syl saat di Institut Pertanian Bogor (IPB)
Mentan syl saat di Institut Pertanian Bogor (IPB)

INDUSTRY.co.id-BOGOR – Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) memberikan ucapan selamat kepada Institut Pertanian Bogor (IPB) yang tengah merayakan Dies Natalis ke-60. Sebagai dua pihak yang sama-sama bergerak untuk memajukan sektor pertanian Indonesia, Mentan SYL yakin kolaborasi Kementan dan IPB dapat menghasilkan berbagai inovasi untuk mengatasi masalah-masalah pertanian.

“Dies Natalis yang ke-60 adalah bagian dari konsolodasi antara perguruan tinggi, SDM, dan tantangan-tantangan pertanian. Pak Presiden banyak memberikan challenge bagi IPB dan Kementan untuk bersama-sama membangun sektor pertanian kedepannya,” kata Mentan SYL di Grand Widya Wisata pada hari Jumat, 15 September 2023.

Dalam acara Sidang Terbuka Dies Natalis ke-60 IPB Orasi Presiden Republik Indonesia, Presiden Jokowi menyampaikan harapan besarnya agar pekerja di sektor pertanian dapat memanfaatkan perkembangan teknologi untuk meningkatkan sektor pertanian.

“Saya tadi waktu masuk sudah di tunjukkan oleh Pak Rektor IPB ada banyak sekali inovasi-inovasi untuk hilirisasi dan inovasi yang bisa masuk ke industri. Saya harus menyampaikan apa adanya, luar biasa!” kata Presiden Jokowi.

Selain perkembangan inovasi alat-alat pertanian, Presiden Jokowi juga mengapresiasi perkembangan benih-benih tanaman seperti tanaman cabai berbuah besar dan benih padi yang khusus untuk lahan-lahan tandus yang akan sangat berguna untuk menghadapi ancaman krisis pangan dunia.

Saat ini dunia sedang menghadapi ancaman perubahan iklim, ancaman El nino serta konflik geopolitik yang mengakibatkan banyak negara yang menutup pintu ekspor miliknya. Hal ini menyebabkan seluruh negara mengalami kesulitan untuk memenuhi kebutuhan pangan rakyat-rakyatnya.

“Saat ini sudah ada 19 yang sudah membatasi ekspor pangan. Menyelamatkan rakyatnya sendiri-sendiri. India baru saja stop export beras. Akibatnya harga beras naik di semua negara. Sekarang mencarinya sangat sulit karena ingin menyelamatkan rakyatnya sendiri-sendiri,” ungkap Presiden Jokowi.

Menurut Presiden Jokowi, ancaman krisis pangan dunia bukanlah sesuatu yang perlu ditakuti, melainkan sebagai sebuah peluang Indonesia untuk bisa meningkatkan sektor pertanian Indonesia dengan bantuan pendidikan dan pengembangan teknologi.

“Kita perlu inovasi besar-besaran yang bisa menjadi terobosan dan langkah besar kita ke depan untuk menjadikan permasalahan pangan dunia sebagai peluang Indonesia untuk menjadi lumbung pangan. Ada kesulitan, ada krisis, tapi itu juga bisa menjadi sebuah peluang, bisa menjadi sebuah kesempatan sehingga nantinya bisa justru meningkatkan kesejahteraan petani kita, mensejahterakan nelayan kita,” tutup Presiden Jokowi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Cerita Film Syirik Related Dengan Gen Z dan Milenial

Sabtu, 27 April 2024 - 11:43 WIB

Cerita Film Syirik Related Dengan Gen Z dan Milenial

Film Syirik Neraka Pesisir Laut Selan Goes To School mendapat sambutann hangat dari ratusan siswa siswi SMK 3 Muhammadiyah Yogyakarta. Terbukti ratusan siswa setia menunggu keadiran aktor pendukung…

HK Realtindo Jalin Kerjasama Dengan All Play Indonesia

Sabtu, 27 April 2024 - 10:29 WIB

Ciptakan Ruang Rekreasi Kolaboratif, HK Realtindo Jalin Kerjasama Dengan All Play Indonesia

Dalam upaya meningkatkan fasilitas dan kepuasan penghuni apartemennya, anak perusahaan PT Hutama Karya (Persero) yaitu PT HK Realtindo (HKR) menjalin kerjasama dengan PT All Play Indonesia (All…

Bahana TCW

Sabtu, 27 April 2024 - 10:00 WIB

Ingin Memulai Berinvestasi di Reksa Dana Syariah, Perhatikan Hal Ini Agar Tak Salah Pilih

Sebagai salah satu negara dengan populasi penduduk muslim terbesar di dunia, menemukan investasi dengan konsep syariah tentu tak sulit di Indonesia. Namun, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan…

Film Syirik Goes To School di SMA N 1 Gamping Meriah.

Sabtu, 27 April 2024 - 09:12 WIB

Meski Diguyur Hujan Deras, Film Syirik Goes To School di SMA N 1 Gamping Meriah.

Biasanya kalau acara di tempat terbuka diguyur hujan akan ditinggalkan penonton, tapi lain halnya saat Acara Film SyirikSyirik Neraka Pesisir Laut Selatan Goes To School di SMA N 1 Gamping Yogyakarta…

Forwan Terus Melaju Untuk Kesejahteraan Anggota Maju

Sabtu, 27 April 2024 - 09:06 WIB

Forwan Terus Melaju Untuk Kesejahteraan Anggota Maju

Diusia Satu Dekade, FORWAN akan terus berbenah, Forwan akan terus melaju, agar kesejahteraan anggota maju. Hal tersebut diungkapkan Sutrisno Buyil selaku Ketua Umum FORWAN pada perayaan ulang…