Mentan Dorong Spanyol Buka Akses Pasar Pertanian Indonesa

Oleh : Wiyanto | Sabtu, 30 September 2023 - 09:01 WIB

Mentan SYL saat di Spanyol
Mentan SYL saat di Spanyol

INDUSTRY.co.id-Spanyol - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) mendorong Pemerintah Spanyol agar membuka akses pasar produk hortikultura asal Indonesa secara luas. Hal ini disampaikan Mentan dalan pertemuan bilateral bersama Menteri Pertanian dan Perikanan Spanyol, Luis Planas Puchades, Jumat waktu setempat.

"Kami mengusulkan agar secara parallel kita dapat segera membentuk tim kerja bersama untuk merumuskan langkah kongkrit peningkatan nilai tambah dan daya saing produk hortikultura Indonesa agar bisa mendominasi pasar global," ujar SYL.

SYL mengatakan, pihaknya mendorong Luis agar membuat MoU kerjasama kongkrit dalam bentuk Joint Taskforce untuk memajukan sektor pertanian kedua negara. Menurutnya, ada banyak aspek yang bisa dikerjasamakan antata Indonesa dan Spanyol.

"Termasuk dukungan Luis Planas dalam menghadapi ancaman krisis global yang diakibatkan oleh perubahan iklim, tekanan geopolitik global serta pemulihan ekonomi pasca pandemi," katanya.

Disisi lain, SYL berharap pemerintah spanyol dapat membuka akses pasar komoditas pertanian unggulan Indonesia ke pasar Uni Eropa. SYL menjamin, semua produk unggulannya telah memenuhi berbagai persyaratan standar kualitas dan prinsip-prinsip keberlanjutan yang ditetapkan oleh Komisi Eropa.

"Khususnya minyak sawit, kakao, rempah, dan buah tropis. Saya berharap dukungan Bapak Menteri untuk membantu kami meyakinkan berbagai stakeholders sangat kami harapkan," katanya.

Sebagai informasi, pertemuan kedua menteri ini sepakat untuk menguatkan kerjasama teknis seperti penerapan teknologi green house dan smart farming pengendalian hama terpadu (IPM), penggunaan teknologi desalinasi dan teknologi pompa dalam (deep water well). Keduanya bahkan bersepakat untuk mempererat kolaborasi pada pertukaran kunjungan tenaga ahli, peningkatan kapasitas melalui pelatihan dan membangun pilot project untuk transfer teknologi.

SYL menambahkan, saat ini Presiden Jokowi terus mendorong hilirisasi produk turunan bermutu yang disiapkan khusus agar ke depan bisa bersaing di pasar domestik maupun internasional.

"Karena itu, kami terus berkolaborasi dengan asosiasi bisnis maupun korporasi swasta. Bulan lalu, kami bekerjasama dengan Pemerintah Denmark untuk menguatkan produksi susu dan keju organik. Sementara di hortikultura, kami mendorong pengembangan dan komersialisasi produk herbal dari hulu ke hilir," katanya.

Menteri Pertanian dan Perikanan Spanyol, Luis Planas Puchades menyambut baik upaya kolaborasi pemerintah Indonesia dan negaranya. Bagi Luis, pertanian adalah sektor penting yang dapat menopang keseimbangan ekonomi global.

Saat ini, kata Luis, Spanyol merupakan eksportir pertanian ke 4 terbesar di Eropa dan nomor 7 di Dunia. Salah satu keunggulannya adalah penggunaan teknologi yang banyak diadopsi dunia seperti desalinasi air laut dan sumur air dalam yang mendorong perkembangan pertanian di daerah gurun Almeria.

"Teknologi kami sudah diadopsi di berbagai negara seperti di Timur Tengah, dimana saat ini banyak daerah-daerah padang pasir atau gurun berubah menjadi hamparan pertanian," jelasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Plang Duta Pertiwi Nusantara Tbk

Jumat, 21 Juni 2024 - 05:50 WIB

2024, Duta Pertiwi Nusantara Optimis Industri Plywood Membaik

PT Duta Pertiwi Nusantara Tbk. (DPN) mencatatkan pendapatan bersih sebesar Rp 116,20 miliar di sepanjang tahun 2023. Dari jumlah ini, Perseroan menilai, kinerja Perusahaan secara umum mencatatkan…

Dato Sri Mohammed Shaheen raih APEA 2024.

Jumat, 21 Juni 2024 - 00:28 WIB

Sukses Kembangkan Riyaz Group, Dato Sri Mohammed Shaheen Raih APEA 2024

Dato Sri Mohammed Shaheen pun mengungkap rahasia suksesnya mengembangkan Riyaz Group hingga mendapatkan penghargaan APEA 2024.

Komitmen BPDPKS terhadap peremajaan sawit rakyat

Kamis, 20 Juni 2024 - 23:00 WIB

BPDPKS, Aspekpir dan PalmCo Dorong Percepatan PSR di Sumut dan Aceh

Ratusan petani kelapa sawit dari Provinsi Sumatra Utara dan Aceh mengikuti Sosialisasi dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) Pola Kemitraan yang diselenggarakan di Medan,…

Modena dukung Ubud Food Festival 2024

Kamis, 20 Juni 2024 - 22:57 WIB

Modena Dukung Ubud Food Festival 2024, Lelang Kompor Freestanding

Didukung Modena, Ubud Food Festival 2024 bertujuan untuk merayakan keanekaragaman kuliner dan budaya Indonesia, serta menggalang dana guna mendukung program-program komunitas lokal.

Direktur Investasi PT ASABRI (Persero) Jeffry Haryadi P. Manullang didampingi Sekretaris Perusahaan, Okki Jatnika dan Kepala Kantor Cabang Utama Jakarta, Aris Karyawan bersama dengan Mitra Bayar Bank Mandiri Taspen yang diwakili oleh Distribution Head, Pande Putu Rambiawan menyerahkan manfaat Program Tabungan Hari Tua (THT) dan Jaminan Pensiun kepada Komjen Pol (Purn) Prof. Dr. Gatot Eddy Pramono, Msi

Kamis, 20 Juni 2024 - 22:46 WIB

Komjen Pol (Purn) Gatot Eddy Pramono Terima Pensiunan dari ASABRI

ASABRI Serahkan Manfaat Tabungan Hari Tua (THT) dan Jaminan Pensiun Pertama Kepada Wakil Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Komjen Pol (Purn) Gatot Eddy Pramono