Sediakan Perumahan PNS, Bank BTN Bermitra dengan Pemkab Lebak Banten

Oleh : Abraham Sihombing | Kamis, 19 Juli 2018 - 20:45 WIB

Sediakan Perumahan PNS, Bank BTN Bermitra dengan Pemkab Lebak Banten (Foto Abe)
Sediakan Perumahan PNS, Bank BTN Bermitra dengan Pemkab Lebak Banten (Foto Abe)

INDUSTRY.co.id - Lebak– PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN), atau Bank BTN, melakukan kemitraan dengan Korps Pegawai Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemkab) Lebak dan PT Bintang Energi Lestari untuk menyediakan rumah bagi hampir 10.000 Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemkab Lebak.

Itu dilakukan untuk menyukseskan Program Satu Juta Rumah yang sebelumnya dicanangkan oleh pemerintah. Melalui kemitraan itu, para PNS Pemkab Lebak dapat memiliki rumah murah dan terjangkau di kawasan kota baru yakni Maja di Kabupaten Lebak, Banten.

“Di samping untuk mendukung suksesnya Program Satu Juta Rumah, kemitraan ini dilaksanakan sebagai bentuk partisipasi perseroan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019,” ujar Budi Satria, Direktur Bank BTN, pada acara Penandatangan Nota Kesepahaman tentang Sinergi Penyediaan Jasa dan Layanan Perbankan serta Perumahan bagi Anggota Korps Pegawai Republik Indonesia pada Pemkab Lebak di Lebak, Banten, Kamis (19/07/2018).

Budi mengemukakan, kemitraan tersebut secara bertahap akan membangun hunian Perumahan Bintang Maja Lestari di atas lahan seluas 1.500 hektar di Maja yang masuk dalam rancangan pengembangan kota baru RPJMN.

“Untuk tahap pertama, sebanyak 2.000 unit rumah akan dibangun di atas lahan seluas 37 hektar. Rumah-rumah tersebut dapat dimiliki PNS Pemkab Lebak dengan skema KPR yang terjangkau baik secara subsidi maupun non-subsidi,” tutur Budi.

Dalam kesepakatan tersebut, demikian Budi, Bank BTN tidak hanya menyediakan KPR bagi PNS Pemkab Lebak, tapi juga memberikan kredit kontruksi untuk pembangunan kawasan perumahan tersebut.

Budi mengungkapkan, Bank BTN juga akan menyediakan produk dan layanan perbankan lainnya bagi Pemkab Lebak. Hal itu dilakukan untuk memberikan kemudahan bagi instansi ini dalam bertransaksi keuangan.

Menurut RPJMN 2015-2019, ada 10 kawasan perkotaan baru yang akan dibangun pemerintah. Di antaranya yakni Pontianak, Padang, Palembang, Tanjung Selor, Manado, Jayapura, Sorong, Makassar, Banjarbaru, dan Maja.

Kawasan Maja memiliki luas sekitar 15.000 hektar dan mampu menampung hingga 1,2 juta jiwa. Kawasan ini rencananya akan dilengkapi fasilitas umum seperti akses tol dan stasiun kereta dari dan menuju Jakarta.

Sementara itu, dalam rangka mendukung Program Satu Juta Rumah, Bank BTN telah menyalurkan kredit perumahan sebanyak 423.303 unit rumah pada semester pertama 2018. Penyaluran itu setara dengan 56,44% dari target Bank BTN untuk Program Satu Juta Rumah sebanyak 750.000 unit.

“Kami terus menggelar berbagai kemitraan dan inovasi untuk meningkatkan penyaluran kredit dalam rangka mendukung program nasional tersebut,” pungkas Budi.

Sepanjang Januari-Juni 2018, Bank BTN menyalurkan kredit dan pembiayaan senilai Rp189,62 triliun. Itu artinya mengalami pertumbuhan 19,17%  dibandingkan pada periode yang sama pada tahun sebelumnya sebesar Rp159,12 triliun. (Abraham Sihombing)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Jokowi Tinjau Kesiapan Kompleks Olahraga GBK

Selasa, 21 Agustus 2018 - 11:45 WIB

Berikut Ini Jadwal Pertandingan Asian Games di Jakarta

Perhelatan olahraga terbesar se-Asia atau Asian Games 2018 mulai memasuki hari ketiga. Indonesia sebagai tuan rumah kali ini membagi penyelenggaraan Asian Games 2018 di dua kota yaitu Jakarta…

Tulus Abadi, Ketua Pengurus Harian YLKI

Selasa, 21 Agustus 2018 - 11:21 WIB

Ini Maklumat Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia pada Hari Raya Idul Adha

Besok umat Islam akan merayakan Idul Adha. Puncak dari Hari Raya Idul Adha adalah penyembelihan hewan kurban. Ini adalah momen yang sangat baik bagi masyarakat (khususnya menengah bawah) untuk…

Foto Ilustrasi E-commerce

Selasa, 21 Agustus 2018 - 11:15 WIB

RPP Perdagangan e-Commerce Tinggal Tunggu Goresan Tinta Jokowi

Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang Transaksi Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (TPMSE) ataue-commercesaat ini tengah menunggu pengesahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Kementerian PUPR terapkan teknologi RISHA

Selasa, 21 Agustus 2018 - 10:50 WIB

Dirjen Cipta Karya: Rehabilitasi dan Rekonstruksi Tuntas Dalam Satu Hingga Dua Tahun

Teknologi Risha menggunakan sistem modular sehingga mudah dipasang dan lebih cepat penyelesaiannya dibandingkan konstruksi rumah konvensional.

PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) (Ist)

Selasa, 21 Agustus 2018 - 10:30 WIB

Anak Perusahaan RNI Luncurkan Program Kemitraan Tebu Desa Penyangga

Anak Perusahaan PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) yang bergerak dalam sektor agroindustri, PT PG Rajawali II meluncurkan Program Kemitraan Tebu Desa Penyangga dengan Pabrik Gula (PG)…