Sediakan Perumahan PNS, Bank BTN Bermitra dengan Pemkab Lebak Banten

Oleh : Abraham Sihombing | Kamis, 19 Juli 2018 - 20:45 WIB

Sediakan Perumahan PNS, Bank BTN Bermitra dengan Pemkab Lebak Banten (Foto Abe)
Sediakan Perumahan PNS, Bank BTN Bermitra dengan Pemkab Lebak Banten (Foto Abe)

INDUSTRY.co.id - Lebak– PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN), atau Bank BTN, melakukan kemitraan dengan Korps Pegawai Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemkab) Lebak dan PT Bintang Energi Lestari untuk menyediakan rumah bagi hampir 10.000 Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemkab Lebak.

Itu dilakukan untuk menyukseskan Program Satu Juta Rumah yang sebelumnya dicanangkan oleh pemerintah. Melalui kemitraan itu, para PNS Pemkab Lebak dapat memiliki rumah murah dan terjangkau di kawasan kota baru yakni Maja di Kabupaten Lebak, Banten.

“Di samping untuk mendukung suksesnya Program Satu Juta Rumah, kemitraan ini dilaksanakan sebagai bentuk partisipasi perseroan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019,” ujar Budi Satria, Direktur Bank BTN, pada acara Penandatangan Nota Kesepahaman tentang Sinergi Penyediaan Jasa dan Layanan Perbankan serta Perumahan bagi Anggota Korps Pegawai Republik Indonesia pada Pemkab Lebak di Lebak, Banten, Kamis (19/07/2018).

Budi mengemukakan, kemitraan tersebut secara bertahap akan membangun hunian Perumahan Bintang Maja Lestari di atas lahan seluas 1.500 hektar di Maja yang masuk dalam rancangan pengembangan kota baru RPJMN.

“Untuk tahap pertama, sebanyak 2.000 unit rumah akan dibangun di atas lahan seluas 37 hektar. Rumah-rumah tersebut dapat dimiliki PNS Pemkab Lebak dengan skema KPR yang terjangkau baik secara subsidi maupun non-subsidi,” tutur Budi.

Dalam kesepakatan tersebut, demikian Budi, Bank BTN tidak hanya menyediakan KPR bagi PNS Pemkab Lebak, tapi juga memberikan kredit kontruksi untuk pembangunan kawasan perumahan tersebut.

Budi mengungkapkan, Bank BTN juga akan menyediakan produk dan layanan perbankan lainnya bagi Pemkab Lebak. Hal itu dilakukan untuk memberikan kemudahan bagi instansi ini dalam bertransaksi keuangan.

Menurut RPJMN 2015-2019, ada 10 kawasan perkotaan baru yang akan dibangun pemerintah. Di antaranya yakni Pontianak, Padang, Palembang, Tanjung Selor, Manado, Jayapura, Sorong, Makassar, Banjarbaru, dan Maja.

Kawasan Maja memiliki luas sekitar 15.000 hektar dan mampu menampung hingga 1,2 juta jiwa. Kawasan ini rencananya akan dilengkapi fasilitas umum seperti akses tol dan stasiun kereta dari dan menuju Jakarta.

Sementara itu, dalam rangka mendukung Program Satu Juta Rumah, Bank BTN telah menyalurkan kredit perumahan sebanyak 423.303 unit rumah pada semester pertama 2018. Penyaluran itu setara dengan 56,44% dari target Bank BTN untuk Program Satu Juta Rumah sebanyak 750.000 unit.

“Kami terus menggelar berbagai kemitraan dan inovasi untuk meningkatkan penyaluran kredit dalam rangka mendukung program nasional tersebut,” pungkas Budi.

Sepanjang Januari-Juni 2018, Bank BTN menyalurkan kredit dan pembiayaan senilai Rp189,62 triliun. Itu artinya mengalami pertumbuhan 19,17%  dibandingkan pada periode yang sama pada tahun sebelumnya sebesar Rp159,12 triliun. (Abraham Sihombing)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sales Director Maxima Global Solusindo Anthony Hermansjah (kedua dari kanan) saat peluncuran 3 seri produk CCTV Uniview, Jakarta, Kamis (13/12/2018)

Kamis, 13 Desember 2018 - 22:51 WIB

Penuhi Kebutuhan Industri, Uniview Luncurkan 3 Seri Produk CCTV

Jakarta Bertempatan di The Pallas SCBD Jakarta, Maxima Global Solusindo sebagai National Distributor untuk merek ternama dan terdepan untuk perangkat kamera cctv (video surveillance) di pasar…

B Ramanathan (Ram)

Kamis, 13 Desember 2018 - 22:15 WIB

B Ramanathan Resmi Jadi Chief Executive Ogilvy di Indonesia

Ogilvy mengumumkan penunjukan B Ramanathan (Ram) sebagai Chief Executive di Indonesia, Ram memiliki posisi ganda yang sebelumnya sebagai CEO dari Bates CHI & Partners Indonesia.

Botany Restaurant Holiday Inn Jakarta Kemayoran

Kamis, 13 Desember 2018 - 21:20 WIB

Menanti Moment Pertama di 2019 Bertema Viva Las Vegas di Holiday Inn Jakarta Kemayoran

Holiday Inn Jakarta Kemayoran menghadirkan keseruan suasana bersantap dihangatnya malam Natal dengan jajaran menu makan malam tradisional.

Artis sekaligus calon anggota legislatif DPR RI dari Fraksi PAN, Mandala Abadi mengajukan eksepsi atau nota pembelaan atas dakwaan dugaan pelanggaran kampanye ke PN Jakpus, Rabu (12/12/2018)

Kamis, 13 Desember 2018 - 20:41 WIB

Didakwa Langgar UU Kampanye, Ini Penjelasan Mandala di Persidangan

Calon anggota legislatif DPR RI, Mandala Abadi Shoji menjalani pemeriksaan hari kedua di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, dalam perkara dugaan pelanggaran kampanye yang dilakukan bersama rekan…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Dok. Kemenperin)

Kamis, 13 Desember 2018 - 19:30 WIB

Punya Potensi Ekonomi Capai USD 150 Miliar, Menperin Minta Pelaku IKM Manfaatkan Industri Digital

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan industri digital memiliki potensi ekonomi sebesar USD 150 miliar, jika potensi ini bisa dimanfaatkan sscara maksimal oleh pelaku ekonomi.