Tusina Baraseger Siap Melaju ke Top 40 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Nasional

Oleh : Hariyanto | Senin, 09 Juli 2018 - 12:49 WIB

Tusina Baraseger
Tusina Baraseger

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Mineral dan Batubara (Puslitbang tekMIRA) kembali menorehkan prestasi tingkat nasional di Top 99 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) 2018 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (KemenPANRB).

Melalui inovasi bernama Tusina Baraseger, tekMIRA menjadi satu-satunya perwakilan Kementerian ESDM yang dipilih oleh Tim Penilai Independen ke ajang bergengsi Top 99 Inovasi KIPP.

Inovasi kreatif tepat guna Tusina Baraseger (Tungku Siklon Sederhana Batubara dan Sumber Energi Terbarukan) berupa sebuah tungku sederhana dengan teknologi pembakaran bersama batubara dan sumber energi terbarukan sebagai solusi hemat energi bagi Industri Kecil Menengah (IKM).

Menteri ESDM Ignasius Jonan mendukung keikutsertaan Tusina Baraseger dalam kompetisi inovasi publik ini dan mendorong supaya penggunaan teknologi Tusina Baraseger dapat lebih luas lagi. 

"Kami akan bekerja sama dengan industri-industri dan kegiatan usaha supaya bisa memanfaatkan teknologi Tusina Baraseger sehingga penemuan ini bukan hanya menjadi penemuan ilmiah, tetapi menjadi penemuan yang berguna bagi masyarakat", jelas Menteri ESDM.

Teknologi Tusina Baraseger mampu memberikan efisiensi energi sebesar 56-69%, sehingga sangat potensial digunakan industri kecil menengah. Selain menawarkan hemat biaya energi, tungku ini juga memberikan penghematan pada waktu operasional yang lebih singkat dan kapasitas produksi yang lebih banyak.

"Sebelumnya saya bisa mengeluarkan biaya sebanyak Rp 185.000 untuk membeli gas atau Rp 150.00 kalau menggunakan kayu bakar, itu untuk sehari. Kalau sekarang saya hanya memanfaatkan anggaran sekitar Rp. 30.000, itu untuk membeli batubara sebanyak 10 kg dan serbuk gergaji 3 karung", ungkap Ade, salah satu pemilik IKM budidaya jamur tiram yang sudah beralih menggunakan Tusina Baraseger. Sejak diperkenalkan dengan alat ini, kini Ade dapat menghemat pengeluaran hingga 4-5 kali lipat.

Produk unggulan litbang tersebut mulai masuk ke pasar nasional dan digawangi oleh para peneliti kelompok batubara tekMIRA. Saat ini mereka sedang mempersiapkan diri menghadapi tahap wawancara dan presentasi untuk bersaing dengan kontestan lainnya untuk mendapatkan tempat bergensi di Top 40 KIPP.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Empat Mahasiswa SIA UBSI Juarai Zahir Accounting Competition

Jumat, 18 Januari 2019 - 14:00 WIB

Berprestasi, Empat Mahasiswa SIA UBSI Juarai Zahir Accounting Competition

Empat mahasiswa SIA UBSI yaitu Martina Ayu Wigati, Sari Indriyani, Muhammad Yamin dan Siti Nuraeni Bariati berhasil menjadi Juara 1 Kategori Analisa Keuangan di Gunadarma All About Competition…

Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P. Roeslani saat menemui Presiden Komite Organisasi Luar Negeri Musiad Ibrahim Uyar (Foto: Kadin)

Jumat, 18 Januari 2019 - 13:55 WIB

Kunjungi Kadin, Musiad Jajaki Kerja Sama Bisnis

Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) siap menjalin kerja sama bisnis dan perdagangan dengan Mustakil Sanayici ve Isadamlari Dernegi (Musiad) atau Asosiasi Pebisnis dan Industri Independen…

Stephanie Tangkilisan (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 18 Januari 2019 - 11:59 WIB

Politik Identitas VS Hoaks Jelang Pemilu 2019

Pertanyaan-pertanyaan yang umumnya timbul adalah apakah isu politik identitas dan hoaks benar-benar akan menurunkan kualitas demokrasi Indonesia di Pemilu nanti?

MRT akan mulai proses uji coba operasi secara penuh mulai tanggal 26 Februari 2019.

Jumat, 18 Januari 2019 - 10:40 WIB

Mulai 26 Februari, Warga Jakarta Bisa Jajal MRT Jakarta Gratis

PT Moda raya terpadu (MRT) Jakarta segera beroperasi pada bulan Maret 2019 mendatang. Namun masyarakat sudah mulai bisa menjajal Ratangga, sebutan untuk kereta MRT, pada akhir Februari mendatang.

Direksi PT Nusantara Properti International Tbk (NATO) berpose bersama I Gede Nyoman Yetna, Direktur Penilaian PT Bursa Efek Indonesia (BEI) usai Perdagangan Perdana saham di Gedung BEI Jakarta.

Jumat, 18 Januari 2019 - 10:28 WIB

Perdagangan Perdana di Bursa Efek Indonesia, Harga NATO Melesat 69,9%

Harga saham PT Nusantara Properti International Tbk (NATO) langsung melesat 69,9% ke posisi Rp175 per unit pada perdagangan perdana di lantai Bursa Efek Indonesia (BEI), Jumat (18/01/2019) dibandingkan…