Tusina Baraseger Siap Melaju ke Top 40 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Nasional

Oleh : Hariyanto | Senin, 09 Juli 2018 - 12:49 WIB

Tusina Baraseger
Tusina Baraseger

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Mineral dan Batubara (Puslitbang tekMIRA) kembali menorehkan prestasi tingkat nasional di Top 99 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) 2018 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (KemenPANRB).

Melalui inovasi bernama Tusina Baraseger, tekMIRA menjadi satu-satunya perwakilan Kementerian ESDM yang dipilih oleh Tim Penilai Independen ke ajang bergengsi Top 99 Inovasi KIPP.

Inovasi kreatif tepat guna Tusina Baraseger (Tungku Siklon Sederhana Batubara dan Sumber Energi Terbarukan) berupa sebuah tungku sederhana dengan teknologi pembakaran bersama batubara dan sumber energi terbarukan sebagai solusi hemat energi bagi Industri Kecil Menengah (IKM).

Menteri ESDM Ignasius Jonan mendukung keikutsertaan Tusina Baraseger dalam kompetisi inovasi publik ini dan mendorong supaya penggunaan teknologi Tusina Baraseger dapat lebih luas lagi. 

"Kami akan bekerja sama dengan industri-industri dan kegiatan usaha supaya bisa memanfaatkan teknologi Tusina Baraseger sehingga penemuan ini bukan hanya menjadi penemuan ilmiah, tetapi menjadi penemuan yang berguna bagi masyarakat", jelas Menteri ESDM.

Teknologi Tusina Baraseger mampu memberikan efisiensi energi sebesar 56-69%, sehingga sangat potensial digunakan industri kecil menengah. Selain menawarkan hemat biaya energi, tungku ini juga memberikan penghematan pada waktu operasional yang lebih singkat dan kapasitas produksi yang lebih banyak.

"Sebelumnya saya bisa mengeluarkan biaya sebanyak Rp 185.000 untuk membeli gas atau Rp 150.00 kalau menggunakan kayu bakar, itu untuk sehari. Kalau sekarang saya hanya memanfaatkan anggaran sekitar Rp. 30.000, itu untuk membeli batubara sebanyak 10 kg dan serbuk gergaji 3 karung", ungkap Ade, salah satu pemilik IKM budidaya jamur tiram yang sudah beralih menggunakan Tusina Baraseger. Sejak diperkenalkan dengan alat ini, kini Ade dapat menghemat pengeluaran hingga 4-5 kali lipat.

Produk unggulan litbang tersebut mulai masuk ke pasar nasional dan digawangi oleh para peneliti kelompok batubara tekMIRA. Saat ini mereka sedang mempersiapkan diri menghadapi tahap wawancara dan presentasi untuk bersaing dengan kontestan lainnya untuk mendapatkan tempat bergensi di Top 40 KIPP.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mentan Amran

Sabtu, 22 September 2018 - 14:46 WIB

Mentan Optimistis Indonesia Bisa Miliki Balai Pelatihan Terbaik di Dunia

INDUSTRY.co.id -

Lembang - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman melakukan kunjungan kerja ke Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang, pada Kamis (21/9) kemarin.…

Mentan Andi Amran Sulaiman, Menteri BUUMN Rini Soemarno, Menteri Desa PDT (Foto Humas)

Sabtu, 22 September 2018 - 14:37 WIB

Jaga Baik Produksi Pertanian, Kinerja Mentan Amran Diminta Jangan Diganggu

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman dinilai telah menunjukkan kerja maksimal dalam menjaga stok ketersediaan pangan. Produksi di sektor…

Kepala (BPPSDMP) Kementan Momon Rusmono

Sabtu, 22 September 2018 - 14:32 WIB

Kementan Tegaskan Komitmen Sejahterakan Petani di Rembug Utama Kelompok KTNA

INDUSTRY.co.id -

Pangkal Pinang - Kementerian Pertanian menegaskan komitmennya untuk mendorong produktivitas pangan nasional untuk meningkatkan kesejahteraan petani.…

Kementan Pulihkan Korban Gempa Lombok

Sabtu, 22 September 2018 - 14:23 WIB

Ini Upaya Kementan Bantu Pulihkan Ekonomi Pasca Gempa NTB

INDUSTRY.co.id -

Lombok-NTB - Sejak dinyatakan status bencana gempa bumi di Lombok Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) sampai saat ini, Kementerian Pertanian terus membantu…

Teguh Santosa (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 22 September 2018 - 13:43 WIB

Akankah Teguh Santosa Lanjutkan Tongkat Estafet Margiono Sebagai Ketua PWI?

Kongres XXIV PWI sudah di ambang pintu. Siapakah kelak Ketua Umum PWI Periode 2018 - 2023, melanjutkan tongkat estafet Margiono, yang telah dua periode \ memimpin organisasi wartawan terbesar…