Mendikbud: Gala Siswa Cari Bibit Unggul Pemain Bola

Oleh : Herry Barus | Minggu, 08 April 2018 - 11:16 WIB

Turnamen Sepak Bola Gala Siswa
Turnamen Sepak Bola Gala Siswa

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan Turnamen Sepak Bola tingkat Sekolah Menengah Pertama atau Gala Siswa bertujuan untuk mencari bibit unggul pemain bola.

"Melalui kompetisi ini, kita bisa mencari bibit unggul pemain bola yang dideteksi dari SMP sehingga pembinaannya lebih intensif dan nanti ketika masuk ke tingkat sekolah menengah atas (SMA), anak-anak sudah bisa terdeteksi bahwa mereka punya kemampuan istimewa di bidang sepak bola," ujar Muhadjir di Jakarta, Sabtu (7/4/2018)

Kompetisi sepak bola tersebut dilakukan secara berjenjang mulai dari tingkat kecamatan, kabupaten/kota, provinsi dan kemudian naik ke tingkat nasional.

"Nanti ketika ada rekrutmen pemain-pemain profesional maka kita sudah punya list siapa-siapa yang punya bakat sangat spesial di bidang sepakbola itu," tambah Mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang itu.

Ke depan, lanjut dia, industri sepak bola cepat atau lambat akan mewarnai kemajuan Indonesia ke depan. Hal itu karena sepak bola merupakan olah raga paling klasik dan paling modern.

"Saya kira sampai sekarang tidak ada satu pun olahraga yang terindustrialisasi secanggih sepak bola," katanya.

Mendikbud menjelaskan melalui sepak bola pula, pendidikan karakter dapat ditanamkan. Sepak bola menjadi media yang paling komplit untuk pembentukan karakter siswa karena di situ ada talenta, ketrampilan, sportivitas, kerja sama dengan tim, menghargai lawan dan teman, adu taktik, bisa memadukan antara otot dengan otak dalam waktu yang bersamaan dengan keduanya sama-sama membutuhkan konsentrasi penuh.

"Biar otaknya bagus, cerdas, taktiknya bagus, tapi kalau talentanya rendah dia juga tidak akan bagus. Sebaliknya, juga biar talentanya bagus tapi tidak memiliki otak yang baik, bisa meramu taktik strategi juga tidak akan berhasil. Jadi sepak bola ini media yang paling sempurna untuk pendidikan karakter," papar dia.

Turnamen sepak bola tersebut digelar bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

Kemdikbud, KONI dan PSSI menargetkan setidak-tidaknya ada 50 persen dari 350.000 siswa SMP di Indonesia bisa berpartisipasi di Gala Siswa tersebut. Selain Gala Siswa, kerja sama ketiga lembaga tersebut juga akan diwujudkan dalam pemberian kursus Lisensi D Nasional bagi para guru olahraga.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

1.500 Peserta Antusias Ikuti BCA Super League Triathlon 2019 (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 23 Maret 2019 - 21:00 WIB

1.500 Peserta Antusias Ikuti BCA Super League Triathlon 2019

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mendukung penuh gelaran Super League Triathlon 2019, ajang unjuk kebugaran melalui olahraga multicabang yang digelar di Pulau Dewata, Bali, pada 23 – 24 Maret…

Presiden Jokowi disaksikan sejumlah pembalap mencoba salah satu motor balap, di halaman Istana Kepresidenan Bogor, Jabar, Senin (11/3) sore. (Foto: Agung/Humas)

Sabtu, 23 Maret 2019 - 20:00 WIB

Jelang GP 2021, Presiden Jokowi Tingkatkan Pembangunan Jalan-Runway Bandara

Balapan MotoGP akan diselenggarakan di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 2021. Jelang ajang kejuaraan dunia balap motor itu, Presiden Joko Widodo mengatakan ada tiga…

Askrindo Peduli

Sabtu, 23 Maret 2019 - 19:22 WIB

Askrindo Peduli Lingkungan Bersama Kelurahan Kwitang

JAKARTA - Dalam rangka memperingati HUT BUMN Bersama, dan HUT PT Askrindo (Persero) yang ke-48 dilaksanakan kegiatan peduli lingkungan bersama di wilayah Kelurahan Kwitang.

kiri-Kanan) Ketua Forwarker–PWKI Edi Hardum, Direktur Pelayanan Advokasi untuk Keadilan dan Perdamaian Indonesia(Padma) Indonesia Gabriel Goa dan Pengamat Ketenagakerjaan dan Jaminan Sosial, Timboel Siregar.

Sabtu, 23 Maret 2019 - 18:32 WIB

Kartu Prakerja, Jurus Jokowi Selamatkan Pengangguran

Ciloto- Program calon Presiden petahana Joko Widodo (Jokowi) mengenai kartu prakerja yang akan diluncurkan jika terpilih kembali menjadi Presiden di pemilihan Presiden 17 April 2019, patut didukung…

IKIMURA GROUP (Industry/foto: Herlambang)

Sabtu, 23 Maret 2019 - 18:20 WIB

Gemilang di Tahun Lalu, PT Ikimura Group Bidik Pertumbuhan Bisnis Hingga 30 Persen di Tahun 2019

Imbas meningkatnya permintaan akan produk komponen otomotif juga dirasakan oleh salah satu perusahaan anak bangsa, PT Ikimura Group yang saat ini mendistribusikan dan memproduksi mettal cutting…