Begini Loh Caranya Agar Ayam Bakar Matang dengan Sempurna

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 16 Desember 2017 - 12:25 WIB

Ayam Bakar (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)
Ayam Bakar (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Siapa yang tidak suka memakan ayam bakar? pasti para pecinta kuliner Indonesia sangat menyukai hidangan ini. Tapi, apakah Anda tahu bahwa untuk memasak ayam bakar memerlukan tata cara agar ayamnya matang secara keseluruhan?

Ditemui di kawasan Menteng, Jakarta, Jumat (15/12/2017) dalam acara "Terima Kasih Ibu Sajian Spesial dari Kecap ABC" menurut Chef William Gozali ada berikut beberapa tips agar mengetahui ayam bakar mempunyai tingkat kematangan yang sempurna.

"Ada dua cara, yang pertama cara yang paling bodoh adalah dengan menggunakan pisau, Kita potong. Lalu dicek, apakah daging yang kita potong masih juicenya atau enggak," katanya kepada Industry.co.id.

Lalu, Ia menambahkan tips yang kedua dengan cara merusak tekstur ayam itu.

"Caranya yang kedua, kita colok dengan termometer daging. Lalu. kalau suhunya sudah mencapai 68 derajat celcous, berarti sudah matang. Tetapi, kalau masih kurang dari 68 derajat celcius, berarti belum matang," lanjutnya.

Selain itu, William juga menjelaskan, untuk memasak ayam dengan tingkat kematangan yang sempurna juga tergantung jenis ayam dan berapa lama ayam tersebut dimasak.

"Kalau saya masak daging paha ayam,  nggak pernah ngitung. Kalau masak daging paha sampai lama ngga cepet kering karena mengandung lemak di dalamnya. Beda dengan daging dada, bisa sampai 30 menit hingga 45 menit masaknya. Dan, kalau dada akan lebih cepat kering ketika dimasak lama," pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

 Founder KAHMIPreneur Kamrussamad Raih Sertifikasi International ASEAN Engineering (Foto Amz)

Jumat, 16 November 2018 - 15:03 WIB

Founder KAHMIPreneur Kamrussamad Raih Sertifikasi International ASEAN Engineering

Sertifikasi International ASEAN Engineering diberikan pada ajang bergengsi Conference of The ASEAN Federation of Engineering Organizations (CAFEO) ke-36 yang telah berlangsung sejak tanggal…

Tokocrypto Tawarkan Keunggulan Ekosistem Blockchain yang Terintegrasi (Foto Kormen)

Jumat, 16 November 2018 - 13:27 WIB

Tokocrypto Gandeng Infonesia Sebagai Sarana Edukasi Publik Terkait Blockchain dan Aset Kripto

Salah satu platform jual beli aset kripto, Tokocrypto menggandeng aplikasi sosial media baru produk anak bangsa, Infonesia, sebagai salah satu saluran resmi untuk mengedukasi publik.

Tiga artis senior, Ratna Riantiarno, Ninikl Karim dan Widyawati beradu akting dalam film "Mama Mama Jagoan" (Foto Amz)

Jumat, 16 November 2018 - 12:00 WIB

Tiga Aktris Wanita Senior Masuk Penjara di Film 'Mama-Mama Jagoan'

Sungguh suatu keberanian luar biasa dari produser film pendatang baru Buddy-buddy Pictures ketika meluncurkan film terbaru bergene komedi berjudul Mama-mama Jagoan. Film yang digarap oleh sutradara…

Monumen Kapsul Waktu

Jumat, 16 November 2018 - 12:00 WIB

Hari ini Presiden Jokowi Dijadwalkan Resmikan Monumen Kapsul Waktu di Merauke

Monumen Kapsul Waktu di Merauke, Papua, yang menyimpan Impian Indonesia 2015-2085, telah rampung dibangun. Rencananya, Presiden Joko Widodo akan meresmikan monumen seluas 2,5 ha tersebut pada…

Dirut BRI Suprajarto Dinobatkan Sebagai Tokoh Profesional Terbaik (Rizki Meirino)

Jumat, 16 November 2018 - 11:53 WIB

Dirut BRI Suprajarto Dinobatkan Sebagai Tokoh Profesional Terbaik

Direktur Utama Bank Rakyat Indonesia (BRI) Suprajarto dinobatkan sebagai sebagai Tokoh Profesional terbaik dalam acara Indonesia Awards 2018 yang digelar di Jakarta, Kamis (15/11). Sosok Suprajarto…