Begini Loh Caranya Agar Ayam Bakar Matang dengan Sempurna

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 16 Desember 2017 - 12:25 WIB

Ayam Bakar (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)
Ayam Bakar (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Siapa yang tidak suka memakan ayam bakar? pasti para pecinta kuliner Indonesia sangat menyukai hidangan ini. Tapi, apakah Anda tahu bahwa untuk memasak ayam bakar memerlukan tata cara agar ayamnya matang secara keseluruhan?

Ditemui di kawasan Menteng, Jakarta, Jumat (15/12/2017) dalam acara "Terima Kasih Ibu Sajian Spesial dari Kecap ABC" menurut Chef William Gozali ada berikut beberapa tips agar mengetahui ayam bakar mempunyai tingkat kematangan yang sempurna.

"Ada dua cara, yang pertama cara yang paling bodoh adalah dengan menggunakan pisau, Kita potong. Lalu dicek, apakah daging yang kita potong masih juicenya atau enggak," katanya kepada Industry.co.id.

Lalu, Ia menambahkan tips yang kedua dengan cara merusak tekstur ayam itu.

"Caranya yang kedua, kita colok dengan termometer daging. Lalu. kalau suhunya sudah mencapai 68 derajat celcous, berarti sudah matang. Tetapi, kalau masih kurang dari 68 derajat celcius, berarti belum matang," lanjutnya.

Selain itu, William juga menjelaskan, untuk memasak ayam dengan tingkat kematangan yang sempurna juga tergantung jenis ayam dan berapa lama ayam tersebut dimasak.

"Kalau saya masak daging paha ayam,  nggak pernah ngitung. Kalau masak daging paha sampai lama ngga cepet kering karena mengandung lemak di dalamnya. Beda dengan daging dada, bisa sampai 30 menit hingga 45 menit masaknya. Dan, kalau dada akan lebih cepat kering ketika dimasak lama," pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tersangka Korupsi (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 25 September 2018 - 12:55 WIB

Hingga September Kejaksaan Berhasil Amankan 170 Buronan

Kejaksaan melalui Program Tangkap Buronan (Tabur) 31.1 sejak awal Januari 2018 sampai sekarang telah menangkap sebanyak 170 buronan.

Wapres JK di PBB (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 25 September 2018 - 12:47 WIB

Wapres JK Dorong Kerja Sama Tanggulangi Perang Dagang

Wakil President M Jusuf Kalla mengampaikan perlu meningkatkan kerja sama antarnegara untuk menanggulangi dampak negatif perang dagang Amerika Serikat dan China yang terus berlanjut.

Maskapai Garuda Indonesia

Selasa, 25 September 2018 - 12:00 WIB

Garuda Indonesia Siapkan 10 Penerbangan Tambahan Selama Pertemuan IMF-WB

Maskapai Garuda Indonesia menyiapkan 10 penerbangan tambahan selama penyelenggaraan Pertemuan Tahunan Dana Moneter Internasional dan Bank Dunia (IMF-WB) di Bali pada 12-14 Oktober 2018.

Smartphone Realme

Selasa, 25 September 2018 - 11:53 WIB

Catat Tanggalnya, Smartphone Dengan Layar Notch Pertama Realme 2 Akan Segera Diluncurkan

Setelah secara resmi mengumumkan kehadirannya di pasar Indonesia, Realme akan segera menggelar konferensi pers di Indonesia dan Asia Tenggara untuk pertama kalinya pada tanggal 9 Oktober…

Dirjen IKTA Kemenperin Achmad Sigit Dwiwahjono bersama Direktur Pelumas PT Shell Indonesia Dian Andyasuri saat mengunjungi Pabrik Pabrik Pelumas Shell Indonesia di Marunda, Bekasi (Foto: Dok. Industry.co.id)

Selasa, 25 September 2018 - 11:49 WIB

Importir Keberatan Aturan Wajib SNI Pelumas

Baru-baru ini Kementerian merilis aturan standar nasional Indonesia (SNI) wajib untuk pelumas, melalui peraturan Menteri Perindustrian Nomor 25 tentang pemberlakuan SNI Pelumas secara wajib.…