Begini Loh Caranya Agar Ayam Bakar Matang dengan Sempurna

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 16 Desember 2017 - 12:25 WIB

Ayam Bakar (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)
Ayam Bakar (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Siapa yang tidak suka memakan ayam bakar? pasti para pecinta kuliner Indonesia sangat menyukai hidangan ini. Tapi, apakah Anda tahu bahwa untuk memasak ayam bakar memerlukan tata cara agar ayamnya matang secara keseluruhan?

Ditemui di kawasan Menteng, Jakarta, Jumat (15/12/2017) dalam acara "Terima Kasih Ibu Sajian Spesial dari Kecap ABC" menurut Chef William Gozali ada berikut beberapa tips agar mengetahui ayam bakar mempunyai tingkat kematangan yang sempurna.

"Ada dua cara, yang pertama cara yang paling bodoh adalah dengan menggunakan pisau, Kita potong. Lalu dicek, apakah daging yang kita potong masih juicenya atau enggak," katanya kepada Industry.co.id.

Lalu, Ia menambahkan tips yang kedua dengan cara merusak tekstur ayam itu.

"Caranya yang kedua, kita colok dengan termometer daging. Lalu. kalau suhunya sudah mencapai 68 derajat celcous, berarti sudah matang. Tetapi, kalau masih kurang dari 68 derajat celcius, berarti belum matang," lanjutnya.

Selain itu, William juga menjelaskan, untuk memasak ayam dengan tingkat kematangan yang sempurna juga tergantung jenis ayam dan berapa lama ayam tersebut dimasak.

"Kalau saya masak daging paha ayam,  nggak pernah ngitung. Kalau masak daging paha sampai lama ngga cepet kering karena mengandung lemak di dalamnya. Beda dengan daging dada, bisa sampai 30 menit hingga 45 menit masaknya. Dan, kalau dada akan lebih cepat kering ketika dimasak lama," pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Country DirectorSCG, Anusorn Potchanabanpot (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Kamis, 17 Januari 2019 - 10:30 WIB

Tahun 2019, SCG Fokus Perkuat Bisnis Ritel dan Kembangkan Lini Digital

Produsen semen asal Thailand, Siam Cement Group (SCG) terus memperkuat bisnisnya dibidang ritel setelah mengakuisisi PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (CSAP). Saat ini, SCG telah memiliki sebesar…

Konferensi pers acara Busworld South East Asia 2019 yang bakal digelar di JIExpo pada 20-22 Maret 2019

Kamis, 17 Januari 2019 - 10:23 WIB

Busworld South East Asia 2019 Siap Menyapa Pecinta Otomotif Indonesia

Bagi Anda pecinta dunia otomotif khususnya pebisnis transportasi karoseri segera hadir pameran otomotif bus, yaitu Busworld South East Asia 2019 yang bakal digelar di JIExpo pada 20-22 Maret…

Menko Luhut Binsar Pandjaitan (doK KemenkoMaritim)

Kamis, 17 Januari 2019 - 10:00 WIB

Menko Luhut Pandjaitan Dukung Pembangunan Sektor Pariwisata Batam

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mendukung rencana percepatan pembangunan sektor pariwisata dan industri di Bintan, Kepulauan Riau dan menilai pulau tersebut bisa…

Dok Kementerian PUPR

Kamis, 17 Januari 2019 - 09:58 WIB

17.500 Rumah MBR di Kota Padang Rasakan Manfaat Program Hibah Air Minum Kementerian PUPR

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Pemerintah Daerah dan pemangku kepentingan lainnya terus berupaya meningkatkan cakupan pelayanan air bersih di Indonesia.

 Sutopo Purwo Nugroho, Humas BNPB

Kamis, 17 Januari 2019 - 09:00 WIB

Industri Pariwisata Rentan Terganggu Bencana

Kepala Pusat Data, Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan industri pariwisata sangat rentan terganggu oleh bencana apabila…