Tanam Tembakau Diluar Musim, Disperta Bojonegoro: Itu Spekulasi Petani

Oleh : Hariyanto | Kamis, 07 Desember 2017 - 10:50 WIB

Petani Tembakau (ist)
Petani Tembakau (ist)

INDUSTRY co.id -Bojonegoro - Dinas Pertanian (Disperta) Kabupaten Bojonegoro tidak bertanggung jawab atas kegagalan panen tembakau bagi para petani yang melakukan spekulasi tanam diluar musim yang sudah ditentukan.

"Kalau masih ada yang menanam saat musim hujan itu merupakan spekulasi petani," ujar Kabid Tanaman Perkebunan, Disperta Bojonegoro, Imam Wahyudi, Rabu (6/12/2017).

Menurutnya, petani tembakau masih menanam pada Agustus 2017 diharapkan bisa panen setelah waktu walikan padi (panen kedua). Namun karena musim hujan sehingga tembakau tidak bisa tumbuh secara maksimal.

"Sebelumnya sudah melakukan sosialisasi untuk tanam tembakau pada Mei - Juni. Dengan asumsi September sudah panen," jelasnya.

Sehingga,  jika masih ada petani tembakau yang tanam di bulan Agustus, Disperta tidak bertanggung jawab atas kegagalan panen. "Setelah September sudah masuk waktu hujan, padahal tembakau rawan terkena hujan," terangnya.

Akibatnya, banyak petani yang membiarkan daun tanaman yang digunakan sebagai bahan kretek tersebut hingga kering. Petani memilih tidak memanennya karena biaya memanen dan hasil yang diperoleh tidak sebanding. 

"Kawasan Kepohbaru yang masih tanam. Namun itu diluar pantauan Dinas Pertanian," pungkasnya. (bj)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF (Foto Istimewa)

Sabtu, 26 Mei 2018 - 14:45 WIB

Lewat Tiga Brand-nya, Indofood Jadi Official Partner Ajang Asian Games 2018

Sebagai salah satu perusahaan pangan nasional di Indonesia, PT Indofood Sukses Makmur Tbk, melalui tiga brand-nya yaitu Indomie, Pop Mie, dan Indomilk, menyatakan dukungannya sebagai official…

Sambal Lokan, Bengkulu (Ist)

Sabtu, 26 Mei 2018 - 14:00 WIB

Sambal Lokan, Rendangnya Masyarakat Bengkulu Saat Ramadan

Tak hanya kaya akan keindahan alamnya, Bengkulu juga memilki beragam kuliner yang lezat dan melegenda. Seperti Sambal Lokan yang menjadi salah satu kuliner yang diburu para warga untuk santapan…

Apple Inc dipastikan bakal tanam investasi langsung di Indonesia. Perusahaan teknologi informasi (TI) raksasa asal Amerika Serikat itu tengah membuka pusat inovasi yang akan bertempat di kawasan Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang.

Sabtu, 26 Mei 2018 - 13:31 WIB

Pengunjung Merosot, Toko Apple Tutup di Amerika Serikat

Kabar nelangsa industri ritel datang silih berganti. Bukan hanya toko pakaian, makanan, dan furnitur, bahkan pebisnis teknologi wahid pun mesti melepas aset propertinya. Kali ini, giliran raksasa…

Standard Chartered Bank memperpanjang kerjasama dengan Liverpool Football Club

Sabtu, 26 Mei 2018 - 13:30 WIB

Standard Chartered Bank Perpanjang Kerjasama dengan Liverpool Football Club

Standard Chartered Bank telah mengumumkan perpanjangan kontrak kerjasama sebagai sponsor utama Liverpool Football Club (LFC) hingga empat tahun kedepan, atau hingga akhir musim 2022/23.

Pekan Raya Jakarta 2018. (Foto: Colours.id)

Sabtu, 26 Mei 2018 - 13:25 WIB

Semangat Jakarta Fair Bangun Ekonomi Nasional

Perhelatan akbar Jakarta Fair Kemayoran 2018 resmi bergulir pada Rabu (23/5) lalu. Adapun Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, meresmikannya secara langsung dalam acara Opening Ceremony yang…