Tanam Tembakau Diluar Musim, Disperta Bojonegoro: Itu Spekulasi Petani

Oleh : Hariyanto | Kamis, 07 Desember 2017 - 10:50 WIB

Petani Tembakau (ist)
Petani Tembakau (ist)

INDUSTRY co.id -Bojonegoro - Dinas Pertanian (Disperta) Kabupaten Bojonegoro tidak bertanggung jawab atas kegagalan panen tembakau bagi para petani yang melakukan spekulasi tanam diluar musim yang sudah ditentukan.

"Kalau masih ada yang menanam saat musim hujan itu merupakan spekulasi petani," ujar Kabid Tanaman Perkebunan, Disperta Bojonegoro, Imam Wahyudi, Rabu (6/12/2017).

Menurutnya, petani tembakau masih menanam pada Agustus 2017 diharapkan bisa panen setelah waktu walikan padi (panen kedua). Namun karena musim hujan sehingga tembakau tidak bisa tumbuh secara maksimal.

"Sebelumnya sudah melakukan sosialisasi untuk tanam tembakau pada Mei - Juni. Dengan asumsi September sudah panen," jelasnya.

Sehingga,  jika masih ada petani tembakau yang tanam di bulan Agustus, Disperta tidak bertanggung jawab atas kegagalan panen. "Setelah September sudah masuk waktu hujan, padahal tembakau rawan terkena hujan," terangnya.

Akibatnya, banyak petani yang membiarkan daun tanaman yang digunakan sebagai bahan kretek tersebut hingga kering. Petani memilih tidak memanennya karena biaya memanen dan hasil yang diperoleh tidak sebanding. 

"Kawasan Kepohbaru yang masih tanam. Namun itu diluar pantauan Dinas Pertanian," pungkasnya. (bj)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Aktris Lee Se Young dalam drama Hwayugi. (Dok Allkpop)

Sabtu, 24 Februari 2018 - 20:15 WIB

Ingin Tampil Sempurna di "Hwayugi", Lee Se Young Sering Ikut Diskusi Bareng Sutradara

Aktris cantik asal Korea Selatan, Lee Se Young memang tengah disibukkan membintangi drama Korea "Hwayugi". Didalam drama ini, Lee Se Young dari awal sudah diminta untuk memerankan dua karakter…

Press Confrence Malam Juara GO-FOOD pada Jumat (23/2). (Foto: Dina Astria/Industry.co.id)

Sabtu, 24 Februari 2018 - 19:50 WIB

Apresiasi UMKM Kuliner, GO-JEK Adakan Malam Juara GO-FOOD Untuk Seluruh Merchant

GO-JEK, penyedia layanan on-demand berbasis aplikasi kembali menegaskan komitmennya dalam membantu pengusaha mikro, termasuk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dalam layanan GO-FOOD. GO-JEK…

Oprah Winfrey berpidato saat di acara Golden Globe 2018. (Dok FOX)

Sabtu, 24 Februari 2018 - 19:30 WIB

Kunjungan Oprah Winfrey Buat Marah Donald Trump

Beberapa waktu lalu pada acara penghargaan Golden Globe 2018, pidato Oprah Winrey menarik banyak perhatian publik di Amerika Serikat, termasuk Presiden Amerika Serikat yang saat ini menjabat,…

Wakil Ketua BAZNAS, Dr. Zainulbahar Noor, SE, M.Ec, melakukan tendangan pertama (kick off) menandai dimulainya pertandingan turnamen futsal bersama lembaga amil zakat (LAZ) nasional, di Grand Futsal Kuningan, Jakarta, Sabtu (24/2/2018). (Foto:Ist)

Sabtu, 24 Februari 2018 - 18:53 WIB

BAZNAS dan BNIS Gelar Turnamen Futsal Bersama LAZ

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dan BNI Syariah (BNIS) menggelar turnamen futsal bersama lembaga amil zakat (LAZ) nasional.

Boyband Korea Selatan, Infinite. (Dok Soompi)

Sabtu, 24 Februari 2018 - 18:15 WIB

Boyband VIXX dan Infinite Susul BTS Masuk Nominasi Spanyol Music Awards 2018

Boyband Bangtan Boys atau BTS belum lama ini dikabarkan menjadi artis K-Pop pertama yang masuk nominasi di Spanyol Music Awards 2018. Ternyata, tak hanya boyband BTS saja yang masuk nominasi…