Iklim Investasi Membaik, Bertambah Investor Tanamkan Modal di Indonesia

Oleh : Hariyanto | Selasa, 14 November 2017 - 20:00 WIB

Menperin: Generasi Muda Harus Tangkap Peluang Usaha Ekonomi Digital
Menperin: Generasi Muda Harus Tangkap Peluang Usaha Ekonomi Digital

INDUSTRY.co.id - Kulon Progo- Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengaku optimistis banyak investor akan menanamkan modalnya di Indonesia seiring semakin kondusifnya iklim investasi dan fasilitas infastruktur yang mendukung.

Menperin di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Selasa (14/11/2017) mengatakan pada Pertemuan Kepala Negara dan Kepala Pemerintan "The Asia-Pacific Economic Cooperation" (APEC) dan ASEAN memuji iklim investasi yang kondusif.

"Berdasarkan testimoni dari Jepang, sekitar 60 persen usaha di Indonesia menguntungkan. Hal ini menjadi daya tarik masuknya investasi ke Indonesia," katanya.

Ia mengatakan perkembangan industri padat karya di Indonesia juga tumbuh bagus, seperti perusahaan tekstil yang dipusatkan di Boyolali, Jepara dan Semarang (Jawa Tengah). Selain itu, perusahan sepatu dan pakaian olahraga, Indonesia menempati posisi nomor enam di dunia.

"Struktur usaha di Indonesia juga lebih bagus dibandingkan Vietnam," katanya.

Airlangga mengakui kenaikan upah minimum provinsi (UMP) dan upah minimum kabupaten (UMK) mempengaruhi masuknya investasi di Indonesia. Kemudian, investor yang telah menanamkan modalnya, tentu telah melakukan efisiensi.

"Tentu berpengaruh, tentu efisiensi berjalan terus menerus," katanya.

Terkait pengembangan kawasan industri Sentolo di Kulon Progo, menurutnya akan berjalan cepat dan sinergis dengan adanya pembangunan bandara New Yogyakarta International Airport.

"Infrastruktur dan trasportasi barang merupakan paling utama dalam pengembangan kawasan industri. Lokasi industri di sini sudah bagus, supaya hasil industri dapat dengan mudah didistribusikan ke seluruh Indonesia dengan biaya murah," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Danau Toba (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 24 Februari 2020 - 12:00 WIB

11 Agenda Evant Promosikan Keindahan Danau Toba

Sebagai sentral di kawasan Destinasi Super Priotas Danau Toba, Kabupaten Samosir menjadi tuan rumah bagi event spektakuler bertajuk Samosir Music International (SMI) untuk mempromosikan Danau…

Pembangkit Listrik

Senin, 24 Februari 2020 - 11:45 WIB

Erick Thohir Minta Sektor Industri Tidak Bangun Pembangkit Listrik Sendiri

Pemerintah melalui Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) meminta agar sektor industri tidak membangun pembangkit listrik sendiri dan harus disinkronisasikan dengan rencana penyediaan listrik…

Muffest (Foto Herlambang)

Senin, 24 Februari 2020 - 11:10 WIB

Gelaran MUFFEST 2020 Bukukan Nilai Transaksi Capai Rp43 Miliar

Gelaran Muslim Fashion Festival (MUFFEST) 2020 memecahkan rekor. Selama pelaksanaan, jumlah pengunjung mencapai 54.671 orang dengan nilai traksaksi mencapai Rp43,7 miliar ditopang oleh transaksi…

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat melepas ekspor bus karoseri Laksana ke Bangladesh

Senin, 24 Februari 2020 - 10:45 WIB

Ganjar Pranowo Lepas Ekspor Bus Karya Anak Bangsa ke Bangladesh

Karya anak bangsa kini makin moncer di dunia internasional. Kali ini, 10 bus double decker bikinan karoseri Laksana dari Semarang, Jawa Tengah, dikirim ke Bangladesh.

Bank DKI (Foto Ist)

Senin, 24 Februari 2020 - 10:26 WIB

Menanti IPO Bank DKI Bidik 10-20 Persen Pendanaan

Bank DKI secara performance cukup baik, lihat saja aset mencapai Rp50,2 triliun per September 2019. Niatan Initial Public Offering (IPO) akan terlaksana juga.