Iklim Investasi Membaik, Bertambah Investor Tanamkan Modal di Indonesia

Oleh : Hariyanto | Selasa, 14 November 2017 - 20:00 WIB

Menperin: Generasi Muda Harus Tangkap Peluang Usaha Ekonomi Digital
Menperin: Generasi Muda Harus Tangkap Peluang Usaha Ekonomi Digital

INDUSTRY.co.id - Kulon Progo- Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengaku optimistis banyak investor akan menanamkan modalnya di Indonesia seiring semakin kondusifnya iklim investasi dan fasilitas infastruktur yang mendukung.

Menperin di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Selasa (14/11/2017) mengatakan pada Pertemuan Kepala Negara dan Kepala Pemerintan "The Asia-Pacific Economic Cooperation" (APEC) dan ASEAN memuji iklim investasi yang kondusif.

"Berdasarkan testimoni dari Jepang, sekitar 60 persen usaha di Indonesia menguntungkan. Hal ini menjadi daya tarik masuknya investasi ke Indonesia," katanya.

Ia mengatakan perkembangan industri padat karya di Indonesia juga tumbuh bagus, seperti perusahaan tekstil yang dipusatkan di Boyolali, Jepara dan Semarang (Jawa Tengah). Selain itu, perusahan sepatu dan pakaian olahraga, Indonesia menempati posisi nomor enam di dunia.

"Struktur usaha di Indonesia juga lebih bagus dibandingkan Vietnam," katanya.

Airlangga mengakui kenaikan upah minimum provinsi (UMP) dan upah minimum kabupaten (UMK) mempengaruhi masuknya investasi di Indonesia. Kemudian, investor yang telah menanamkan modalnya, tentu telah melakukan efisiensi.

"Tentu berpengaruh, tentu efisiensi berjalan terus menerus," katanya.

Terkait pengembangan kawasan industri Sentolo di Kulon Progo, menurutnya akan berjalan cepat dan sinergis dengan adanya pembangunan bandara New Yogyakarta International Airport.

"Infrastruktur dan trasportasi barang merupakan paling utama dalam pengembangan kawasan industri. Lokasi industri di sini sudah bagus, supaya hasil industri dapat dengan mudah didistribusikan ke seluruh Indonesia dengan biaya murah," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Walikota Bandung Ridwan Kamil. (Foto: beastudiindonesia.net)

Minggu, 24 Juni 2018 - 06:00 WIB

Setelah Cuti 130 Hari, Kang Emil Kembali Jabat Walikota Bandung

Ridwan Kamil kembali menjabat sebagai Wali Kota Bandung setelah sebelumnya sempat cuti untuk ikut dalam kontestasi pemilihan gubernur (Pilgub) Jawa Barat 2018.

Jababeka dok

Sabtu, 23 Juni 2018 - 20:57 WIB

Setelah Morotai dan Tanjung Lesung, Jababeka Incar KEK di Bangka Belitung

PT Kawasan Industri Jababeka Tbk. (kode saham KIJA) memberi sinyal hendak mengelola kawasan ekonomi khusus (KEK) di Provinsi Bangka Belitung.

Penyanyi Ed Sheeran. (Foto: NME)

Sabtu, 23 Juni 2018 - 19:30 WIB

Ed Sheeran Akui Tak Gunakan Layanan Streaming Musik

Ed Sheeran rupanya tidak pernah menggunakan jasa layanan streaming musik untuk mempromosikan lagu-lagunya. Seperti yang diketahui, Shape of You milik Ed Sheeran menjadi salah satu lagu yang…

Kementerian Perindustrian. (Fofo: kemenperin.go.id)

Sabtu, 23 Juni 2018 - 18:52 WIB

Kemenperin Tengah Godok Insentif Penerapan Industri Hijau

Kementerian Perindustrian mewacanakan insentif fiskal dan nonfiskal sebagai upaya untuk menerapkan industri hijau yang bersifat wajib.

Ribuan UMKM memadati acara sosialisasi PPh Final UMKM 0,5% yang dilakukan Presiden Jokowi di Sanur, Bali, Sabtu (23/6). (Dok: Kemenkop)

Sabtu, 23 Juni 2018 - 18:44 WIB

UMKM Bali Antusias Sambut Penurunan PPh Final 0,5 Persen

Pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di provinsi Bali menyambut baik kebijakan pemerintah menurunkan pajak penghasilan (PPh) final UMKM yang semula 1% menjadi 0,5% mulai 1 Juli 2018…