Iklim Investasi Membaik, Bertambah Investor Tanamkan Modal di Indonesia

Oleh : Hariyanto | Selasa, 14 November 2017 - 20:00 WIB

Menperin: Generasi Muda Harus Tangkap Peluang Usaha Ekonomi Digital
Menperin: Generasi Muda Harus Tangkap Peluang Usaha Ekonomi Digital

INDUSTRY.co.id - Kulon Progo- Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengaku optimistis banyak investor akan menanamkan modalnya di Indonesia seiring semakin kondusifnya iklim investasi dan fasilitas infastruktur yang mendukung.

Menperin di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Selasa (14/11/2017) mengatakan pada Pertemuan Kepala Negara dan Kepala Pemerintan "The Asia-Pacific Economic Cooperation" (APEC) dan ASEAN memuji iklim investasi yang kondusif.

"Berdasarkan testimoni dari Jepang, sekitar 60 persen usaha di Indonesia menguntungkan. Hal ini menjadi daya tarik masuknya investasi ke Indonesia," katanya.

Ia mengatakan perkembangan industri padat karya di Indonesia juga tumbuh bagus, seperti perusahaan tekstil yang dipusatkan di Boyolali, Jepara dan Semarang (Jawa Tengah). Selain itu, perusahan sepatu dan pakaian olahraga, Indonesia menempati posisi nomor enam di dunia.

"Struktur usaha di Indonesia juga lebih bagus dibandingkan Vietnam," katanya.

Airlangga mengakui kenaikan upah minimum provinsi (UMP) dan upah minimum kabupaten (UMK) mempengaruhi masuknya investasi di Indonesia. Kemudian, investor yang telah menanamkan modalnya, tentu telah melakukan efisiensi.

"Tentu berpengaruh, tentu efisiensi berjalan terus menerus," katanya.

Terkait pengembangan kawasan industri Sentolo di Kulon Progo, menurutnya akan berjalan cepat dan sinergis dengan adanya pembangunan bandara New Yogyakarta International Airport.

"Infrastruktur dan trasportasi barang merupakan paling utama dalam pengembangan kawasan industri. Lokasi industri di sini sudah bagus, supaya hasil industri dapat dengan mudah didistribusikan ke seluruh Indonesia dengan biaya murah," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mentan Andi Amran Sulaiman (Dok Industry.co.id)

Rabu, 15 Agustus 2018 - 06:52 WIB

Produktivitas Pertanian Hingga Berantas Mafia Pangan Jadi Bahasan Dialog Mentan Saat Kuliah Umum di IPB

Permintaan Presiden Joko Widodo agar diwujudkannya kesejahteraan petani menjadi landasan Kementerian Pertanian (Kementan) dalam melakukan berbagai capaian terobosan kinerjanya. Arahan Presiden…

PT Unilever Indonesia (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 15 Agustus 2018 - 06:47 WIB

IHSG Melemah Momentum Beli

Diharapkan IHSG selanjutnya dapat bertahan di atas support 5725-5747 dan Resisten diharapkan dapat menyentuh kisaran 5788-5801. Pergerakan IHSG yang terus tertekan mengurangi peluang IHSG untuk…

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Foto B1.com)

Rabu, 15 Agustus 2018 - 06:39 WIB

Pelantikan Menpan-RB Baru, Bamsoet akan Hadir

Jakarta - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo membenarkan bahwa dirinya diundang menghadiri pelantikan Komjen Pol Syafruddin sebagai Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi pada…

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur (Foto Ist)

Rabu, 15 Agustus 2018 - 06:32 WIB

Tinggalkan Jabatan Menteri, Asman Abnur Ingin Ekses di DPR

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur berharap dapat kembali eksis menjadi anggota legislatif di parlemen pada periode berikutnya, setelah tidak menjadi menteri.

Wakil Kepala Kepolisian RI (Wakapolri) Komisaris Jenderal Polisi, Syafruddin (makassar.tribunnews.com)

Rabu, 15 Agustus 2018 - 06:21 WIB

Wakapolri Benarkan Dirinya Duduki Posisi Mentan-RB

Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Wakapolri) Komisaris Jenderal Polisi Syafruddin membenarkan dirinya diangkat menjadi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi…