Iklim Investasi Membaik, Bertambah Investor Tanamkan Modal di Indonesia

Oleh : Hariyanto | Selasa, 14 November 2017 - 20:00 WIB

Menperin: Generasi Muda Harus Tangkap Peluang Usaha Ekonomi Digital
Menperin: Generasi Muda Harus Tangkap Peluang Usaha Ekonomi Digital

INDUSTRY.co.id - Kulon Progo- Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengaku optimistis banyak investor akan menanamkan modalnya di Indonesia seiring semakin kondusifnya iklim investasi dan fasilitas infastruktur yang mendukung.

Menperin di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Selasa (14/11/2017) mengatakan pada Pertemuan Kepala Negara dan Kepala Pemerintan "The Asia-Pacific Economic Cooperation" (APEC) dan ASEAN memuji iklim investasi yang kondusif.

"Berdasarkan testimoni dari Jepang, sekitar 60 persen usaha di Indonesia menguntungkan. Hal ini menjadi daya tarik masuknya investasi ke Indonesia," katanya.

Ia mengatakan perkembangan industri padat karya di Indonesia juga tumbuh bagus, seperti perusahaan tekstil yang dipusatkan di Boyolali, Jepara dan Semarang (Jawa Tengah). Selain itu, perusahan sepatu dan pakaian olahraga, Indonesia menempati posisi nomor enam di dunia.

"Struktur usaha di Indonesia juga lebih bagus dibandingkan Vietnam," katanya.

Airlangga mengakui kenaikan upah minimum provinsi (UMP) dan upah minimum kabupaten (UMK) mempengaruhi masuknya investasi di Indonesia. Kemudian, investor yang telah menanamkan modalnya, tentu telah melakukan efisiensi.

"Tentu berpengaruh, tentu efisiensi berjalan terus menerus," katanya.

Terkait pengembangan kawasan industri Sentolo di Kulon Progo, menurutnya akan berjalan cepat dan sinergis dengan adanya pembangunan bandara New Yogyakarta International Airport.

"Infrastruktur dan trasportasi barang merupakan paling utama dalam pengembangan kawasan industri. Lokasi industri di sini sudah bagus, supaya hasil industri dapat dengan mudah didistribusikan ke seluruh Indonesia dengan biaya murah," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pelabuhan Peti Kemas (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 20 November 2018 - 21:00 WIB

Pelindo 1 Terus Tingkatkan Sarana Sejumlah Pelabuhan

PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I terus berupaya meningkatkan sarana dan prasarana di sejumlah pelabuhan yang dikelola perusahaan tersebut dalam upaya meningkatkan layanan kepada konsumen.

Wakil Menteri ESDM, Arcandra Tahar

Selasa, 20 November 2018 - 20:40 WIB

Arcandra: Investasi Satu Sumur Bisa Capai Rp1,5 Triliun

Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar menyebutkan nilai invetasi satu sumur minyak di perairan dalam (deep water) bisa mencapai Rp1,5 triliun

Kebun Kelapa Sawit (Ist)

Selasa, 20 November 2018 - 20:20 WIB

Indonesia Promosikan Industri Sawit Berkelanjutan kepada Eropa

Indonesia mempromosikan industri kelapa sawit berkelanjutan lewat program Regular Oil Palm Course 2018 yang diikuti 15 peserta dari 10 negara.

Perawatan Kesehatan Rs Siloam (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 20 November 2018 - 19:30 WIB

Setiap Bulan RS Siloam Silampari Adakan Layanan Kesehatan Gratis di Sejumlah Daerah Lubuklinggau

Peningkatan mutu kesehatan, khususnya di daerah menjadi hal prioritas yang senantiasa dilakukan Siloam Hospitals Group. Karenanya melalui Rumah Sakit Siloam Silampari bersama GMSS (Gerakan Musi…

Ilustrasi Beasiswa

Selasa, 20 November 2018 - 18:16 WIB

50 Mahasiswa Raih Beasiswa Penuh dari Sea Group, Induk Garena, Shopee dan AirPay

Sebanyak 50 mahasiswa berprestasi terpilih untuk menerima beasiswa penuh dari Sea, induk perusahaan dari Garena (platform online gaming), Shopee (e-commerce) dan AirPay (layanan keuangan).