Perluas Pasar ke Eropa, Pan Brothers Harapkan Dukungan Pemerintah

Oleh : Hariyanto | Senin, 30 Oktober 2017 - 13:58 WIB

Vice CEO PT Pan Brothers menemui Menperin Airlangga Hartarto
Vice CEO PT Pan Brothers menemui Menperin Airlangga Hartarto

INDUSTRY co.id -Jakarta - Untuk memperluas pasar garmen dan tekstil ke Eropa, PT Pan Brothers Tbk (PBRX) mengharapkan dukungan pemerintah dan asosiasi industri supaya dapat bersaing secara kompetitif dengan negara Vietnam.

"Saat ini, kami masih dalam tahap pembicaraan dengan sejumlah instansi untuk mewujudkan perjanjian bilateral dengan Uni Eropa. Agar bisa kompetitif, secara platform untuk garmen dan tekstil sama dengan negara seperti Vietnam," kata Wakil Direktur Utama PT Pan Brothers Tbk, Anne Patricia Sutanto di Jakarta, Senin (30/10/2017).

Selain meningkatkan penjualan di Eropa, Pan Brothers juga mengincar jaminan bisnis lewat perjanjian bilateral dengan Uni Eropa. Perseroan ingin harga jual produk setelah sampai di Eropa bisa sama dengan harga jual kompetitor seperti dari Vietnam.

Untuk diketahui, pembicaraan perjanjian bilateral dengan Uni Eropa adalah buntut dari obrolan dengan Kementerian Perindustrian (Kemperin). Adapun selain dengan Kemenperin, Pan Brothers berharap, dukungan dari Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) dan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia.

Pasar ekspor memang menjadi urat nadi Pan Brothers. Hingga semester I tahun ini misalnya, penjualan ekspor menyumbang US$212,65 juta atau 87,85% terhadap penjualan kotor US$242,06 juta.

Tak heran rencana ekspansi pabrik Pan Brothers terus mengacu pada agenda perluasan pasar mancanegara. Salah satu pabrik yang tengah perusahaan kembangkan di bawah anak perusahaan PT Teodore Pan Garmindo dengan lokasi di Tasikmalaya, Jawa Barat untuk pasar ekspor.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dubes Indonesia untuk Korsel, Umar Hadi bersama Delegasi PWI (dok INDUSTRY.co.id)

Jumat, 15 Desember 2017 - 20:34 WIB

Di Seoul Korsel, Dubes Umar Hadi Apresiasi Diplomasi Kopi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI)

Diplomasi kopi yang sedang dilakukan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) disambut baik Dutabesar Republik Indonesia untuk Republik Korea Umar Hadi

Letjen Purn. Kiky Syanahkri bersama Putut Prabantoro di kantor PPAD (dok INDUSTRY.co.id)

Jumat, 15 Desember 2017 - 20:12 WIB

Perkuat NKRI, Pemerintah Diminta Segera Laksanakan Ekonomi Terintegrasi

Pemerintah diminta segera integrasikan pembangunan ekonomi nasional dalam konsep Indonesia Raya Incorporated (IRI) untuk memperkuat ikatan NKRI dan ketahanan nasional.

Presiden Jokowi dan Menhub Budi Karya Sumadi (Foto Setkab)

Jumat, 15 Desember 2017 - 19:00 WIB

Presiden Jokowi Tinjau Pembangunan Waduk Sukamahi dan Ciawi

Presiden Joko Widodo meninjau pembangunan Waduk Sukamahi dan Ciawi di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (14/12/2017)

Sambut Hari Ibu, Kecap ABC Beri Apresiasi Lewat 36 Ribu Hidangan Masakan (Foto Dije/INDUSTRY.co.id)

Jumat, 15 Desember 2017 - 18:52 WIB

2018 Industri Mamin Semakin Kompetitif

Memasuki tahun 2018, pelaku industri termasuk industri makanan dan minuman di Indonesia semakin kompetitif dan semakin challenging (menantang). Hal ini diungkapkan oleh Dhiren Amin, selaku Marekting…

Hendrisman Rahim Didapuk Kembali Jadi Ketum AAJI (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 15 Desember 2017 - 17:45 WIB

Hendrisman Rahim Didapuk Kembali Jadi Ketum AAJI

Hendrisman Rahim secara aklamasi kembali terpilih sebagai Ketua Umum Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) periode 2017-2020.