Perluas Pasar ke Eropa, Pan Brothers Harapkan Dukungan Pemerintah

Oleh : Hariyanto | Senin, 30 Oktober 2017 - 13:58 WIB

Vice CEO PT Pan Brothers menemui Menperin Airlangga Hartarto
Vice CEO PT Pan Brothers menemui Menperin Airlangga Hartarto

INDUSTRY co.id -Jakarta - Untuk memperluas pasar garmen dan tekstil ke Eropa, PT Pan Brothers Tbk (PBRX) mengharapkan dukungan pemerintah dan asosiasi industri supaya dapat bersaing secara kompetitif dengan negara Vietnam.

"Saat ini, kami masih dalam tahap pembicaraan dengan sejumlah instansi untuk mewujudkan perjanjian bilateral dengan Uni Eropa. Agar bisa kompetitif, secara platform untuk garmen dan tekstil sama dengan negara seperti Vietnam," kata Wakil Direktur Utama PT Pan Brothers Tbk, Anne Patricia Sutanto di Jakarta, Senin (30/10/2017).

Selain meningkatkan penjualan di Eropa, Pan Brothers juga mengincar jaminan bisnis lewat perjanjian bilateral dengan Uni Eropa. Perseroan ingin harga jual produk setelah sampai di Eropa bisa sama dengan harga jual kompetitor seperti dari Vietnam.

Untuk diketahui, pembicaraan perjanjian bilateral dengan Uni Eropa adalah buntut dari obrolan dengan Kementerian Perindustrian (Kemperin). Adapun selain dengan Kemenperin, Pan Brothers berharap, dukungan dari Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) dan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia.

Pasar ekspor memang menjadi urat nadi Pan Brothers. Hingga semester I tahun ini misalnya, penjualan ekspor menyumbang US$212,65 juta atau 87,85% terhadap penjualan kotor US$242,06 juta.

Tak heran rencana ekspansi pabrik Pan Brothers terus mengacu pada agenda perluasan pasar mancanegara. Salah satu pabrik yang tengah perusahaan kembangkan di bawah anak perusahaan PT Teodore Pan Garmindo dengan lokasi di Tasikmalaya, Jawa Barat untuk pasar ekspor.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pelabuhan Peti Kemas (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 20 November 2018 - 21:00 WIB

Pelindo 1 Terus Tingkatkan Sarana Sejumlah Pelabuhan

PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I terus berupaya meningkatkan sarana dan prasarana di sejumlah pelabuhan yang dikelola perusahaan tersebut dalam upaya meningkatkan layanan kepada konsumen.

Wakil Menteri ESDM, Arcandra Tahar

Selasa, 20 November 2018 - 20:40 WIB

Arcandra: Investasi Satu Sumur Bisa Capai Rp1,5 Triliun

Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar menyebutkan nilai invetasi satu sumur minyak di perairan dalam (deep water) bisa mencapai Rp1,5 triliun

Kebun Kelapa Sawit (Ist)

Selasa, 20 November 2018 - 20:20 WIB

Indonesia Promosikan Industri Sawit Berkelanjutan kepada Eropa

Indonesia mempromosikan industri kelapa sawit berkelanjutan lewat program Regular Oil Palm Course 2018 yang diikuti 15 peserta dari 10 negara.

Perawatan Kesehatan Rs Siloam (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 20 November 2018 - 19:30 WIB

Setiap Bulan RS Siloam Silampari Adakan Layanan Kesehatan Gratis di Sejumlah Daerah Lubuklinggau

Peningkatan mutu kesehatan, khususnya di daerah menjadi hal prioritas yang senantiasa dilakukan Siloam Hospitals Group. Karenanya melalui Rumah Sakit Siloam Silampari bersama GMSS (Gerakan Musi…

Ilustrasi Beasiswa

Selasa, 20 November 2018 - 18:16 WIB

50 Mahasiswa Raih Beasiswa Penuh dari Sea Group, Induk Garena, Shopee dan AirPay

Sebanyak 50 mahasiswa berprestasi terpilih untuk menerima beasiswa penuh dari Sea, induk perusahaan dari Garena (platform online gaming), Shopee (e-commerce) dan AirPay (layanan keuangan).