Jababeka dan Creed Group Teken Kerjasama Proyek Jababeka Signature Golf Apartment

Oleh : Nandi Nanti | Senin, 04 September 2017 - 12:00 WIB

MoU Jababeka- Creed Group, ditandatangani oleh Sutedja S. Darmono, Presiden Direktur PT. Grahabuana Cikarang (Jababeka Grup) dan Toshihiko Muneyoshi, founder dan Managing Director Creed Group (Dok INDUSTRY.co.id)
MoU Jababeka- Creed Group, ditandatangani oleh Sutedja S. Darmono, Presiden Direktur PT. Grahabuana Cikarang (Jababeka Grup) dan Toshihiko Muneyoshi, founder dan Managing Director Creed Group (Dok INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY co.id -Jakarta,PT. Grahabuana Cikarang, anak perusahaan PT. Jababeka Tbk. yang mengelola kawasan residensial menengah atas Jababeka Residence, pada hariSenin (28/8)lalu, melakukan penandatanganan memorandum of understanding (MoU) joint venture pengembangan lahan residensial dan komersial dengan Creed Group asal Jepangdi Menara Batavia, Jakarta.

MoU tersebut ditandatangani Sutedja S. Darmono selaku Presiden Direktur PT. Grahabuana Cikarang dan Toshihiko Muneyoshi selaku founder dan Managing Director dari Creed Group.

Creed Group merupakan perusahaan investasi di bidang real estat dengan pengalaman berlimpah pada pasar real estat yang sudah mapan di Jepang. Portofolio Creed Group mencakup pembiayaan real estat, pengembangan properti, pengelolaan properti dan pengelolaan aset.

Creed Group telah berinvestasi di pasar real estate yang sedang berkembang di Malaysia, Vietnam, Kamboja, Myanmar dan Bangladesh sejak 2012, dengan nilai investasi mencapai 340 juta dolar pada akhir 2015.

Saat ini Creed Group berfokus untuk mengembangkan bisnis di Asia Tenggara dan Bangladesh, dengan strategi menjalin kemitraan bersama pengembang lokal terbaik di kawasan dan menggabungkannya dengan keahlian Creed Group di Jepang, ujar Toshihiko Muneyoshi.

Di dalam MoU, kedua belah pihak sepakat untuk membentuk sebuah perusahaan patungan (joint venture) dan pengembangan apartemen kelas atas dengan konsep golf total area seluas 3,7 hektare.

Proyek apartemen golf akan diberi nama Jababeka Signature Golf Apartment yang akan menjadi salah satu proyek teranyar milik Jababeka tahun 2017 ini. Pembagian saham antara PT. Grahabuana Cikarang dan Creed Group pada proyek Jababeka Signature Golf Apartment adalah 60% dan 40%.

Sutedja mengatakan kerja sama ini diharapkan dapat membawa dampak positif bagi kinerja kedua belah pihak. Apalagi kedua pihak memiliki kompetensi di bidang masing-masing yang dapat memberikan produk sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Creed Group memiliki portofolio produk properti menengah atas yang impresif, seperti pengembangan kondominium, apartemen, shopping mall, mixed-use development, hotel, kluster perumahan, dan lapangan golf di Asia Tenggara. Sementara Jababeka juga memiliki kompetensi positif di bidang pengembangan kota mandiri yang memiliki populasi 1,2 juta jiwa, lebih dari 700.000 pekerja, 10.000 ekspatriat, serta menjadi tempat berbisnis bagi 1.650 perusahaan dari 30 negara.

Kerjasama dan sinergi Jababeka dengan Creed Group yang meliputi pengembangan desain eksterior dan interior, quality control pembangunan dan building management, diharapkan dapat membawa nila-nilai budaya Jepang yang selalu mengedepankan kualitas dan telah memiliki reputasi yang sangat baik untuk memenuhi kebutuhan konsumen di Kota Jababeka.

Hampir tiga dekade, Kawasan Industri Jababeka telah berkembang menjadi sebuah kota mandiri yang dilengkapi fasilitas pemenuhan kebutuhan primer dan gaya hidup serta ramah lingkungan.

Saat ini, kawasan Cikarang, termasuk Jababeka, akan menuai dampak positif dari perencanaan makro infrastruktur pemerintah. Sebagai contoh, pembukaan akses tol baru di Cikarang yang akan terkoneksi langsung ke Kawasan Industri Jababeka, pembangunan stasiun KRL Commuter Line Cikarang, rencana jalur Mass Rapid Transit (MRT) dari Balaraja (Tangerang) hingga Cikarang (Bekasi), rencana perpanjangan jalur LRT sampai ke Cikarang dan pembangunan jalan tol layang (elevated toll road).

Dampak positif dari perencanaan infrastruktur pemerintah itu diharapkan dapat mendongkrak nilai dan fasilitas properti di kawasan tersebut. Atas dasar tersebut, kedua belah pihak sepakat untuk membangun kemitraan dan sinergi usaha dengan prinsip saling menguntungkan dalam pengembangan dan peningkatan kegiatan usaha kedua pihak.

Sutedja mengungkapkan bahwa kerjasama dalam proyek apartemen golf ini menjadi langkah awal bagi kedua perusahaan dalam mengembangkan kerjasama yang saling menguntungkan di masa depan.

Visi Jababeka adalah mengembangkan 100 kota mandiri seperti layaknya yang telah Jababeka berhasil raih di Cikarang. Kami bangga dapat menjadi mitra pertama dari Indonesia yang bekerjasama dengan Creed Group untuk mengembangkan lebih jauh kota mandiri Jababeka, sebab Creed Group memiliki portofolio properti yang impresif terutama di Negara Asia Tenggara selain Jepang seperti Vietnam, Kamboja, Bangladesh, Myanmar dan Laos. pungkasnya.

Sebelumnya, PT. Grahabuana Cikarang telah membentuk joint venture dengan dua perusahaan properti papan atas Indonesia seperti PT. Plaza Indonesia Realty Tbk. dan PT. PP Properti Tbk., untuk pengembangan kawasan superblok Mayfair Estate & Parklands (Plaza Indonesia Jababeka) serta kawasan residensial dan komersial Little Tokyo.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Jumat, 26 April 2024 - 15:10 WIB

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Sebagai bagian dari ekspansinya di Asia Tenggara, Sports Direct Malaysia, Sdn Bhd ("Frasers Group Asia") – afiliasi dari grup ritel internasional terkemuka Frasers Group plc ("Frasers Group",…

Pengamat hukum Dr. (Cand.) Hardjuno Wiwoho

Jumat, 26 April 2024 - 14:47 WIB

UU Perampasan Aset dan BLBI Jadi PR Prabowo-Gibran

Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka harus melanjutkan agenda pemberantasan korupsi yang sudah dicanangkan pemerintahan sebelumnya sebagai…

Momentum Hari Bumi, PGE Meneguhkan Komitmen pada Keberlanjutan untuk Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup

Jumat, 26 April 2024 - 14:30 WIB

Momentum Hari Bumi, PGE Meneguhkan Komitmen pada Keberlanjutan untuk Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup

Pengembangan energi ramah lingkungan temasuk energy panas bumi tak bisa dipisahkan dari upaya menjaga keberlanjutan di semua aspek bisnis. Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang eksplorasi…

PGE Area Kamojang Raih Dua Penghargaan Unggulan dalam Acara Forum CSR Jawa Barat

Jumat, 26 April 2024 - 14:21 WIB

PGE Area Kamojang Raih Dua Penghargaan Unggulan dalam Acara Forum CSR Jawa Barat

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE) (IDX: PGEO) semakin meneguhkan posisinya sebagai perusahaan energi hijau kelas dunia terdepan dalam praktik bisnis berkelanjutan. PGE Area Kamojang berhasil…