Build Terbaru, Endless OS Tambahan Dukungan untuk Developer dan Code Base GNOME Terbaru

Oleh : Hariyanto | Jumat, 21 Juli 2017 - 13:05 WIB

Endless OS (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)
Endless OS (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id , Jakarta - Endless umumkan ketersediaan Endless OS 3.2, pembaharuan sistem operasi desktop dan laptop andalannya. Endless OS 3.2 menawarkan peningkatan pengalaman penggunaan desktop, App Center, fitur baru notifikasi terintegrasi, dan penyempurnaan Endless Desktop Search untuk pencarian informasi yang lebih baik.

Dibuat dengan code base GNOME yang diperbaharui dan sudah termasuk ribuan fitur terkini, versi OS terbaru ini memampukan para pengembang untuk memasang aplikasi dengan lebih mudah, didukung pula oleh IDE multifungsi dan fitur penting lainnya yang memperkaya kemampuan para pengembang aplikasi.

“Pembaharuan Endless OS adalah wujud kepercayaan kami terhadap open source sebagai roda inovasi yang menyatukan individu, ide, dan organisasi terbaik dari seluruh dunia untuk menciptakan sesuatu yang benar-benar menarik bagi pengguna,” ujar Matt Dalio, CEO and Founder, Endless Computers melalui keterangan resmi diterima INDUSTRY.co.id, Jumat (21/7/2017).

Ia menjelaskan, saat ini pihaknya tengah mempersiapkan lebih dari 50 aplikasi tambahan untuk pasar tujuan kami termasuk Indonesia, Thailand, Vietnam, Brazil, Amerika Latin, dan Amerika Utara.

Kini pengguna juga bisa mengintegrasikan akun-akun daring populer seperti Facebook, Google, Microsoft, dan layanan web lainnya dengan Endless OS. Navigasi desktop dibuat lebih mudah dan ada juga opsi pembuatan akun pengguna desktop baru tanpa kata kunci.

Sejak pertama kali dinyalakan, Endless OS menyediakan semua yang pengguna butuhkan untuk belajar, bekerja, dan berekreasi, termasuk berbagai aplikasi pendukung hiburan, permainan, kesehatan, hingga riset, pendidikan, dan usaha kecil.

“Kami telah membuat sistem operasi yang luar biasa mudah dan dapat diandalkan, cocok untuk siapa pun yang ingin meninggalkan sistem berbayar atau yang hanya berguna ketika terhubung dengan internet. Dengan fitur-fitur baru di versi 3.2 seperti pengalaman pengguna yang lebih sederhana, kontrol sistem lebih intuitif dan investasi teknis yang memperkaya penawaran aplikasi, Endless sekali lagi menetapkan standar tinggi sebagai sistem operasi termudah yang pernah Anda gunakan,” ungkap Dalio.

Para pengembang juga akan menyukai kemampuan baru Endless OS 3.2 yang mempercepat pemasangan aplikasi-aplikasi khusus dan sesuai dengan kebutuhan berbagai target pasar.

Hampir semua aplikasinya bekerja tanpa membutuhkan koneksi internet, sehingga menjamin keseluruhan Endless OS bekerja baik dalam keadaan offline serta di area-area minim bandwith maupun dalam keadaan online. Pengembang aplikasi pun disuguhi dengan penyempurnaan aplikasi Builder dan Flatpak, termasuk kemampuan instalasi aplikasi Flatpak dari pihak ketiga.

“Endless OS dibuat di atas hasil kerja komunitas peranti lunak gratis dan open-source selama beberapa dekade, dan kami berhutang banyak kepada mereka,” kata Cosimo Cecchi, Director of Core Engineering, Endless Computers.

Dengan investasi jangka panjang komunitas pada Flatpak serta pengubahan arsitektur Endless OS, penyebaran aplikasi ke platform kini jauh lebih mudah sehingga memperbesar potensi jumlah pengguna aplikasi. Endless OS 3.2 mempermudah para pengembang untuk berkontribusi dengan adanya lingkungan pengembangan yang jauh lebih aman dan andal dibandingkan sebelumnya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Jumat, 26 April 2024 - 15:10 WIB

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Sebagai bagian dari ekspansinya di Asia Tenggara, Sports Direct Malaysia, Sdn Bhd ("Frasers Group Asia") – afiliasi dari grup ritel internasional terkemuka Frasers Group plc ("Frasers Group",…

Pengamat hukum Dr. (Cand.) Hardjuno Wiwoho

Jumat, 26 April 2024 - 14:47 WIB

UU Perampasan Aset dan BLBI Jadi PR Prabowo-Gibran

Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka harus melanjutkan agenda pemberantasan korupsi yang sudah dicanangkan pemerintahan sebelumnya sebagai…