ERHA Group Luncurkan Cosmetic Reverse Vending Machine Pertama di Indonesia

Oleh : Nina Karlita | Selasa, 23 April 2024 - 00:47 WIB

Peluncuran Cosmetic Reverse Vending Machine dari ERHA Group.
Peluncuran Cosmetic Reverse Vending Machine dari ERHA Group.

INDUSTRY.co.id - Jakarta - ERHA Group menjadi dermabeauty clinic pertama di Indonesia yang menghadirkan inovasi dengan meluncurkan Cosmetic Reverse Vending Machine alias mesin daur ulang.

Mesin daur ulang pertama di Indonesia ini dihadirkan Aryanoble melalui ERHA Group, salah satu perusahaan di bawah naungannya, untuk membantu pengurangan sampah plastik kemasan, khususnya sampah kemasan kosmetik.

Peluncuran Cosmetic Reverse Vending Machine ini digelar ERHA Group di Mall Kota Kasablanka Jakarta pada tanggal 22 April 2024 yang bertepatan dengan Hari Bumi.

Cosmetic Reverse Vending Machine juga menjadi bukti komitmen ERHA Group menerapkan bisnis sirkular berkelanjutan untuk mendukung kesejahteraan alam dan masyarakat dengan mengurangi dan mengelola limbah sampah plastik kosmetik di Indonesia.

Cosmetic Reverse Vending Machine ini merupakan inovasi pertama di Indonesia, rancangan kolaborasi antara ERHA Group dengan Plasticpay, untuk mempermudah konsumen berpartisipasi dalam mengurangi dan mengelola kemasan kosmetik bekas pakai merk apapun. 

"Mesin ini hanyalah salah satu dari sekian program Start to Change yang harapannya bisa membawa perubahan dan berkontribusi  secara cukup signifikan terhadap pelestarian lingkungan,” kata Alfons Sindupranata, CEO Arya Noble.

Seluruh kemasan kosmetik bekas pakai yang terkumpul, secara rutin akan dikelola untuk di daur ulang kembali oleh Plasticpay bekerjasama dengan mitra UMKM binaan, sehingga hasilnya dapat dijual kembali.

Praktis karena mesin ini menerapkan teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam pengembalian kemasan kosmetik bekas pakai yang akan mengenali berbagai bentuk kemasan yang dikembalikan. 

Bermanfaat karena jumlah kemasan kosmetik bekas pakai yang dikembalikan, secara otomatis akan langsung dikonversi kedalam bentuk reward points yang bisa dimanfaatkan kembali oleh konsumen di erhstore.co.id. 

Cosmetic Reverse Vending Machine pertama bisa ditemukan di Mall Kota Kasablanka. Dan selanjutnya mesin ini akan tersedia di AEON Mall BSD, Supermall Karawaci dan lokasi lainnya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

SPKLU

Senin, 20 Mei 2024 - 14:33 WIB

Tren Mobil Listrik dan Renewable Energy Daya Pikat Investasi Kawasan Industri Kendal

Pemerintah Indonesia saat ini tengah giat mendorong pemanfaatan energi baru dan terbarukan (renewable energy) guna menurunkan emisi gas rumah kaca. Berbagai upaya dilakukan pemerintah, seperti…

PT Gunung Raja Paksi Tbk (GGRP)

Senin, 20 Mei 2024 - 14:31 WIB

Mengusung Produk Baja Ramah Lingkungan, GRP Siap Bersaing di Pasar Baja Dunia

PT Gunung Raja Paksi Tbk (GGRP) terus menggenjot penjualan baja ke pasar ekspor. Perseroan optimistis prospek dan permintaan ekspor baja pada tahun 2024 masih ada ruang untuk terus bertumbuh.…

TikTok

Senin, 20 Mei 2024 - 12:55 WIB

Analyzing TikTok's Marketing Model

In the digital age, social media platforms have revolutionized marketing strategies, offering innovative ways for brands to connect with their audiences. Among these platforms, TikTok has emerged…

Menhan Prabowo Subiato Hadiri The 10th World Water Forum Yang Dibuka Resmi Presiden Jokowi di Bali

Senin, 20 Mei 2024 - 12:42 WIB

Menhan Prabowo Subiato Hadiri The 10th World Water Forum Yang Dibuka Resmi Presiden Jokowi di Bali

Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Menhan RI) Prabowo Subianto menghadiri acara forum air terbesar sedunia, “The 10th World Water Forum (WWF) yang dibuka secara resmi oleh Presiden RI…

Peresmian Kantor Baru Skinproof

Senin, 20 Mei 2024 - 12:23 WIB

Komitmen Tingkatkan Keamanan dan Inovasi Produk di Industri Kecantikan, Skinproof Buka Kantor Baru di Jakarta

Industri kecantikan secara global maupun nasional tumbuh begitu pesat dalam beberapa tahun terakhir. Sejalan dengan pertumbuhan tersebut, juga terjadi lonjakan jumlah produk kecantikan yang…