Pegadaian Bersama Kementerian BUMN Kembali Buka Relawan Bakti BUMN Batch V

Oleh : Hariyanto | Minggu, 21 April 2024 - 15:36 WIB

Kantor pusat Pegadaian
Kantor pusat Pegadaian

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pegadaian kembali berkolaborasi bersama Kementerian BUMN untuk memberikan kesempatan kepada seluruh pegawai Kementerian BUMN dan BUMN grup untuk menjadi sukarelawan pada program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan melalui Relawan Bakti BUMN Batch V.

Pada Program Relawan Bakti BUMN Batch V kali ini, Pegadaian memiliki misi yaitu “Dari Ranah Minang untuk Indonesia” Sebagai salah satu bentuk penerapan prinsip sosial ESG PT Pegadaian yang dilakukan melalui pemberdayaan masyarakat yang berorientasi pada community based tourism melalui pendidikan dan pemberdayaan ekonomi lokal, dimana akan ada program peningkatan awareness kekayaan alam ranah Minang melalui pemberdayaan Seni Tenun Sulam Suji dan Ternak Madu Lebah Galo-Galo yang berlokasi di Bukittinggi, Sumatera Barat.

Lokasi tersebut dipilih sebagai bentuk kepedulian Pegadaian terhadap sejarah, relawan juga akan diagendakan untuk berkunjung ke Istana Bung Hatta. Sebagai catatan, Kota Bukittinggi pernah ditunjuk sebagai ibu kota Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) saat Agresi Militer II pada Bulan Desember 1948 sampai dengan bulan Juni 1949. 

Acara yang akan berlangsung selama 5 (lima) hari ini didesain khusus untuk para calon Relawan Bakti BUMN yang ingin mengambil peran serta dalam pemberdayaan masyarakat lokal melalui pendidikan, ekonomi, budaya dan lingkungan. Kegiatan yang akan dilaksanakan di Nagari Subarang Tigo Jorong, Kabupaten Agam, Sumatera Barat ini juga direncanakan untuk mengunjungi Bank Sampah Induk Pancadaya Binaan PT Pegadaian. 

Bank Sampah telah menjadi program unggulan PT Pegadaian selama beberapa tahun terakhir dimana pada ajang BUMN Corporate Communications and Sustainability Summit (BCOMSS) 2024 lalu PT Pegadaian meraih Gold Winner untuk kategori BUMN Local Heroes, sebagai bentuk penghargaan atas peran kontribusi Mina Dewi Sukmawati, selaku Ketua Forum Sahabat Emas Peduli Sampah Indonesia (FORSEPSI), dalam pengembangan bank sampah dan pemberdayaan perempuan di Indonesia.

Direktur Utama  PT Pegadaian, Damar Latri Setiawan mengungkapkan rasa bangganya terhadap program-program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan yang telah dilaksanakan oleh Pegadaian berdampak positif bagi banyak masyarakat sebagai komitmen perusahaan dalam menerapkan praktis bisnis yang berkelanjutan.

“Saya sangat bangga, Pegadaian dapat kembali menjadi host dalam program Relawan Bakti BUMN Batch V di Sumatera Barat kali ini, setelah tahun lalu Pegadaian juga menjadi Host pada Relawan Bakti BUMN Batch III di Jatiluhur, Jawa Barat. Ini membuktikan komitmen Pegadaian dalam semangat kontribusi dan kolaborasi dalam menerapkan program-program berkelanjutan untuk masyarakat. Untuk seluruh Insan BUMN, saya pastikan bahwa kalian tidak akan menyesal jika berpartisipasi dalam Relawan Bakti BUMN bersama Pegadaian kali ini.” Jelas Damar.

Program ini terbuka untuk seluruh pegawai aktif Kementerian BUMN dan BUMN Group. Pendaftaran Program Relawan Bakti BUMN Batch V dibuka dari tanggal 19-24 April 2024 dan semua proses dilakukan secara online. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

UOB Lady’s Card

Senin, 20 Mei 2024 - 15:42 WIB

UOB Indonesia Meluncurkan Desain dan Tagline Terbaru Lady’s Card

UOB Indonesia mengumumkan pembaruan UOB Lady’s Card yang merupakan kartu kredit pertama di Asia Tenggara dengan fokus pada kaum perempuan. UOB Lady’s Card dirancang untuk menawarkan keuntungan,…

SPKLU

Senin, 20 Mei 2024 - 14:33 WIB

Tren Mobil Listrik dan Renewable Energy Daya Pikat Investasi Kawasan Industri Kendal

Pemerintah Indonesia saat ini tengah giat mendorong pemanfaatan energi baru dan terbarukan (renewable energy) guna menurunkan emisi gas rumah kaca. Berbagai upaya dilakukan pemerintah, seperti…

PT Gunung Raja Paksi Tbk (GGRP)

Senin, 20 Mei 2024 - 14:31 WIB

Mengusung Produk Baja Ramah Lingkungan, GRP Siap Bersaing di Pasar Baja Dunia

PT Gunung Raja Paksi Tbk (GGRP) terus menggenjot penjualan baja ke pasar ekspor. Perseroan optimistis prospek dan permintaan ekspor baja pada tahun 2024 masih ada ruang untuk terus bertumbuh.…

TikTok

Senin, 20 Mei 2024 - 12:55 WIB

Analyzing TikTok's Marketing Model

In the digital age, social media platforms have revolutionized marketing strategies, offering innovative ways for brands to connect with their audiences. Among these platforms, TikTok has emerged…

Menhan Prabowo Subiato Hadiri The 10th World Water Forum Yang Dibuka Resmi Presiden Jokowi di Bali

Senin, 20 Mei 2024 - 12:42 WIB

Menhan Prabowo Subiato Hadiri The 10th World Water Forum Yang Dibuka Resmi Presiden Jokowi di Bali

Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Menhan RI) Prabowo Subianto menghadiri acara forum air terbesar sedunia, “The 10th World Water Forum (WWF) yang dibuka secara resmi oleh Presiden RI…