Catat! Ini Tips & Trik Sukses Rekrutmen Bersama BUMN 2024

Oleh : Hariyanto | Selasa, 23 April 2024 - 11:36 WIB

Ilustrasi rekrutmen
Ilustrasi rekrutmen

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kesempatan bekerja di perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) merupakan karir yang didambakan banyak orang. Buat kamu yang sudah berhasil mendaftarkan diri dan kini sedang menantikan hasil seleksi dengan penuh antusiasme, berikut tips bagi para peserta agar sukses melewati tahapan-tahapan seleksi berikutnya.

Bagi peserta yang lolos seleksi administrasi, tahapan selanjutnya akan meliputi tes online 1, tes online 2, serta tes seleksi di BUMN. Setiap tahap seleksi akan diumumkan hasilnya melalui laman resmi rekrutmen BUMN.

Pengumuman hasil seleksi administrasi akan menjadi momen penting bagi para peserta, karena hal tersebut akan menentukan apakah mereka akan melanjutkan ke tahapan selanjutnya. Meskipun tanggal pasti pengumuman belum diumumkan, kemungkinan besar pengumuman akan dilakukan sebelum tahapan tes online 1, yang dijadwalkan pada 27 April - 4 Mei 2024.

“Kami sangat menyarankan kepada para kandidat agar mempersiapkan diri untuk hal-hal detail selama proses rekrutmen agar mendapatkan hasil akhir sesuai dengan harapan.” kata Chief Growth Officer, Marketplace - Talent, Asia, SEEK, Chook Yuh Yng

Untuk memaksimalkan persiapan, berikut tips dan trik yang bisa kamu terapkan selama proses rekrutmen bersama BUMN: 

1. Pelajari tentang BUMN serta posisi pekerjaan yang diinginkan

Selain mempelajari rangkaian tes tertulis yang akan dilakukan untuk rekrutmen bersama BUMN, kamu juga harus mempelajari tentang perusahaan BUMN yang kamu inginkan. Pahami profil, sejarah, serta perjalanan BUMN tersebut untuk mempersiapkan diri. Selain sebagai informasi pribadi, kamu juga bisa mengetahui lebih dalam mengenai bidang serta posisi yang kamu inginkan di perusahaan tersebut.

2. Pahami contoh soal dan materi rangkaian tes tertulis BUMN 

Pada seleksi tahap awal, terdapat beberapa rangkaian tes yang harus kamu lalui dalam proses rekrutmen bersama BUMN. Oleh karena itu, pelajari secara matang berbagai contoh soal dan materi yang berhubungan dengan tahapan tes yang akan kamu jalani, seperti materi Tes Bahasa Inggris dan Tes Kemampuan Dasar (TKD) BUMN.

Kamu dapat berlatih secara online di situs Jobstreet by SEEK menggunakan Contoh Soal TKD dan Akhlak BUMN dan juga Kumpulan Tes Bahasa Inggris BUMN. Selain itu, pahami tentang diri kamu sendiri agar bisa menjawab tes akhlak BUMN sesuai dengan karakter kamu.

3. Persiapkan diri dengan matang untuk tahap wawancara dan jaga kesehatan untuk tahap medical check-up

Jika kamu sudah lolos melalui rangkaian tes tertulis, maka kamu akan mengikuti tahap wawancara. Persiapkan diri dengan matang dengan melakukan mock-up interview dengan percaya diri. Pastikan kamu juga menggunakan pakaian yang rapi dan formal saat sesi wawancara. Setelah lolos seleksi wawancara, maka kamu harus melakukan medical check-up (MCU) di rumah sakit, selalu jaga kesehatanmu dalam kondisi prima untuk hasil yang maksimal.

4. Berhubungan dengan komunitas dan ahli 

Bergabunglah dengan komunitas pencari kerja, juga ikuti seminar ataupun pelatihan yang berkaitan dengan persiapan rekrutmen BUMN untuk mendapatkan tips tambahan dari para ahli. Komunitas Jobstreet di dalam fitur KarirKu juga dapat kamu manfaatkan untuk berdiskusi dan mendapatkan informasi mengenai kehidupan karirmu, termasuk seputar proses rekrutmen bersama BUMN.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Pertamina Trans Kontinental (PTK)

Senin, 20 Mei 2024 - 16:08 WIB

Kapal PTK Resmi Beroperasi di Perairan Internasional

PT Pertamina Trans Kontinental (PTK) agresif melakukan ekspansi bisnis di pasar global. Ekspansi bisnis global ditandai dengan dimulainya operasional Transko Moloko di perairan Malaysia.

UOB Lady’s Card

Senin, 20 Mei 2024 - 15:42 WIB

UOB Indonesia Meluncurkan Desain dan Tagline Terbaru Lady’s Card

UOB Indonesia mengumumkan pembaruan UOB Lady’s Card yang merupakan kartu kredit pertama di Asia Tenggara dengan fokus pada kaum perempuan. UOB Lady’s Card dirancang untuk menawarkan keuntungan,…

SPKLU

Senin, 20 Mei 2024 - 14:33 WIB

Tren Mobil Listrik dan Renewable Energy Daya Pikat Investasi Kawasan Industri Kendal

Pemerintah Indonesia saat ini tengah giat mendorong pemanfaatan energi baru dan terbarukan (renewable energy) guna menurunkan emisi gas rumah kaca. Berbagai upaya dilakukan pemerintah, seperti…

PT Gunung Raja Paksi Tbk (GGRP)

Senin, 20 Mei 2024 - 14:31 WIB

Mengusung Produk Baja Ramah Lingkungan, GRP Siap Bersaing di Pasar Baja Dunia

PT Gunung Raja Paksi Tbk (GGRP) terus menggenjot penjualan baja ke pasar ekspor. Perseroan optimistis prospek dan permintaan ekspor baja pada tahun 2024 masih ada ruang untuk terus bertumbuh.…

TikTok

Senin, 20 Mei 2024 - 12:55 WIB

Analyzing TikTok's Marketing Model

In the digital age, social media platforms have revolutionized marketing strategies, offering innovative ways for brands to connect with their audiences. Among these platforms, TikTok has emerged…