Kemenperin: HKI dan Inovasi Jadi Peran Penting Tingkatkan Daya Saing Industri

Oleh : Ridwan | Selasa, 18 Juli 2017 - 17:50 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian, Haris Munandar mengatakan, hak kekayaan intelektual (HKI) dan inovasi berperan penting dalam peningkatan nilai tambah dari daya saing industri nasional. Penguatan HKI dapat menjadi penghela inovasi.

Untuk itu, Kemenperin telah memfasilitasi pengembangan HKI dan inovasi industri melalui lembaga penelitian dan pengembangan (Litbang) yang dimilikinya.

"Upaya ini untuk mewujudkan Indonesia sebagai produsen promotor maupun eksportir dari produk-produk yang berbasis kekayaan intelektual dengan standar internasional," ungkap Haris Munandar di Jakarta (18/7/2017).

Berdasarkan data dari Global Competitivenes Index dan World Economic Forum 2016-2017, Indonesia menempati peringkat ke-41 dari 138 negara dengan pilar inovasi menduduki peringkat ke-31, subpilar kapasitas inovasimenduduki peringkat ke-32, subpilar belanja teknologi tinggi pemerintah peringkat ke-12 dan subpilar paten internasional menduduki peringkat ke-99.

"Data tersebut menunjukkan bahwa inovasi yang dihasilkan masih berupa risetb dasar yang belum dapat diaplikasikan dan dikomersialkan dalam dunia industri," terangnya.

Untuk itu, lanjut Haris, diperlukan upaya-upaya peningkatan inovasi teknologi terapan yang lebih dapat diaplikasikan secara komersial, sehingga seluruh hasil inovasi tersebut dapat mendongkrak posisi daya saing Indonesia di kancah ekonomi global.

Salah satu upayanya adalah penguatan dan pengembangan HKI melalui perolehan paten atas invesi yang dihasilkan. Berdasarkan data World Intellectual Property Organization (WIPO), dari 9.153 paten yang terdaftar di Indonesia pada tahun 2015 sebanyak 8.095 paten atau 89 persen merupakan paten yang berasal dari luar negeri, sedangkan paten dalam negeri hanya sebesar 1.058 paten.

Hal tersebut menunjukkan bahwa masih banyaknya kendala yang perlu diatasi bersama dalam mengejar ketertinggalan dari negara maju. "Untuk mengejarnya perlu upaya melalui peningkatan sumber daya manusia serta anggaran dan fasilitas riset yang memadai untuk mendorong terciptanya inovasi yang dapat diaplikasikan," pungkas Haris.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Film Syirik Goes To School di SMA N 1 Gamping Meriah.

Sabtu, 27 April 2024 - 09:12 WIB

Meski Diguyur Hujan Deras, Film Syirik Goes To School di SMA N 1 Gamping Meriah.

Biasanya kalau acara di tempat terbuka diguyur hujan akan ditinggalkan penonton, tapi lain halnya saat Acara Film SyirikSyirik Neraka Pesisir Laut Selatan Goes To School di SMA N 1 Gamping Yogyakarta…

Forwan Terus Melaju Untuk Kesejahteraan Anggota Maju

Sabtu, 27 April 2024 - 09:06 WIB

Forwan Terus Melaju Untuk Kesejahteraan Anggota Maju

Diusia Satu Dekade, FORWAN akan terus berbenah, Forwan akan terus melaju, agar kesejahteraan anggota maju. Hal tersebut diungkapkan Sutrisno Buyil selaku Ketua Umum FORWAN pada perayaan ulang…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Sabtu, 27 April 2024 - 08:58 WIB

Kementerian PUPR Rampungkan Penataan Kawasan Pesisir Labuang Sebagai Destinasi Wisata Baru di Majene

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya telah merampungkan penataan Kawasan Pesisir Labuang di Kabupaten Majene sebagai destinasi wisata…

- PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia

Sabtu, 27 April 2024 - 06:46 WIB

Dukung Energi Hijau, Energasindo Heksa Karya, Tripatra, dan Pasir Tengah Berkolaborasi Kembangkan Compressed Bio Methane (“CBM”)

PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia yang sahamnya dimiliki oleh PT. Rukun Raharja, Tbk dan Tokyo Gas, PT Tripatra Engineering ("Tripatra"), anak perusahaan…

Siloam Hospitals

Sabtu, 27 April 2024 - 06:37 WIB

Siloam Hospitals Mempertahankan Pertumbuhan dan Melayani Lebih dari 1 Juta Pasien di Kuartal Pertama 2024

Siloam mengumumkan kinerja keuangan dan operasional untuk kuartal pertama tahun 2024. Perseroan mengawali tahun 2024 dengan pertumbuhan yang berkelanjutan dan telah melayani lebih dari 1 juta…