Widodo Makmur Perkasa, Angkit Agro Technology dan Dompet Dhuafa Berkolaborasi Perkuat Digitalisasi Sektor Peternakan & Pertanian

Oleh : Hariyanto | Kamis, 02 Desember 2021 - 10:48 WIB

Widodo Makmur Perkasa, Angkit Agro Technology dan Dompet Dhuafa Berkolaborasi Perkuat Digitalisasi Sektor Peternakan & Pertanian
Widodo Makmur Perkasa, Angkit Agro Technology dan Dompet Dhuafa Berkolaborasi Perkuat Digitalisasi Sektor Peternakan & Pertanian

INDUSTRY.co.id - Jakarta – PT Widodo Makmur Perkasa Tbk. (WMP) telah resmi menandatangani MoU bersama dengan Angkit Agro Technology dan Dompet Dhuafa sebagai mitra strategis Perusahaan dalam pengembangan Digitalisasi Sektor Peternakan & Pertanian Berbasis Pemberdayaan Masyarakat oleh WMP Group pada Jumat (19/11/2021) lalu.
 
Misi utama dari kolaborasi ini adalah optimalisasi potensi sektor peternakan dan pertanian, di mana dalam kolaborasi ini, WMP akan Melaksanakan kegiatan produksi sektor peternakan dan pertanian berbasis program pemberdayaan masyarakat dengan menjadi koordinator terhadap mitra peternak dan petani yang telah tergabung dibawah program pembinaan dan pengembangan WMP.

Sementara itu, Angkit Agro Technology akan menyediakan platform funding campaign yang menghimpun berbagai funding partners untuk terlibat dalam program agribisnis dan menyediakan layanan monitoring berbasis teknologi untuk akan digunakan semua pihak secara transparan guna memudahkan proses digitalisasi sektor peternakan dan pertanian, serta peningkatan kapasitas dan kapabilitas pengawasan baik bagi WMP maupun bagi para Investor.

Dan Terakhir, Dompet Dhuafa akan berperan untuk menyalurkan bantuan permodalan berbentuk wakaf produktif yang dibutuhkan untuk melaksanakan program ini, sebagai bentuk pemberdayaan bagi mitra peternak dan petani binaan.
 
Dengan kolaborasi ini diharapkan selain terjadinya peningkatan pemberdayaan para pelaku industri peternakan dan pertanian di Indonesia, juga dapat menjadi proyek percontohan kolaborasi korporasi, perusahaan teknologi, Lembaga non-profit, serta industri kerakyatan dalam memajukan perekonomian di Indonesia.
 
“Kami sangat menyambut baik kesempatan untuk berkolaborasi bersama Angkit Agro Technology serta Dompet Dhuafa ini. Langkah ini merupakan salah satu bentuk komitmen kami terhadap visi dalam meng-orkestrasi industri pangan di Indonesia, khususnya bagi para pelaku industri peternakan serta pertanian muda di Indonesia yang telah bergabung dalam program pembinaan kami. Selanjutnya kami berharap bahwa kolaborasi ini selain membawa dampak positif bagi para pelaku industri, juga dapat menjadi cikal bakal kebangkitan Indonesia sebagai kekuatan Pangan Dunia.” kata Tumiyana, CEO Widodo Makmur Perkasa yang dikutip INDUSTRY.co.id, Kamis (2/12/2021).
 
Fitra Abriwibawa, CEO Angkit Agro Technology mengatakan, sebagai Perusahaan Teknologi Agrikultur Indonesia yang bertujuan untuk menyediakan platform terintegrasi dan berbasis IoT, Angkit Agro Technology turut berbangga dengan kerjasama ini, dimana teknologi perusahaan dapat berperan sebagai jembatan antara pelaku industri peternakan dan pertanian dengan konsumen maupun investornya yang diharapkan dapat membawa akselerasi pada pertumbuhan sektor pangan ini. "Selain itu harapan kami kolaborasi ini dapat menjadi proyek percontohan bagi pelaku Industri pangan lainnya di Indonesia.” kata Fitra.

Doni Marlan, Direktur Pemberdayaan dan Pengembangan Ekonomi , mengatakan, langkah kolaborasi ini di ambil guna terpenuhinya kebutuhan kami akan komoditas peternakan maupun pertanian. "Dimana pada tahun lalu saja kami mencatatkan kebutuhan lebih dari 35.000 ekor hewan kurban. Kami meyakini bahwa kombinasi antara teknologi yang dimiliki oleh Angkit Agro, dan pengalaman WMP selama dua puluh enam tahun mengelola sektor peternakan dan pertanian, tidak hanya mampu mendongkrak terpenuhinya kebutuhan kami, namun juga akan mampu menghasilkan sapi-sapi kurban dengan kualitas terbaik untuk para shohibul kurban dan tentunya para Penerima Manfaat daging kurban tahun ini dan tahun-tahun yang akan datang. Di saat yang bersamaan, kolaborasi ini juga memiliki nafas yang selaras dengan visi dan misi Dompet Dhuafa dalam pemberdayaan kaum dhuafa, terutama yang terlibat dalam sektor ini.” ungkapnya.
 
PT. Widodo Makmur Perkasa Tbk., merupakan Perusahaan yang bergerak di bidang Consumer Goods dan Komoditas Agrikultur yang terintegrasi secara holistik dengan lima lini bisnis yakni Livestock, Meat Processing, Poultry, Commodity, serta Construction & Energy.

Sementara Angkit Agro Technology adalah perusahaan Teknologi Agrikultur Indonesia yang bertujuan untuk menyediakan platform terintegrasi dan berbasis IoT yang memungkinkan semua pemangku kepentingan di industri pertanian Indonesia untuk terhubung dan menciptakan ekosistem agribisnis yang transparan dan efisien.

Terakhir, Dompet Dhuafa yang merupakan salah satu Lembaga Amil Zakat Nasional terbesar dan terpercaya di Indonesia yang bertujuan mengentaskan kemiskinan, dan sejak 1993 Dompet Dhuafa membentang kebaikan zakat ke 28 juta penerima manfaat.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…