Pemerhati Pertanian Duga Telur Over Produksi, Harga Jatuh

Oleh : Wiyanto | Jumat, 15 Oktober 2021 - 08:41 WIB

Pedagang telur ayam
Pedagang telur ayam

INDUSTRY.co.id-Jakarta,- Pemerhati dan Praktisi Pertanian, Pieter Tangka menilai jatuhnya harga telur di pasaran akibat adanya over produksi, selain juga Stok berlimpah ini terjadi akibat jumlah ayam petelur yang juga meningkat.

"Jangan- jangan, ayam petelur bertambah banyak karena ada peternak baru yang pelihara ayam dengan jumlah yang banyak, jangan- jangan, peternak baru ini memiliki modal yang kuat, punya silo dan dryer, bahkan produksi pakan dan DOC sendiri,"ungkap Pieter.

Tidak hanya itu Pieter juga menduga munculnya peternak baru saat ini memborong hasil produksi jagung, dikarenakan para peternak mempunyai gudang dan silo dryer yang cukup. Akibatnya harga jagung naik dan tidak terjangkau oleh peternak mandiri.

"Jangan- jangan, peternak lokal mandiri, kurang modal, tak punya gudang, dan tak punya stock jagung, jangan- jangan, ini bagian dari skenario untuk mematikan peternak lokal mandiri," sambungnya.

Diketahui, jebloknya harga telur tidak dapat dihindari karena daya beli masyarakat juga turun akibat PPKM di berbagai daerah. Apalagi, industri hotel, restoran, dan kafe alias horeka yang cukup banyak menyerap telur ikut menahan pesanannya. Hal ini membuat pasokan telur berlebih di tengah masyarakat.

"Ini sekedar analisa membaca situasi. Yang terpenting harga telur dan peternak perlu dikawal bersama,"tutup Pieter.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bupati Indramayu, Jawa Barat, Hj. Nina Agustina

Minggu, 05 Desember 2021 - 09:04 WIB

Bupati Indramayu Nina dan Sembilan Lainnya Nominasi Anugerah Kebudayaan PWI-HPN 2022

Sepuluh bupati/wali kota dari Pulau Sumatera, Pulau Jawa, Pulau Kalimantan, Pulau Sulawesi hingga Pulau Nusa Tengggara Barat, terpilih menjadi nomine Anugerah Kebudayaan (AK) PWI pada Hari Pers…

Ilustrasi sektor kesehatan

Minggu, 05 Desember 2021 - 08:00 WIB

Pemerintah Teken Tiga LOI Sektor Kesehatan Capai Rp 10 Miliar

Pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) melalukan penandatanganan tiga Letter of Intent (LOI) dengan 3 perusahaan alat kesehatan.

Dankormar Mayjen Mar Suhartono

Minggu, 05 Desember 2021 - 06:00 WIB

Dankormar Mayjen (Mar) Suhartono Tinjau Museum Korps Marinir TNI AL

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono meninjau Museum Korps Marinir (MKM) TNI AL yang berlokasi di Kesatrian Marinir Moekijat Pasmar 2 Jalan. A.Yani No. 1A Gedangan,…

Sejumlah Perwira Pasmar 1 Laksanakan Gowes Sepeda Bersama

Minggu, 05 Desember 2021 - 05:45 WIB

Sejumlah Perwira Pasmar 1 Laksanakan Gowes Sepeda Bersama

Komandan Pasmar 1 Brigjen TNI (Mar) Hermanto, S.E., M.M., menggelar kegiatan bersepeda dalam rangka olahraga bersama jajaran Pejabat Utama Pasmar 1, Jumat (03/12/2021).

Tim Triathlon Pasmar 1 Juarai Belitung Sprint Triathlon 2021

Minggu, 05 Desember 2021 - 05:30 WIB

Tim Triathlon Pasmar 1 Juarai Belitung Sprint Triathlon 2021

Tim Triathlon Pasmar 1 tampil membanggakan pada Belitung Sprint Triathlon 2021 yang dilaksanakan di Pantai Tanjung Tinggi Lorin Hotel and Resort, Belitung, Sabtu (04/12/2021).