Aplikasi PeduliLindungi Masih Jadi Kendala Wisatawan saat Mengunjungi Destinasi Wisata

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 28 September 2021 - 10:30 WIB

Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah (Foto: @borobudurpark/Industry.co.id)
Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah (Foto: @borobudurpark/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Sebelumnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno melakukan uji coba pembukaan destinasi wisata di Indonesia pada beberapa minggu lalu. Hal ini merupakan sebagai upaya pemerintah untuk membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. 

Dalam Weekly Press Briefing, Sandiaga Uno menjelaskan bahwa uji coba penerapan protokol kesehatan dan penggunaan aplikasi PeduliLindungi untuk tempat wisata semakin terdistribusi ke lebih banyak destinasi. 

"Evaluasi uji coba so far so good, sudah kondusif. Yang kami lakukan sepertinya masyarakat sudah mulai terbiasa dengan keharusan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin dalam lingkup penggunaan aplikasi PeduliLIndungi. Jadi ya, so far so good," katanya di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Senin (27/9/2021).

Sandiaga mengungkapkan, rencananya uji coba akan diperluas ke tempat wisata atau taman rekreasi tahap II. Begitu juga dengan uji coba untuk restoran, rumah makan, dan kafe. Adapun uji coba tahap II adalah untuk daerah/kota dengan level III.

Ia pun menurutkan, adapun hasil dari pengawasan uji coba tempat wisata tahap I, diketahui diperlukan sejumlah perbaikan dalam beberapa hal.

"Update pengawasan uji coba tempat wisata ada beberapa hal. Pertama, masih banyak masyarakat yang belum paham aplikasi PeduliLindungi, walau aplikasi tersebut berdistribusi ke lebih banyak destinasi. Namun, masih ada kendala sinyal atau gagal login. Tapi, kami mendapatkan lebih banyak masukan yang akan meningkatkan untuk memperbaiki aplikasi ini," tuturnya. 

Selain itu penerapan pengecekan QR Code berpotensi menyebabkan antrian panjang. Bahkan, ada pengunjung tidak memiliki telpon genggam, serta anak 12 tahun tidak bisa memasuki taman rekreasi. 

"Kami di pemerintah pusat terus berkoordinasi dengan pemerintah provinsi hingga pemerintah daerah dalam pembukaan destinasi wisata. Kami rutin melakukan evaluasi dalam uji coba pembukaan destinasi wisata, sebagai upaya langkah yang akan diambil  dalam pembukaan destinasi wisata ke depannya," jelasnya.

Meski begitu, selain kendala penggunaan aplikasi PeduliLindungi Kemenparekraf pun mencatat ada beberapa hal yang masih perlu dievaluasi. Misalnya, kesadaran pengunjung untuk taat protokol kesehatan masih kurang (melepas masker), belum semua Taman Rekreasi menyediakan imbauan dan mengingatkan pengunjung tentang membuang masker pada tempat sampah infeksius secara lisan dan tertulis.

Lebih lanjut, belum semua taman rekreasi menyediakan transaksi pembayaran secara elektronik, kemudian masih banyak pintu yang berhubungan langsung dengan akses keluar masuk warga di sekitar taman rekreasi, serta pengelola belum menyediakan tanda pengaturan jumlah dan jarak antar pengguna toilet pada saat yang bersamaan.

Oleh karena itu, Kemenparekraf pun terus berkoordinasi dengan pihak terkait dalam hal pembukaan destinasi wisata di daerah-daerah lainnya. "Kami di pemerintah pusat terus berkoordinasi dengan pemerintah provinsi hingga pemerintah daerah dalam pembukaan destinasi wisata. Kami rutin melakukan evaluasi dalam uji coba pembukaan destinasi wisata, sebagai upaya langkah yang akan diambil dalam pembukaan destinasi wisata ke depannya," tukasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Infrastruktur listrik PLN

Senin, 27 Juni 2022 - 12:19 WIB

Dugaan PLN Hambat Industri Pasang PLTS Atap, Ketua Umum AESI: Menteri ESDM Harus Lapor Presiden

Ketua Umum Asosiasi Energi Surya Indonesia (AESI), Fabby Tumiwa, menyarankan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk melaporkan perihal kesulitan industri mendapatkan izin pemasangan…

Kurban Idul Adha (Dok INDUSTRY.co.id)

Senin, 27 Juni 2022 - 11:40 WIB

Menag Terbitkan Panduan Pelaksanaan Kurban 1443 Hijriah

Jakarta-Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor SE.10 Tahun 2022 tentang Panduan Penyelenggaraan Salat Hari Raya Iduladha dan Pelaksanaan Kurban Tahun 1443…

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia bersama Chairman Foxconn Young Liu

Senin, 27 Juni 2022 - 11:30 WIB

Foxconn Siap 'Guyur' Investasi di Sektor Kendaraan Listrik Hingga IKN

Hon Hai Precision Industry Co. Ltd (Foxconn) menyatakan kesiapannya menanamkan investasi di Indonesia. Hal tersebut diutarakan Chairman Hon Hai Precision Industry Co. Ltd (Foxconn) Young Liu…

SHAREit

Senin, 27 Juni 2022 - 11:23 WIB

SHAREit Catat Pertumbuhan Bisnis Mencapai 220% di Tahun Fiskal 21/22

Perusahaan teknologi global, SHAREit Group, mengumumkan pertumbuhan bisnis yang signifikan di Tahun Fiskal 2021/2022. Pertumbuhan ini ditunjukkan dari pertumbuhan aplikasi-aplikasi SHAREit Group,…

Ketum IMI Serahkan Trophy Juara MXGP Samota kepada Tim Gajser

Senin, 27 Juni 2022 - 11:10 WIB

Ketum IMI Serahkan Trophy Juara MXGP Samota kepada Tim Gajser

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo bersama Gubernur NTB Zulkiflimansyah menyerahkan trophy juara kepada pemenang MXGP Indonesia 2022 Tim Gajser dari…