Sektor Pariwisata NTT Ditawarkan kepada Investor Uni Eropa

Oleh : Herry Barus | Senin, 29 Mei 2017 - 12:21 WIB

Labuan Bajo. (Veronique Durruty/Gamma-Rapho via Getty Images)
Labuan Bajo. (Veronique Durruty/Gamma-Rapho via Getty Images)

INDUSTRY.co.id - Kupang- Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur menawarkan sejumlah peluang investasi kepada perwakilan Uni Eropa dalam pertemuan bersama pemerintah provinsi di Kupang, Senin (29/5/2017)

Gubernur NTT Frans Lebu Raya kepada awak media di Kupang usai pertemuan itu menyebutkan sejumlah peluang investasi yang ditawarkan kepada Uni Eropa seperti sektor pariwisata, pertanian-peternakan, dan kelautan perikanan.

Ia mengatakan, delegasi Uni Eropa melakukan kunjungan ke daerah itu selama tiga hari untuk melihat proyek-proyek yang dibiayai dana hibah melalui lembaga-lembaga kemasyarakatan setempat.

"Ada pendidikan, pariwisata, pemberdayaan, ekonomi, ternak, dan hari ini mereka ke Soe, Kabupaten Timor Tengah Selatan untuk melihat pengembangan ternak di sana," katanya.

Pihak Uni Eropa, katanya, juga menanyakan terkait infrastruktur-infrastruktur yang dibutuhkan untuk menunjang laju pembangunan di daerah kepulauan itu.

Selain itu, lanjutnya, ada pula pertanyaan lain terkait dengan bagaimana hubungan dengan negara tetangga baik Timor Leste maupun Australia.

"Saya sudah menjelaskan bahwa hubungan dengan kedua negara ini berlangsung baik dan kami tengah mendorong kerja sama segi tiga pertumbuhan ekonomi dan dengan Timor Leste dan Australia," katanya.

Ia mengatakan, Uni Eropa juga menyampaikan apresiasi kepada pemerintah dan masyarakat NTT yang telah menerima penghargaan terkait kerukunan agama dari Kementerian Agama beberapa waktu lalu.

Gubernur Lebu Raya mengatakan, selain bantuan hibah dari Uni Eropa, ia juga meminta agar perwakilan Uni Eropa bisa mempromosikan dan mendorong investor Uni Eropa untuk masuk berinvestasi.

"Masih banyak potensi dan peluang investasi di Nusa Tenggara Timur yang membutuhkan investasi sehingga pemerintah daerah siap memfasilitasi jika investor dari luar berminat untuk turut membangun daerah ini bersama-sama," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Prof.DR. Basuki Ranto

Selasa, 11 Agustus 2020 - 07:15 WIB

Ekonomi Lumpuh! Ini Saran Prof. DR Basuki Ranto Agar UMKM Bisa Menjadi Pemulih Ekonomi Nasional

Jakarta-Setelah berbagai kebijaksanaan Pemerintah terkait dengan pembatasan penyebaran Covid 19 mulai dari PSBB sampai menuju New Normal . PSBB melalui menghentikan kegiatan : bekerja , belajar…

Menteri BUMN Erick Thohir dan Ketum KADIN Rosan P Roeslani

Selasa, 11 Agustus 2020 - 07:00 WIB

Menteri BUMN Erick Thohir Ajak Pengusaha KADIN Bangkitkan Perekonomian Nasional

Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Erick Thohir mengatakan pemerintah berupaya keras melewati badai pandemi dengan menangani sisi kesehatan dan…

Penghargaa Insan Wartawan, Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2020

Selasa, 11 Agustus 2020 - 07:00 WIB

PWI Kembali Gelar Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2020

Menjelang Hari Pers Nasional (HPN) 9 Februari 2021, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) kembali menyelenggarakan Anugerah Jurnalistik Adinegoro yang merupakan penghargaan tertinggi untuk karya…

Gedung Pertamina

Selasa, 11 Agustus 2020 - 06:31 WIB

Pertamina Percepat Penggunaan Energi Terbarukan

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengungkapkan, pandemi covid-19 turut mempercepat pergeseran penggunaan bahan bakar energi dari fosil menjadi energi baru dan terbarukan…

Menteri BUMN Erick Thohir (ist)

Selasa, 11 Agustus 2020 - 05:05 WIB

Simak! Ini Janji Erick Thohir untuk Investor: Tak Perlu Pembebasan Tanah

Pemerintah berencana memberikan kemudahan bagi investor atau pengusaha yang berniat untuk berinvestasi di Indonesia dengan membangun pabrik. Adapun, kemudahan yang akan diberikan berupa keringanan…