Kementerian ESDM Terus Dorong Pemanfaatan Energi Baru Terbarukan

Oleh : Ridwan | Kamis, 25 Mei 2017 - 04:33 WIB

The 6th Indonesia EBTKE ConEx 2017
The 6th Indonesia EBTKE ConEx 2017

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Sebagai bagian dari upaya untuk mendorong pemanfaatan energi baru terbarukan dan energi bersih, Kementerian  Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bekerjasama dengan Masyarakat Energi Terbarukan Indonesia  (METI) akan kembali menyelenggarakan 'The 6th Indonesia EBTKE ConEx 2017'.

Event yang akan diselenggarakan pada tanggal 13-15 September 2017 di Balai Kartini, Jakarta. Kegiatan tahun ini akan dilaksanakan bersamaan dengan Indonesia Clean Energy Forum 2017 dengan mengusung tema 'Energi Terbarukan Adalah Solusi Untuk keamanan Energi dan Perjanjian Paris'.

Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM, Rida Mulyana mengatakan, Pemerintah saat ini terus mencari inovasi untuk energi baru terbarukan yang bisa mengganti bahan bakar foisil.

"Ketersediaan bahan bakar fosil saat ini semakin menipis, salah satunya karena tingginya pemakaian Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk transportasi," ungkap Rida Mulyana saat acara launching 'The 6th Indonesia EBTKE ConEx 2017 di Jakarta (24/5/2017).

Menurut Rida, saat ini pemerintah tengah menggencarkan upaya untuk mencari energi baru terbarukan yang diharapkan bisa menggantikan bahan bakar fosil sekaligus mendorong upaya-upaya konservasi energi tanpa menghambat kegiatan industri dan ekonomi.

"Kerjasama internasional mutlak dilaksanakan karena revolusi teknologi energi bersih merupakan keniscayaan global, hubungan serta kepercayaan internasional secara timbal balik di bidang energi menjadi hal yang tidak terelakan lagi," terangnya.

Event 'The 6th Indonesia EBTKE ConEx 2017' akan dikemas dalam bentuk Hi level meeting, pameran, konferensi, forum pemuda dan masyarakat, serta pelatihan dalam rangka mendukung upaya-upaya mencari sumber energi bersih. Dalam acara ini direncanakan International Energy Agency (IEA) sebagai mitra internasional akan turut ambil bagian menjadi co-host.

"kami berharap hasil diskusi, nantinya bisa menjadi masukan berharga bagi pemerintah, khususnya terkait kebijakan energi nasional dan rencana umum energi nasional," tutup Rida.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Utama PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk. (WEGE) Nariman Prasetyo menerima penghargaan sebagai CEO Driving Execution Perusahaan (Tbk)- BUMN dan Anak Perusahaan BUMN Terbaik dalam ajang 9th Anugerah BUMN 2020 yang bertempat di The Terrace – The MAJ Senayan, Kamis (9/7).

Jumat, 10 Juli 2020 - 21:59 WIB

Wijaya Karya Bangunan Gedung Raih Execution Terbaik di Ajang Anugerah BUMN Award 2020

Jakarta–Direktur Utama PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk. (WEGE) Nariman Prasetyo menerima penghargaan sebagai CEO Driving Execution Perusahaan (Tbk)- BUMN dan Anak Perusahaan BUMN Terbaik…

Hutan Reklamasi Pasca Tambang Batu Kapur di pabrik Tuban

Jumat, 10 Juli 2020 - 21:17 WIB

Keren! Ini Teknik Reklamasi SIG di Lahan Pascatambang Pabrik Tuban

Jakarta-PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) berkomitmen selalu menjaga kelestarian alam dalam menjalankan kegiatan operasionalnya.

Menteri Agama Fachrul Razi

Jumat, 10 Juli 2020 - 20:08 WIB

Menteri Agama: Saya dan Wamen Tidak Terlibat Dalam Seleksi Jabatan Eselon I dan II

Menteri Agama Fachrul Razi menegaskan bahwa dirinya dan Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'ad tidak terlibat dalam seleksi jabatan eselon I dan II di lingkungan Kementerian Agama.

Direktur KSKK Madrasah Kemenag A.Umar

Jumat, 10 Juli 2020 - 19:53 WIB

Mulai Tahun Pelajaran Baru 13 Juli Esok, Madrasah Gunakan Kurikulum PAI dan Bahasa Arab Baru

Madrasah akan memulai tahun pelajaran 2020/2021 mulai 13 Juli mendatang. Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah A Umar mengatakan bahwa Madrasah, baik Ibtidaiyah…

PT.Bumi Serpong Damai Tbk. (PTBSD)

Jumat, 10 Juli 2020 - 19:29 WIB

Triwulan I, BSDE Telah Realisasikan 25% dari Target Marketing Sales

Pengembang properti terkemuka di tanah air, PT Bumi Serpong Damai Tbk (kode saham: BSDE), telah merealisasikan marketing sales Rp1,79 triliun atau 25% dari target tahun 2020 pada triwulan satu…