Kementerian ESDM Terus Dorong Pemanfaatan Energi Baru Terbarukan

Oleh : Ridwan | Kamis, 25 Mei 2017 - 04:33 WIB

The 6th Indonesia EBTKE ConEx 2017
The 6th Indonesia EBTKE ConEx 2017

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Sebagai bagian dari upaya untuk mendorong pemanfaatan energi baru terbarukan dan energi bersih, Kementerian  Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bekerjasama dengan Masyarakat Energi Terbarukan Indonesia  (METI) akan kembali menyelenggarakan 'The 6th Indonesia EBTKE ConEx 2017'.

Event yang akan diselenggarakan pada tanggal 13-15 September 2017 di Balai Kartini, Jakarta. Kegiatan tahun ini akan dilaksanakan bersamaan dengan Indonesia Clean Energy Forum 2017 dengan mengusung tema 'Energi Terbarukan Adalah Solusi Untuk keamanan Energi dan Perjanjian Paris'.

Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM, Rida Mulyana mengatakan, Pemerintah saat ini terus mencari inovasi untuk energi baru terbarukan yang bisa mengganti bahan bakar foisil.

"Ketersediaan bahan bakar fosil saat ini semakin menipis, salah satunya karena tingginya pemakaian Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk transportasi," ungkap Rida Mulyana saat acara launching 'The 6th Indonesia EBTKE ConEx 2017 di Jakarta (24/5/2017).

Menurut Rida, saat ini pemerintah tengah menggencarkan upaya untuk mencari energi baru terbarukan yang diharapkan bisa menggantikan bahan bakar fosil sekaligus mendorong upaya-upaya konservasi energi tanpa menghambat kegiatan industri dan ekonomi.

"Kerjasama internasional mutlak dilaksanakan karena revolusi teknologi energi bersih merupakan keniscayaan global, hubungan serta kepercayaan internasional secara timbal balik di bidang energi menjadi hal yang tidak terelakan lagi," terangnya.

Event 'The 6th Indonesia EBTKE ConEx 2017' akan dikemas dalam bentuk Hi level meeting, pameran, konferensi, forum pemuda dan masyarakat, serta pelatihan dalam rangka mendukung upaya-upaya mencari sumber energi bersih. Dalam acara ini direncanakan International Energy Agency (IEA) sebagai mitra internasional akan turut ambil bagian menjadi co-host.

"kami berharap hasil diskusi, nantinya bisa menjadi masukan berharga bagi pemerintah, khususnya terkait kebijakan energi nasional dan rencana umum energi nasional," tutup Rida.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gojek-Blibli Sepakat Tingkatkan Industri Pariwisata Melalui Platform Digital

Senin, 16 September 2019 - 09:00 WIB

Gojek-Blibli Sepakat Tingkatkan Industri Pariwisata Melalui Platform Digital

Dua perusahaan berbasis digital yakni PT. Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek) dan PT Global Digital Niaga (Blibli.com) menyatakan dukungannya dalam pengembangan pariwisata melalui platform digital.

Ilustrasi Gula (Ist)

Senin, 16 September 2019 - 08:07 WIB

Swasembada Gula Putih di Depan Mata

Jakarta - Dorongan terus dilakukan oleh Kementerian Pertanian (Kementan) terhadap investor di bidang gula untuk meningkatkan kapasitas produksi gula guna mencapai target memenuhi kebutuhan gula…

IHSG - Bursa Efek Indonesia (Dok INDUSTRY.co.id)

Senin, 16 September 2019 - 08:02 WIB

Awal Pekan IHSH Bergerak Terkoreksi

Jakarta - Secara teknikal pergerakan IHSG mengkonfirmasi pola dark cloud cover dengan terkoreksi menguji MA50 kembali yang berad dikisaran 6300. Indikator Stochastic memiliki pola dead-cross…

 founder BeauCell Indah Ludiana Ester Meiliana dan Imelda Willy bersama Para selebritis saat pembukaan Beaucell

Senin, 16 September 2019 - 08:02 WIB

Klinik Kecantikan BeauCell Selaraskan Dengan Teknologi Industri 4.0

Pesatnya kemajuan teknologi di industri 4.0 juga berdampak pada industri kecantikan. Seiring perubahan zaman masyarakat urban mengidamkan kehadiran klinik kecantikan terpadu yang menawarkan…

Fajar Hutomo, Deputi Akses Permodalan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf)

Senin, 16 September 2019 - 07:42 WIB

Bekraf Sambut Kehadiran Blockchain Bisa Atasi Sejumlah Persoalan Hak Intelektual

Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) menyambut antusias keberadaaan tekhnologi blockhain di tanah air karena sangat membantu mengatasi sejumlah persoalan Hak Inelektual yang terjadi selama ini. Sejumlah…