Kementerian ESDM Terus Dorong Pemanfaatan Energi Baru Terbarukan

Oleh : Ridwan | Kamis, 25 Mei 2017 - 04:33 WIB

The 6th Indonesia EBTKE ConEx 2017
The 6th Indonesia EBTKE ConEx 2017

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Sebagai bagian dari upaya untuk mendorong pemanfaatan energi baru terbarukan dan energi bersih, Kementerian  Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bekerjasama dengan Masyarakat Energi Terbarukan Indonesia  (METI) akan kembali menyelenggarakan 'The 6th Indonesia EBTKE ConEx 2017'.

Event yang akan diselenggarakan pada tanggal 13-15 September 2017 di Balai Kartini, Jakarta. Kegiatan tahun ini akan dilaksanakan bersamaan dengan Indonesia Clean Energy Forum 2017 dengan mengusung tema 'Energi Terbarukan Adalah Solusi Untuk keamanan Energi dan Perjanjian Paris'.

Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM, Rida Mulyana mengatakan, Pemerintah saat ini terus mencari inovasi untuk energi baru terbarukan yang bisa mengganti bahan bakar foisil.

"Ketersediaan bahan bakar fosil saat ini semakin menipis, salah satunya karena tingginya pemakaian Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk transportasi," ungkap Rida Mulyana saat acara launching 'The 6th Indonesia EBTKE ConEx 2017 di Jakarta (24/5/2017).

Menurut Rida, saat ini pemerintah tengah menggencarkan upaya untuk mencari energi baru terbarukan yang diharapkan bisa menggantikan bahan bakar fosil sekaligus mendorong upaya-upaya konservasi energi tanpa menghambat kegiatan industri dan ekonomi.

"Kerjasama internasional mutlak dilaksanakan karena revolusi teknologi energi bersih merupakan keniscayaan global, hubungan serta kepercayaan internasional secara timbal balik di bidang energi menjadi hal yang tidak terelakan lagi," terangnya.

Event 'The 6th Indonesia EBTKE ConEx 2017' akan dikemas dalam bentuk Hi level meeting, pameran, konferensi, forum pemuda dan masyarakat, serta pelatihan dalam rangka mendukung upaya-upaya mencari sumber energi bersih. Dalam acara ini direncanakan International Energy Agency (IEA) sebagai mitra internasional akan turut ambil bagian menjadi co-host.

"kami berharap hasil diskusi, nantinya bisa menjadi masukan berharga bagi pemerintah, khususnya terkait kebijakan energi nasional dan rencana umum energi nasional," tutup Rida.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BNI Syariah Salurkan Pembiayaan Sindikasi Cimanggis Cibitung Tollways Rp 400 Miliar

Rabu, 24 April 2019 - 23:26 WIB

BNI Syariah Salurkan Pembiayaan Sindikasi Cimanggis Cibitung Tollways Rp 400 Miliar

BNI Syariah turut berkontribusi dalam pembangunan infrastruktur. Salah satunya adalah dengan berpartisipasi dalam pembiayaan sindikasi pembangunan proyek jalan tol.Terbaru, BNI Syariah ikut…

Iffan Suryanto-President Director Electrolux Indonesia, bersama Barli Asmara-Indonesia Fashion Designer dan Chandra Yudasswara-Electrolux Chef.

Rabu, 24 April 2019 - 23:18 WIB

Electrolux100YearsOfBetterLiving Wujudkan Hidup Lebih Baik bersama Electrolux

Tepat satu abad sudah Electrolux mendampingi pelanggan di seluruh dunia dengan berbagai inovasinya, membantu membentuk kehidupan yang lebih membahagiakan dan berkelanjutan bagi ratusan juta…

Direktur Utama Bank, BTN, Maryono, sedang memberikan kuliah umum di kampus Universitas Andalas di Padang, Sumatera Barat, Rabu (24/04/2019)

Rabu, 24 April 2019 - 22:38 WIB

Bank BTN Berharap Dunia Kampus dapat Beradaptasi dengan Teknologi Digital

PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN), atau Bank BTN, menilai dunia pendidikan perlu dibekali pengetahuan yang sesuai dengan kebutuhan zaman sehingga lulusannya mampu beradaptasi dengan kemajuan…

Sriyono pengrajin kain pantai Sukoharjo yang mendunia

Rabu, 24 April 2019 - 22:09 WIB

Kisah Sukses Sriyono Pengrajin Kain Pantai Sukoharjo yang Mendunia

Di Kabupaten Sukoharjo banyak pelaku UMKM yang sukses membangun usahanya setelah mendapat pinjaman bunga lunak dari LPDB melalui BPR Kartarsura Makmur.

Hoshino Resorts Aomoriya

Rabu, 24 April 2019 - 22:00 WIB

Hoshino Resorts Aomoriya Terpilih Jadi Salah Satu dari 20 Ryokan Terbaik di Jepang

Perusahaan Manajemen Hotel, Hoshino Resorts melalui salah satu cabangnya, Hoshino Resorts Aomoriya, dinobatkan untuk pertama kalinya dalam "Top20 Ryokans in Japan by International Travelers…