Pertamina International Shipping Luncurkan Kapal Super Besar Pengangkut Minyak Mentah Berkapasitas Dua Juta Barel

Oleh : Hariyanto | Rabu, 20 Januari 2021 - 11:55 WIB

Kapal Buatan Perusahaan Pelat Merah
Kapal Buatan Perusahaan Pelat Merah

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT. Pertamina International Shipping (PIS) meluncurkan kapal pengangkut minyak mentah berkapasitas dua juta barel. Peluncuran ini dilakukan secara virtual pada Selasa, 19 Januari 2021.

Kapal super besar yang dikerjakan bersama antara Pertamina dan Japan Marine United (JMU) tersebut menjawab tantangan bisnis pertamina yang berkomitmen menjamin kelancaran BBM nasional.

“Untuk menjamin kelancaran pasokan BBM nasional, PIS membangun kapal very large crude carriers (VLCC) Pertamina Prime. Ini sebagai wujud upaya kami untuk memiliki armada yang tangguh sehingga mampu mengirim minyak mentah dengan kapasitas besar yaitu dua juta barel,” ujar Direktur Strategi, Portofolio, dan Pengembangan Usaha Pertamina Iman Rachman dalam keteranganya yang dikutip INDUSTRY.co.id, Rabu (21/1/2021).

CEO Shipping Company (PT Pertamina International Shipping) Erry Widiastono mengatakan, proyek pembangunan dua unit kapal pengangkut minyak mentah di galangan JMU ini merupakan wujud nyata partisipasi PIS dalam mendukung pasokan kebutuhan feedstock kilang Pertamina.

"Fungsi utama kapal ini adalah mengangkut minyak mentah, tentunya sudah melalui persyaratan regulasi pelayaran internasional, hal ini juga menjawab tantangan bisnis Pertamina yang semakin tinggi," kata Erry.

Dia juga mengatakan bahwa untuk sementara ini yang bisa menerima di Indonesia adalah kilang Cilacap. "Maka itu fasilitas pelabuhan juga harus mendukung untuk kapal bersandar. Rencananya kapal ini digunakan untuk mengangkut minyak mentah dari Arab ke kilang Cilacap,” ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama, President Commisioner PT Pertamina International Shipping Ahmad Junaedy Ganie mengatakan, kapal itu merupakan impian Pertamina sejak lama dan kini berhasil mewujudkannya.

“Kami sangat bangga bisa launching kapal raksasa ini, sungguh prestasi yang sangat luar biasa. Pesan kami agar seluruh proses pengoperasian akan selalu dilaksanakan sesuai dengan prinsip good governence, dan perushaan bisa mempertahankan prestasi ini," ungkapnya.

Ahmad berharap, kehadiran kapal itu bisa berkembang, semakin cepat, dan berdaya saing tinggi, serta menjadi kebanggaan Indonesia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bahana TCW

Selasa, 16 April 2024 - 15:16 WIB

Berkinerja baik, Bahana ETF Bisnis 27 Diganjar Penghargaan sebagai Best ETF Indeks dalam Best Mutual Funds Award 2024

Masyarakat Indonesia telah familiar dengan berbagai jenis investasi termasuk reksa dana. Beberapa produk reksa dana yang secara umum hadir di tengah masyarakat Indonesia yakni reksa dana pasar…

Halalbihalal Idul Fitri 1445 H, Menteri Basuki Ingatkan Insan PUPR Perbarui Niat Kerja untuk Ibadah

Selasa, 16 April 2024 - 14:03 WIB

Halalbihalal Idul Fitri 1445 H, Menteri Basuki Ingatkan Insan PUPR Perbarui Niat Kerja untuk Ibadah

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar kegiatan Halalbihalal di kantor Kementerian PUPR pada hari pertama masuk kantor usai Libur Idul Fitri 1445 H, Selasa (16/4/2024),…

Atasi Downtime, Simak Strategi Ini Agar Hybrid Meeting Berjalan Lancar

Selasa, 16 April 2024 - 13:53 WIB

Atasi Downtime, Simak Strategi Ini Agar Hybrid Meeting Berjalan Lancar

Penerapan sistem kerja hybrid di Indonesia semakin bertambah. Survei Logitech mengenai "Hybrid Work Trend & Insights Indonesia 2023" menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan (27%) dalam…

Xiaomi Ramadan Xtra

Selasa, 16 April 2024 - 10:48 WIB

Promo Ramadan Xtra Xiaomi Hadirkan Potongan Harga Hingga 800 Ribu Rupiah

Ramadan 2024 menjadi istimewa karena suasana telah kembali normal, memungkinkan setiap orang sepenuhnya mengabdikan diri pada ibadah, doa, serta memperkuat ikatan keluarga dan kerabat.

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Tinjau Arus Balik Lebaran 1445 H/2024

Selasa, 16 April 2024 - 10:12 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Tinjau Arus Balik Lebaran 1445 H/2024

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto bersama Menko PMK Muhadjir Effendy, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau pelaksanaan arus…