Ini Sejarah Berdirinya Pabrik Perkebunan Teh Kertowono Peninggalan Belanda

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 17 April 2017 - 10:33 WIB

Pabrik Teh PT. Perkebunan Nusantara XII (PTPN) Kebun Kertowono (Chodijah Febriyani/INDUSTRY.co.id)
Pabrik Teh PT. Perkebunan Nusantara XII (PTPN) Kebun Kertowono (Chodijah Febriyani/INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id, Lumajang - Suasana asri yang disuguhkan oleh Kebun Teh Kertowono, Gucialit Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Hamparan warna kehijauan dari dedaunan tanaman teh, suasana dan udara yang sejuk, serta pemandangan gunung terpampang jelas menjadi pemandangan yang dapat memanjakan mata.

Hamparan Perkebunan Teh Kertowono (Chodijah Febriyani/INDUSTRY.co.id)

Gucialit sendiri berada Kecamatan Gucialit, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Dengan luasan sekitar 2267,97 hektare, terdapat perkebunan teh serta pemandangan yang dapat memikat mata Anda. Begitu juga dengan aktifitas para pemetik teh disana menjadi suatu keindahan yang tak ada habisnya untuk dinikmati dan diabadikan dengan kamera.

Tempat wisata yang dikelola oleh PTPN XII Kertowono di Desa Gucialit Kecamatan GuciAlit dengan jarak tempuh kurang dari 55 km dari pusat kota.

Menurut Yoga, sebagai Tata Usaha di PTPN XII ini mengatakan "PTPN XII Kertowono ini berdiri sejak tahun 1910, untuk komoditas awal yakni kopi dan kina, namun pada saat era pemerintahan silih berganti, akhirnya ditetapkan komoditas andalanya berupa teh," ujarnya kepada Industry.co.id, di Lumajang, Senin (10/4/2017).

Berdiri sejak tahun 1910, selain komoditi teh terdapat pula tanaman holtikultural yakni, kelapa, gula kelapa dan aneka kayu.

"Untuk sampingan kita, selain teh terdapat pula tanaman holtikultural yakni, kelapa, gula kelapa dan aneka kayu," lanjut Yoga.

Kebun Teh Kertowono dari tahun ke tahun diproduksi terus menerus dan selalu mencapai target serta selalu meningkat, itu bisa dilihat dari perkembangan pengiriman produksi kita, dan konsumen kita dari tahun ke tahun semakin bertambah, sambung Yoga.

 Penampakan Gunung Semeru di Perkebunan Teh Kertowono yang diselimuti Awan (Chodijah Febriyani/INDUSTRY.co.id)

Menurutnya, PTPN XII mempunyai tiga unit pabrik pengelolaan teh, yang pertama di Kabupaten Lumajang, Malang dan yang ketiga di Kabupaten Blitar. Dari ketiga unit pabrik teh, mempunyai karakter yang berbeda-beda. Mulai dari aromanya yang dihasilkan dari kultur tanahnya, ketinggian serta cuacanya.

"Kalau Kebun Teh Kertowono sendiri mempunyai kepekatan dan teh kita berwarna merah bata," kata Yoga.

PTPN XII Kertowono ini, merupakan bangunan tua, bisa dibilang alatnya berumur 1 abad lebih.

"kami berencana untuk memuseumkan, untuk destinasi wisata yang mengarah kesejarah, ya mungkin ini masih menjadi pertimbangan kita, pelan-pelan saja," ujarnya.

Pabrik Teh PTPN XII Kertowono mempunyai alat mesin yang masih asli, jumlahnya sepaket mulai dari penggilingan hingga sortasi, dan memiliki beberapa bagian pengelolaan mulai dari penerimaan, pelayuan, penggilingan, pengeringan, sortasi, hingga penyimpanan masih pakai kayu.

"Untuk konsep awal, banyak orang yang berpikiran bahwa ini kan bangunan tua peninggalan Belanda, masuk saja tidak berani, tapi kalau sekarang kita open dan welcome kepada para wisatawan, asalkan sesuai dengan prosedural," pungkas Yoga.

Untuk bisa menuju ke Perkebunan Teh Kertowono ini Anda bisa melewati akses dari arah barat yakni, Surabaya ke timur ke Probolinggo dan menuju ke arah selatan jalur Jember, atau bisa melewati jalur Malang.

Kesegaran Daun Teh yang diselimuti Embun di Pagi Hari (Chodijah Febriyani/INDUSTRY.co.id)

Untuk mendapatkan teh asli Kertowono saat ini tidak sulit, karena sudah memasuki pemasaran di daerah Lumajang, serta Teh asal Kertowono ini sudah diekspor ke Eropa, Asia serta Timur Tengah, dan juga teh besutan PTPN XII mendapat peringkat kedua menjadi teh terbaik di dunia setelah India.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Anugerah KIP 2021 Klasifikasi Badan Publik Informatif

Selasa, 26 Oktober 2021 - 22:00 WIB

KemenKopUKM Raih Anugerah KIP 2021 Klasifikasi Badan Publik Informatif

Kementerian Koperasi dan UKM berhasil meraih Anugerah Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Tahun 2021 untuk klasifikasi Badan Publik Informatif dengan kategori penilaian tertinggi.

OMAI Stimuno

Selasa, 26 Oktober 2021 - 21:46 WIB

Sukses Pasarkan OMAI Stimuno ke Mancanegara, Dexa Medica Sabet Penghargaan Primaniyarta 2021

Berkontribusi meningkatkan ekspor salah satu produk farmasi Obat Modern Asli Indonesia (OMAI) yakni STIMUNO ke pasar nontradisional, Dexa Group melalui PT Dexa Medica meraih penghargaan Primaniyarta…

Ketua Umum PII Heru Dewanto

Selasa, 26 Oktober 2021 - 21:30 WIB

Persatuan Insinyur Indonesia Bantu 50 Mahasiswa dan Lulusan Program Vokasi Asal Indonesia Bekerja di Hungaria

Persatuan Insinyur Indonesia (PII) bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), membantu 50 orang yang terdiri dari mahasiswa dan lulusan program vokasi asal Indonesia…

Anggota Komisi VII DPR RI Mukhtarudin

Selasa, 26 Oktober 2021 - 20:02 WIB

Legislator Golkar Minta Pemerintah Genjot Vaksinasi Covid-19 di Daerah Luar Jawa-Bali

Anggota Komisi VII DPR RI Mukhtarudin meminta pemerintah mempercepat vaksinasi di luar Jawa-Bali, mengingat sampai saat ini, baru 5 provinsi yang capaian vaksinasinya di atas nasional

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat mendampingi Presiden Joko Widodo pada acara peresmian pabrik gula PT Prima Alam Gemilang (PAG) di Bombana, Sulawesi Tenggara

Selasa, 26 Oktober 2021 - 19:45 WIB

Menperin Agus: Industri Manufaktur Sukses Jadi Penopang Utama Ekonomi RI

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengungkapkan bahwa sektor industri manufaktur Indonesia selama tujuh tahun pemerintahan Joko Widodo tetap memainkan peranan penting…