Ini Sejarah Berdirinya Pabrik Perkebunan Teh Kertowono Peninggalan Belanda

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 17 April 2017 - 10:33 WIB

Pabrik Teh PT. Perkebunan Nusantara XII (PTPN) Kebun Kertowono (Chodijah Febriyani/INDUSTRY.co.id)
Pabrik Teh PT. Perkebunan Nusantara XII (PTPN) Kebun Kertowono (Chodijah Febriyani/INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id, Lumajang - Suasana asri yang disuguhkan oleh Kebun Teh Kertowono, Gucialit Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Hamparan warna kehijauan dari dedaunan tanaman teh, suasana dan udara yang sejuk, serta pemandangan gunung terpampang jelas menjadi pemandangan yang dapat memanjakan mata.

Hamparan Perkebunan Teh Kertowono (Chodijah Febriyani/INDUSTRY.co.id)

Gucialit sendiri berada Kecamatan Gucialit, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Dengan luasan sekitar 2267,97 hektare, terdapat perkebunan teh serta pemandangan yang dapat memikat mata Anda. Begitu juga dengan aktifitas para pemetik teh disana menjadi suatu keindahan yang tak ada habisnya untuk dinikmati dan diabadikan dengan kamera.

Tempat wisata yang dikelola oleh PTPN XII Kertowono di Desa Gucialit Kecamatan GuciAlit dengan jarak tempuh kurang dari 55 km dari pusat kota.

Menurut Yoga, sebagai Tata Usaha di PTPN XII ini mengatakan "PTPN XII Kertowono ini berdiri sejak tahun 1910, untuk komoditas awal yakni kopi dan kina, namun pada saat era pemerintahan silih berganti, akhirnya ditetapkan komoditas andalanya berupa teh," ujarnya kepada Industry.co.id, di Lumajang, Senin (10/4/2017).

Berdiri sejak tahun 1910, selain komoditi teh terdapat pula tanaman holtikultural yakni, kelapa, gula kelapa dan aneka kayu.

"Untuk sampingan kita, selain teh terdapat pula tanaman holtikultural yakni, kelapa, gula kelapa dan aneka kayu," lanjut Yoga.

Kebun Teh Kertowono dari tahun ke tahun diproduksi terus menerus dan selalu mencapai target serta selalu meningkat, itu bisa dilihat dari perkembangan pengiriman produksi kita, dan konsumen kita dari tahun ke tahun semakin bertambah, sambung Yoga.

 Penampakan Gunung Semeru di Perkebunan Teh Kertowono yang diselimuti Awan (Chodijah Febriyani/INDUSTRY.co.id)

Menurutnya, PTPN XII mempunyai tiga unit pabrik pengelolaan teh, yang pertama di Kabupaten Lumajang, Malang dan yang ketiga di Kabupaten Blitar. Dari ketiga unit pabrik teh, mempunyai karakter yang berbeda-beda. Mulai dari aromanya yang dihasilkan dari kultur tanahnya, ketinggian serta cuacanya.

"Kalau Kebun Teh Kertowono sendiri mempunyai kepekatan dan teh kita berwarna merah bata," kata Yoga.

PTPN XII Kertowono ini, merupakan bangunan tua, bisa dibilang alatnya berumur 1 abad lebih.

"kami berencana untuk memuseumkan, untuk destinasi wisata yang mengarah kesejarah, ya mungkin ini masih menjadi pertimbangan kita, pelan-pelan saja," ujarnya.

Pabrik Teh PTPN XII Kertowono mempunyai alat mesin yang masih asli, jumlahnya sepaket mulai dari penggilingan hingga sortasi, dan memiliki beberapa bagian pengelolaan mulai dari penerimaan, pelayuan, penggilingan, pengeringan, sortasi, hingga penyimpanan masih pakai kayu.

"Untuk konsep awal, banyak orang yang berpikiran bahwa ini kan bangunan tua peninggalan Belanda, masuk saja tidak berani, tapi kalau sekarang kita open dan welcome kepada para wisatawan, asalkan sesuai dengan prosedural," pungkas Yoga.

Untuk bisa menuju ke Perkebunan Teh Kertowono ini Anda bisa melewati akses dari arah barat yakni, Surabaya ke timur ke Probolinggo dan menuju ke arah selatan jalur Jember, atau bisa melewati jalur Malang.

Kesegaran Daun Teh yang diselimuti Embun di Pagi Hari (Chodijah Febriyani/INDUSTRY.co.id)

Untuk mendapatkan teh asli Kertowono saat ini tidak sulit, karena sudah memasuki pemasaran di daerah Lumajang, serta Teh asal Kertowono ini sudah diekspor ke Eropa, Asia serta Timur Tengah, dan juga teh besutan PTPN XII mendapat peringkat kedua menjadi teh terbaik di dunia setelah India.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

SILO Dukung Deteksi Kanker Dini Melalui #Selangkah 2024

Kamis, 18 April 2024 - 10:34 WIB

SILO Dukung Deteksi Kanker Dini Melalui #Selangkah 2024

PT Siloam International Hospitals Tbk. (SILO), anak usaha PT Lippo Karawaci Tbk. (LPKR) di sektor layanan kesehatan, berkomitmen mengembangkan industri kesehatan dengan memberikan layanan spesialisasi…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 18 April 2024 - 10:34 WIB

Menperin Agus Antisipasi Dampak Gejolak Geopolitik Dunia Bagi Sektor Industri

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus memantau situasi geopolitik dunia yang tengah bergejolak. Saat ini situasi Timur Tengah semakin memanas dengan adanya konflik Iran dan Israel baru-baru…

Turut Serta Dalam Pertumbuhan Ekonomi Nasional, Bank Sampoerna Bukukan Kinerja yang Baik

Kamis, 18 April 2024 - 09:46 WIB

Turut Serta Dalam Pertumbuhan Ekonomi Nasional, Bank Sampoerna Bukukan Kinerja yang Baik

Penyaluran kredit yang dilakukan perbankan, termasuk PT Bank Sahabat Sampoerna (“Bank Sampoerna”) terus mengalami peningkatan seiring dengan pertumbuhan ekonomi nasional. Pada akhir tahun…

KIIP Food Thinwall Packaging Raih Penghargaan Top Brand 2024 untuk Ketiga Kalinya

Kamis, 18 April 2024 - 09:38 WIB

KIIP Food Thinwall Packaging Raih Penghargaan Top Brand 2024 untuk Ketiga Kalinya

Dalam industri produk makanan, berbagai merek terus berlomba-lomba untuk menciptakan identitas unik dan menarik bagi konsumen melalui kemasan mereka. Oleh karena itu, produsen kemasan makanan…

POLYTRON Hadirkan Fast Charging Station untuk Mendukung Kendaraan Listrik

Kamis, 18 April 2024 - 09:31 WIB

POLYTRON Hadirkan Fast Charging Station untuk Mendukung Kendaraan Listrik

Dalam menghadapi transisi menuju transportasi berkelanjutan, pemerintah telah meluncurkan program baru untuk mendorong penggunaan kendaraan listrik di seluruh negeri, misalnya dengan program…