Berbagai Upaya Menperin Agus Gumiwang 'Jagain' Sektor industri di Tengah Pandemi Layak di Acungi Jempol

Oleh : Candra Mata | Jumat, 26 Juni 2020 - 10:01 WIB

Menperin Agus Gumiwang dan Danlanal Tegal Tinjau KIB Brebes
Menperin Agus Gumiwang dan Danlanal Tegal Tinjau KIB Brebes

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) memastikan sektor industri akan menjadi salah satu andalan dalam percepatan pemulihan ekonomi nasional. 

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita melalui keterangan tertulis yang diterima redaksi Industry.co.id Kamis malam (25/5). 

“Di tengah tantangan dampak pandemi Covid-19, sektor industri tetap menjadi kontributor terbesar untuk Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia sebesar 19,98 persen,” kata Menperin Agus. 

Adapun kontribusi sektor industri tersebut ialah sebesar Rp700,51 triliun.  

Selain itu kontribusi lain Industri manufaktur juga tercermin dari sisi penyerapan tenaga kerja, dimana hingga saat ini telah mempekerjakan sebanyak 18,5 juta pekerja.

Menurut Menperin Agus, pihaknya terus berusaha keras mendorong kebangkitan industri nasional, salah satu nya dengan menerbitkan berbagai kebijakan yang pro bisnis, seperti penerbitan surat edaran yang mendorong pabrik dapat beroperasi dengan aman selama penerapan Pembatasan Sosial Skala Besar (PSBB). 

“Kemenperin telah menerbitkan Izin Operasional dan Mobilitas Kegiatan Industri (IOMKI) untuk mengamankan kelangsungan bisnis sektor industri, namun tetap menjalankan protokol kesehatan yang ketat,” kata Menperin Agus. 

Dikatakan Agus, dengan memperoleh IOMKI tersebut maka industri dipastikan dapat terus beroperasi ditengah pandemi.

"Sampai saat ini Kami telah mengeluarkan sebanyak 17,5 ribu izin operasi, yang mewakili total tenaga kerja hingga 4,9 juta orang," jelasnya.

Namun, tidak melulu terkait kebijakan izin operasional, usaha keras Pemerintah melalui Kemneperin lainnya yang strategis ialah memberikan berbagai kebijakan fiskal dan non-fiskal untuk para pelaku industri manufaktur.

“Kami memberikan stimulus untuk industri yang terkena dampak pandemi dalam bentuk relaksasi pajak impor, pajak penghasilan, restitusi pajak pertambahan nilai, serta tunjangan pajak penghasilan untuk masing-masing perusahaan,” ucap Menperin.

Stimulus dimaksud ialah menawarkan fasilitas pajak potongan super hingga 300 persen untuk perusahaan yang mengembangkan kegiatan litbang. 

Lalu mendapat potongan pajak hingga 200 persen bagi perusahaan yang terlibat dalam pengembangan pendidikan vokasi. 

“Implementasi kebijakan fiskal dan nonfiskal itu untuk membantu aliran dana (cash flow) perusahaan, termasuk super deductible tax bagi perusahaan yang berinvestasi di bidang R&D dan pelatihan vokasi,” ujar Menperin.

Guna menggenjot sektor industri agar mampu segera rebound, Kemenperin juga telah mengusulkan berbagai stimulus tambahan, di antaranya pengurangan biaya energi listrik dan gas agar lebih proporsional, mengusulkan fleksibilitas dalam pembiayaan bagi industri manufaktur, serta mendorong substitusi impor. 

"Usulan tersebut merupakan tindak lanjut dari kebijakan-kebijakan yang telah dikeluarkan pemerintah," pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Jumat, 26 April 2024 - 15:10 WIB

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Sebagai bagian dari ekspansinya di Asia Tenggara, Sports Direct Malaysia, Sdn Bhd ("Frasers Group Asia") – afiliasi dari grup ritel internasional terkemuka Frasers Group plc ("Frasers Group",…

Pengamat hukum Dr. (Cand.) Hardjuno Wiwoho

Jumat, 26 April 2024 - 14:47 WIB

UU Perampasan Aset dan BLBI Jadi PR Prabowo-Gibran

Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka harus melanjutkan agenda pemberantasan korupsi yang sudah dicanangkan pemerintahan sebelumnya sebagai…