PTPN XII Harapkan IGG Mampu Giling 777 Ribu Ton Tebu Pada Musim Giling Tahun Ini

Oleh : Hariyanto | Selasa, 12 Mei 2020 - 11:36 WIB

Ilustrasi Truk Pengangkut Tebu (Ist)
Ilustrasi Truk Pengangkut Tebu (Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XII  berharap, PT Industri Gula Glenmore (IGG) mampu menggiling tebu hingga 777 ribu ton pada musim giling yang akan dimulai minggu ke 3 Juni mendatang.

Direktur Utama (Dirut) PTPN XII, M Cholidi mengatakan, ini merupakan tahun ke 5, IGG sebagai anak perusahaan PTPN XII, melakukan penggilingan tebu dan jumlahnya terus bertambah seiring dengan peningkatan produksi tebu mereka.

"Dari jumlah tebu tersebut, ditargetkan akan menghasilkan gula sebanyak 65.000 ton. Dengan rendeman tebu mencapai 8 persen. Jumlah itu lebih banyak atau meningkat dibanding tahun-tahun sebelumnya, karena sudah sesuai dengan kapasitas PG IGG," kata Cholidi dikutip dari beritajatim, Selasa (12/5/2020).

Menurut Cholidi, kapasitas IGG mencapai 6.000 Ton Cane Day (TCD), dan pada tahun ini pihaknya akan berupaya untuk merealisasikan, sesuai kapasitas.

Sementara itu, pada tahun sebelumnya, kapasitas PG IGG yang terpakai masih 4.000 TCD. Untuk mendukung target tebu yang digiling, PTPN XII menggunakan tebu yang sekitar 80 persen dari kebun sendiri dan sekitar 20 persen menggunakan tebu rakyat.

Cholidi menambahkan, PTPN XII memiliki luasan lahan tebu seluas 9.500 an hektar. Namun untuk IGG hanya menggunakan hasil dari lahan tebu sekitar 8.500 an yang ada di wilayah Jember dan Banyuwangi.

"Sementara sisanya yang ada di daerah Kediri dan sekitarnya, hasil tebunya untuk PTPN XI," ungkap Cholidi.

PT IGG atau PG Glenmore merupakan PG hasil kolaborasi antara PTPN XII (99,5 persen) dan PTPN XI (0,5 persen). Dibangun di tahun 2015 dan mulai uji coba produksi di tahun 2016-2017.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Olah Raga Memanah Tingkatkan Kemampuan Prajurit Marinir

Minggu, 31 Mei 2020 - 18:00 WIB

Olah Raga Memanah Tingkatkan Kemampuan Prajurit Marinir

Komandan beserta Perwira Staf Mako Brigif 2 Marinir melaksanakan latihan memanah dalam rangka meningkatkan kemampuan dan keterampilan memanah bagi Perwira Brigif 2 Marinir di Bhumi Marinir Gedangan,…

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria

Minggu, 31 Mei 2020 - 17:30 WIB

Anies Ingatkan ASN: Didepan Seragam Kita Ada Simbol Negara, Tugas Kita Menomorsatukan Rakyat Daripada Diri sendiri

"Saya ingatkan kepada kita semua, di sisi depan baju seragam kita ada simbol abdi negara. Itu bukan sekedar ornamen seragam, itu adalah wujud sikap kita. Kita adalah penyelenggara negara,"

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Doc: Kementan)

Minggu, 31 Mei 2020 - 16:31 WIB

Nambah Pendapatan Sumber Pangan Bikin Geleng-geleng Kepala

Pandemi Covid-19 membuat banyak orang kehilangan pekerjaan dan kekhawatiran sumber pangan. Kementerian Pertanian terus melakukan berbagai upaya untuk menjaga ketahanan pangan sebagai komitmen…

Presiden Jokowi

Minggu, 31 Mei 2020 - 16:29 WIB

Dari 245 PSN, Jokowi: Saya Minta Betul-betul Dihitung, Mana Proyek yang Daya Ungkitnya Lebih Besar Bagi Pemulihan Ekonomi

Adapun mengenai usulan beberapa PSN baru yang sebanyak 245 proyek strategis, Kepala Negara meminta jajarannya untuk mengkaji secara rinci mengenai prioritas dari proyek-proyek usulan tersebut.…

Petenis Federer (Foto Dok VoaNews)

Minggu, 31 Mei 2020 - 16:00 WIB

Petenis Federer Federer Atlet Bayaran Termahal di Dunia

Pemain tenis asal Swiss, Roger Federer, menjadi atlet dengan bayaran tertinggi di dunia pada tahun 2020. Hal tersebut terjadi karena pandemi COVID-19 telah menggeser Lionel Messi dari posisi…