Lenzing-Murata Berikan Angin Segar pada Industri Tekstil Berkelanjutan di Indonesia

Oleh : Herry Barus | Kamis, 31 Oktober 2019 - 08:30 WIB

Ki ka : K. Furuichi, Sales Manager Murata Machinery, Ltd dan Winston Mulyadi, Commercial Head South East Asia PT South Pacific Viscose Lenzing
Ki ka : K. Furuichi, Sales Manager Murata Machinery, Ltd dan Winston Mulyadi, Commercial Head South East Asia PT South Pacific Viscose Lenzing

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Lenzing Group  yang merupakan perusahaan yang tedepan di dunia dalam produksi serat tekstil berbasis kayu yang berkelanjutan dan ramah lingkungan menggandeng Murata, yaitu perusahaan yang bergerak di bidang mesin tekstil asal Jepang untuk tingkatkan industri tekstil berkelanjutan di Indonesia.

Serat rayon berbahan dasar kayu yang dihasilkan Lenzing adalah serat tekstil yang paling produktif, fungsional dan  berkelanjutan untuk  Murata Vortex Spinning (MVS), yaitu sistem pemintalan dan penggulungan benang (yarn) berkecepatan tinggi. Dengan kolaborasi ini, Lenzing dan Murata dapat memenuhi permintaan pasar akan bahan baku benang (yarn) untuk  industri tekstil dan garmen/ apprarel  yang  berkualitas tinggi dan  memperkuat  proses end—to end yang berkelanjutan.

“Kami tengah meningkatkan kemitraan dengan produsen peralatan tekstil terkemuka yang memiliki kredensial ramah lingkungan di dalam sektor tekstil dan nonwoven. Merek serat kami seperti TENCEL™,LENZING™ dan ECOVERO™ akan menjadi produk serat tekstil yang lebih berkualitas dan berkelanjutan apabila dipadukan dengan proses pemintalan benang berkecepatan tinggi dan produktif (MVS) sehingga dapat memberikan nilai tambah khususnya pada industri tekstil Indonesia,” ucap Winston A. Mulyadi, Lenzing Indonesia Commercial Head - SEA Region

 

Murata Vortex Spinning merupakan sistem pemintalan benang tercepat yaitu mencapai 550 meter per menit dengan proses yang sangat singkat. Sistem ini memungkinkan untuk dapat memproses bahan baku serat menjadi gulungan benang (yarn) yang sudah tersusun. Semakin banyak MVS yang terpasang di sistem pemintal benang, maka akan semakin banyak permintaaan akan serat rayon produksi LENZING ™. Perpaduan serat TENCEL™, LENZING™ dan ECOVERO™ dengan sistem pemintalan Vortex mempunyai kesesuaian yang sangat tinggi sehingga menghasilkan kualitas produk benang yang lebih baik.  Terlebih dalam proses produksinya, Vortex juga dapat menghemat bahan baku sehingga lebih ramah lingkungan, hal ini seirama dengan nilai keberlanjutan yang dimiliki Lenzing Group, serta merupakan kekuatan fitur yang dimiliki oleh Vortex.

 

Sejalan dengan tren fashion berkelanjutan, Lenzing Group senantiasa menciptakan inovasi yang tetap mengedepankan konsep yang memperhatikan kualitas, ketahanan dan keramahan lingkungan. Oleh karenanya Lenzing Group secara aktif menciptakan solusi dan inovasi dalam rantai pasokan industri tekstil yang berkelanjutan. “Kami juga mengidentifikasi peluang dan tren untuk menciptakan produk dan pemanfaatan baru untuk serat TENCEL™ da LENZING™ ECOVERO™ dan campurannya melalui pengujian di Lenzing Centre of Excelence serta kerjasama pengembangan dengan pelanggan dan mitra-mitra sepanjang rantai nilai (value chain) tekstil ” tutup Winston.

Tentang TENCEL™

TENCEL™ merupakan brand serat untuk industry tekstil di bawah grup Lenzing. Serat TENCEL™ dapat di aplikasikan dalam berbagai macam produk teksil, dari pakaian, pakaian dalam, denim sampai perlengkapan rumah, seperti handuk dan seprei. Portofolio brand produk TENCEL™ mendefinisikan langkah evolusi baru terkait kebersinambungan, manfaat fungsional, kenyamanan alami dan melayani pemakaian sehari-hari atau pengaplikasian khusus. Brand produk yang berada di bawah TENCEL™ termasuk TENCEL™ Active, TENCEL™ Denim, TENCEL™ Home, TENCEL™ Intimate dan TENCEL™ Luxe. Menonjolkan sumber bahan baku tumbuhan dan kemampuan biodegradasi, serat TENCEL™ Modal dan TENCEL™ Lyocell dapat meningkatkan kemampuan bernafas bahan dan memiliki muatan statis yang minim saat digunakan dalam bahan. Bahan-bahan yang dibuat dari serat TENCEL™ dan Lyocell juga sangat lembut di kulit dengan fitur yang halus, kelembutan yang tahan lama, warna yang hidup dan mampu mempertahankan kualitas warna. Melalui manajemen cairan, serat TENCEL™ Lyocell secara efisien menyerap cairan. Dengan lebih sedikit cairan yang berada di permukaan serat sebagai tempat bakteri berkembang biak, serat TENCEL™ Lyocell menawarkan lingkungan yang tidak cocok bagi perkembangan bakteri, sehingga menawarkan kualitas higienis yang lebih baik. Sifat pengaturan cairan dan suhu pada serat dapat ditemukan dalam bahan brand TENCEL™ Home dan TENCEL™ Active. Serat yang digunakan untuk TENCEL™ diperoleh dari sumber yang terkontrol dan tersertifikasi serta mengikuti pedoman ketat dari Lenzing Wood and Pulp Policy. Serat selulosa TENCEL™ Modal dan TENCEL™ Lyocell diproduksi secara bertanggung jawab, dapat dijadikan kompos, dan mudah terurai. TENCEL™ Modal dan TENCEL™ Lyocell ditunjuk oleh USDA (U.S. Department of Agriculture) untuk BioPreferred® Program.

Tentang LENZING™ ECOVERO™

Dengan pengalaman lebih dari 80 tahun, Lenzing Group adalah satu-satunya perusahan di dunia yang memproduksi serat berbahan selulosa kayak dalam jumlah yang signifikan. Lenzing Group merupakan perusahaan internasional yang memproduksi serat pakaian berkualitas tinggi yang berasal dari kayu yang diolah secara berkelanjutan. Diambil dari kayu yang tersertifikasi dan melalui proses yang ramah lingkungan, serat LENZING™ ECOVERO™ diciptakan untuk gaya hidup yang berkelanjutan serta untuk menciptakan lingkungan yang lebih hijau. Tentang Lenzing Group Lenzing Group adalah perusahaan internasional yang memproduksi serat berkualitas tinggi dari bahan baku alami terbarukan, ramah lingkungan dan berteknologi inovatif. Serat-serat ini menjadi bahan dasar untuk berbagai aplikasi tekstil dan nonwoven, juga digunakan dalam pakaian kerja dan pakaian pelindung serta digunakan dalam sektor industri. Kekuatan Lenzing dalam kualitas dan inovasi menjadi tolok ukur standar global untuk serat selulosa. Dengan 80 tahun pengalaman dalam memproduksi serat, Lenzing Group merupakan satu-satunya perusahaan di dunia yang mampu memproduksi ketiga generasi serat selulosa dalam jumlah yang besar.

Produk Lenzing dipasarkan dengan nama brand SIARAN PERS TENCEL™ untuk aplikasi dalam industri tekstil, VEOCEL™ untuk aplikasi dalam industri nonwoven dan LENZING™ untuk aplikasi dalam bidang industri dan produk lainnya. Inovasi lainnya seperti REFIBRA™ yang menggunakan teknologi recycling, LENZING™ ECOVERO™ sebagai standar baru dalam eco-responsible viscose dan TENCEL™ Luxe, lyocell filament, telah menjadikan Lenzing sebuah perusahaan global yang memimpin dalam hal inovasi. Kesuksesan Grup Lenzing didasari pada orientasi pelanggan yang konsisten, digabung dengan inovasi, teknologi dan kepemimpinan berkualitas. Lenzing berkomitmen terhadap prinsip sustainable management, dengan standar lingkungan yang sangat tinggi dan dapat menggarisbawahi komitmen ini dengan berbagai sertifikasi dan penghargaan berskala internasional, untuk proses bisnisnya sebagai sustainable company terdepan di sektornya. Selain serat, sebagai bisnis utamanya, Lenzing Group juga bergerak aktif dalam bidang engineering dan plant construction. Di Indonesia, Lenzing memiliki pabrik produksi serat di Purwakarta dan bernaung di bawah PT. South Pacific Viscose. Key Facts & Figures Lenzing Group 2018 Revenue: EUR 2.18 bn Nameplate capacity: 1,034,000 tons Employees: 6,839 TENCELTM, VEOCELTM, LENZINGTM, REFIBRATM, ECOVEROTM, LENZING MODALTM, LENZING VISCOSETM, MICROMODALTM dan PROMODALTM adalah merek dagang Lenzing AG.

Tentang Murata Machinery

Murata Machinery adalah perusahaan terdepan di dunia di bidang teknologi peralatan mesin, sistem penyimpanan dan pengambilan otomatis, sistem pembersih ruangan otomatis, dan mesin tekstil. Didirikan pada tahun 1935, Murata Machinery adalah produsen tunggal untuk merek Muratec yang sesuai dengan otomatisasi industri dan menyediakan keandalan di seluruh lini produk kami.

Murata Machinery menyediakan solusi canggih secara global yang disesuaikan dengan kebutuhan pabrik atau produsen. Kami menghadirkan solusi kepada pelanggan kami untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menkeu Sri Mulyani dalam Forum G20 (ist)

Sabtu, 11 Juli 2020 - 00:05 WIB

Di Paris Forum dan G20 Arab Saudi, Menkeu Sri Mulyani Jelaskan Cara Stabilkan Ekonomi dari Hantaman COVID-19

Sri Mulyani menceritakan langkah luar biasa yang telah diambil Indonesia sebagai salah satu negara berkembang dalam menghadapi krisis ini dengan memperbolehkan pemerintah untuk memiliki defisit…

Enny Sri Hartati, Pengamat Ekonomi di diskusi Forum Monitor (Doc: Monitor)

Jumat, 10 Juli 2020 - 23:33 WIB

UMKM Enggak Pernah Naik Kelas, Terlalu!

Pandemi virus covid-19 yang berlangsung hampir tiga bulan nyaris membuat perekonomian nasional lumpuh. Bahkan, pelaku sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang didominasi masyarakat…

Direktur Utama PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk. (WEGE) Nariman Prasetyo menerima penghargaan sebagai CEO Driving Execution Perusahaan (Tbk)- BUMN dan Anak Perusahaan BUMN Terbaik dalam ajang 9th Anugerah BUMN 2020 yang bertempat di The Terrace – The MAJ Senayan, Kamis (9/7).

Jumat, 10 Juli 2020 - 21:59 WIB

Wijaya Karya Bangunan Gedung Raih Execution Terbaik di Ajang Anugerah BUMN Award 2020

Jakarta–Direktur Utama PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk. (WEGE) Nariman Prasetyo menerima penghargaan sebagai CEO Driving Execution Perusahaan (Tbk)- BUMN dan Anak Perusahaan BUMN Terbaik…

Hutan Reklamasi Pasca Tambang Batu Kapur di pabrik Tuban

Jumat, 10 Juli 2020 - 21:17 WIB

Keren! Ini Teknik Reklamasi SIG di Lahan Pascatambang Pabrik Tuban

Jakarta-PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) berkomitmen selalu menjaga kelestarian alam dalam menjalankan kegiatan operasionalnya.

Menteri Agama Fachrul Razi

Jumat, 10 Juli 2020 - 20:08 WIB

Menteri Agama: Saya dan Wamen Tidak Terlibat Dalam Seleksi Jabatan Eselon I dan II

Menteri Agama Fachrul Razi menegaskan bahwa dirinya dan Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'ad tidak terlibat dalam seleksi jabatan eselon I dan II di lingkungan Kementerian Agama.