Palm Is Not My ID: Kami Akan Tingkatkan Semangat Perjuangan Menentang Industri Kelapa Sawit

Oleh : Nina Karlita | Senin, 19 Agustus 2019 - 18:32 WIB

Palm Is Not My ID: Kami Akan Tingkatkan Semangat Perjuangan Menentang Industri Kelapa Sawit
Palm Is Not My ID: Kami Akan Tingkatkan Semangat Perjuangan Menentang Industri Kelapa Sawit

INDUSTRY.co.idLONDON – 19 Agustus 2019, Saat ini, Indonesia adalah negara yang memproduksi kelapa sawit terbesar di dunia. Dalam perjalanan menuju pencapaian titel tersebut, Palm Is Not My ID (PinmID) mencatat lebih dari sembilan juta hektar hutan hujan telah ditebang. “Penebangan hutan tropis ini bukan hanya mengancam kepunahan habitat alami satwa liar, tetapi juga tanah leluhur dan tempat penghidupan masyarakat lokal,” tulis Palm Is Not My ID (PinmID) dalam siaran persnya.

PinmID percaya bahwa perampasan tanah merupakan hal yang biasa ketika perusahaan minyak kelapa sawit dengan rakus mengambil hak tanah dari penduduk desa yang tidak berpendidikan. Lebih buruk lagi, perusahaan-perusahaan itu secara ilegal mengosongkan lahan mereka dengan teknik tebang-dan-bakar yang kemudian menghasilkan kabut asap dan memperburuk kualitas udara bagi masyarakat di wilayah tersebut.

PinmID juga menyatakan daftar korban dalam industri ini tidak ada habisnya: penduduk desa, anak-anak, lingkungan, orangutan, gajah, badak dan banyak lagi. Sementara, menurut PinmID, para oknum pejabat meraih keuntungan tak pantas yang terus meningkat dari ekspor minyak kelapa sawit.

Bulan Juli, para aktivis dari PinmID telah merambah ranah internasional dan memprotes industri minyak kelapa sawit di Phuket dan London. Pada 22 Juli, para aktivis PinmID, melakukan protes di Simposium Kerjasama Penerbangan Global ICAO (GACS) Ketiga yang diadakan di Phuket, Thailand. Protes ini ditujukan pada rencana ICAO untuk berkolaborasi dengan Pemerintah Indonesia dalam rangka meningkatkan penggunaan minyak kelapa sawit dalam biofuel penerbangan menjadi 285 juta ton pada tahun 2050.

Pada 29 Juli, aktivis PinmID bekerja sama dengan aktivis hak-hak hewan juga melakukan protes terhadap deforestasi dan konsekuensi kepunahan orangutan di luar kantor Kedutaan Indonesia di London.

Aktivis PinmID bertekad akan terus aktif memprotes industri minyak sawit Indonesia dan telah melakukan aksi protes pada 17 Agustus dan dalam acara Animal Rights March di London pada 19 Agustus untuk peringatan Hari Orangutan Internasional di depan kantor Kedutaan Besar Indonesia di London.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Chief Marketing Officer (CMO) SiCepat Ekspres, Wiwin Dewi Herawati dan Vice President IT SiCepat Ekspres, Billy Yosafat, menerima The Best GRC For Performance Management In Marketing & Information Technology in Logistic Service dan The Best CMO and GRC Leader 2020 dalam Governance, Risk, and Compliance (GRC) dan Performing Excellence Award 2020 yang digelar di Auditorium TVRI, Jakarta, 29 Juli 2020. (Foto: Istimewa)

Senin, 03 Agustus 2020 - 22:53 WIB

Berkat Tata Kelola Secara Baik, Perusahaan Industri Pengiriman Ini Raih Penghargaan GRC Award 2020

Jakarta-SiCepat Ekspres Indonesia mendapatkan dua penghargaan pada acara Governance, Risk and Compliance (GRC) and Performance Excellence Award 2020

Pelayanan perbankan di Bank Bukopin (Foto: Doc Bank Bukopin)

Senin, 03 Agustus 2020 - 22:05 WIB

Kookmin Bank Siap Kuasai 67 Persen Saham Bukopin

Bank Bukopin Tbk menargetkan Rasio Kecukupan Modal atau Capital Adequacy Ratio (CAR) bisa mencapai 17 persen. 25 Agustus 2020, Bukopin akan menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) guna membahas…

CEO FIFGROUP Margono Tanuwijaya (kiri) menyerahkan secara simbolis streoform Tebar Kurban Nusantara kepada Camat Cilandak Mundari (tengah) didampingi oleh Human Capital, General Support And Corporate Communication Director FIFGROUP, Esther Sri Harjati. Pada musim haji Idul Adha tahun ini, FIFGROUP menyalurkan Dana Sosial Syariah untuk sedekah kurban senilai Rp 1,7 miliar untuk pembelian 537 kambing dan 2 ekor sapi.

Senin, 03 Agustus 2020 - 22:00 WIB

Dasyat! FIFGROUP Salurkan 579 Hewan Kurban di Seluruh Indonesia

Jakarta-PT Federal International Finance (FIFGROUP) yang merupakan bagian dari Astra Financial dan juga salah satu anak perusahaan PT Astra International Tbk, menyambut Hari Raya Idul Adha dengan…

Bursa Efek Indonesia

Senin, 03 Agustus 2020 - 21:51 WIB

Kabar Gembira! Saham WSBP Dapat Diperdagangkan Kembali

Jakarta-Saham PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP) dapat kembali diperdagangkan sehubungan dengan adanya surat resmi dari PT Bursa Efek Indonesia tanggal 30 Juli 2020).

Bank Bukopin (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 03 Agustus 2020 - 21:46 WIB

Fokus UMKM Daya Pikat Kookmin Bank Perkuat Rasio Permodalan Bank Bukopin

Bank Bukopin Tbk mendapatkan dana segar hasil Penawaran Umum Terbatas ke-5 (PUT V) yang diserap Kookmin Bank (KB) sebanyak KB menyerap sekitar 2,97 miliar lembar saham baru selama masa perdagangan…