Februari 2017, Biaya Eksplorasi Timah meningkat 14,81%

Oleh : Hariyanto | Rabu, 08 Maret 2017 - 14:06 WIB

PT Timah (Persero) Tbk
PT Timah (Persero) Tbk

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Hingga bulan Februari 2017, PT Timah (Persero) Tbk (TINS) telah menghabiskan biaya eksplorasi baik di darat maupun di laut di kawasan Bangka dan Belitung sekitar Rp21,417 miliar atau meningkat sekitar 14,81% dibandingkan periode serupa tahun lalu yaitu sekitar Rp18,653 miliar.

"Biaya eksplorasi ini terdiri dari biaya operasional Rp10,543 miliar dan investasi Rp10,873 miliar," kata Sekretaris Perusahaan TINS, Sutrisno S. Tatetdagat, di Jakarta, Rabu (8/3/2017).

Menurut Sutrisno, hasil kegiatan eksplorasi mendapatkan sumber daya baik di darat maupun di laut. Untuk kegiatan eksplorasi di laut mendapatkan sumberdaya tertunjuk (indicated) sebanyak 13 ton dan sumberdaya terukur (measured) sekitar 1,019 ton.

Semuanya merupakan tipe endapan timah alluvial, sedangkan hasil perolehan sumberdaya dari kegiatan eksplroasi di darat belum dapat dilaporkan karena masih dalam proses penyelesaian.

Kegiatan eksplorasi perseroan selama Februari tahun ini, berupa kegiatan pemboran prospeksi dan pemboran rinci di perairan Bangka (laut Ranggam, Laut Permis), dengan menggunakan empat unit kapal bor.

Kegiatan eksplorasi di darat meliputi pemetaan geologi, core logging, percontoan core, pengukuran grid bor dan pemboran timah primer di pulau Bangka (Pemali, Bukit Pret, Bukit Baji, Jangkang, Kulur) dan Belitung (Batu Besi Damar).

Sementara rencana kegiatan eksplorasi pada Maret tahun ini adalah melakukan evaluasi dan melanjutkan kegiatan bulan sebelumnya. Kegiatan pemboran prospeksi dan pemboran rinci di laut akan menggunakan empat kapal bor yang dialokasikan di perairan Bangka (Laut Kantung, Laut Ranggam, dan Laut Permis).

Sedangkan untuk pemboran timah primer di pulau Bangka yang dilakukan di Bukit Baji, Kulur, Pamali, Jangkang, dan Bukit Pret. Di belitung, pemboran dilaksanakan di Batu Basi Damar. (Hry/ Imq)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Rektor UISI Prof.Dr.Ing.Herman Sasongko menjelaskan tentang instalasi virtual ekstraksi minyak Atsiri di laboratorim virtual UISI.

Sabtu, 21 Mei 2022 - 20:29 WIB

Keren! UISI Kembangkan Laboratorium Virtual yang Dapat di AksesMahasiswa Melalui Website dan Aplikasi Secara Online

Jakarta – Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) yang berlokasi di Kompleks PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, Jalan Veteran Gresik, Jawa Timur terus berinovasi memberikan fasilitas…

CEO Ohana Enterprise Peter Chandra Gunawan (Kanan)

Sabtu, 21 Mei 2022 - 19:56 WIB

Transisi Menuju Endemi, Industri Pernikahan Perlahan Mulai Bangkit

Membaiknya penanganan pandemi covid-19 disambut baik oleh para pelaku usaha industri pernikahan. Relaksasi ijin acara keramaian yang dikeluarkan oleh pemerintah berdampak positif terhadap bangkitnya…

 ASYA Hadirkan Hunian Bertema Post-Pandemic

Sabtu, 21 Mei 2022 - 19:47 WIB

Dukung Kehidupan Modern yang Lebih Sehat dan Berkualitas, ASYA Hadirkan Hunian Bertema Post-Pandemic

ASYA, township premium di kawasan Jakarta Timur garapan PT Astra Land Indonesia yang merupakan anak perusahaan ASTRA Property dan Hongkong Land, memperkenalkan rangkaian hunian mewah dua dan…

Gelar Public Relations Talk, Lawcus FH Unsri Hadirkan Pakar PR dari LSPR Institut

Sabtu, 21 Mei 2022 - 18:51 WIB

Gelar Public Relations Talk, Lawcus FH Unsri Hadirkan Pakar PR dari LSPR Institut

Palembang – Law Intellectual Society (Lawcus) Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya (FH Unsri) melalui Department of Public Relations, menyelenggarakan kegiatan Public Relations Talk #2 dengan…

Menkominfo: NU bisa Manfaatkan Teknologi Digital untuk Syiar Agama

Sabtu, 21 Mei 2022 - 18:38 WIB

Menkominfo: NU bisa Manfaatkan Teknologi Digital untuk Syiar Agama

Jakarta, Kominfo Newsroom – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate, mengatakan bahwa teknologi digital telah merambah berbagai sektor kehidupan, tidak terkecuali…