Kementan Dinilai Dobrak Minat Milenial Dengan Teknologi

Oleh : Wiyanto | Selasa, 23 Juli 2019 - 21:00 WIB

Petani desa di tengah sawah (Foto: Dok Industry.co.id)
Petani desa di tengah sawah (Foto: Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id

Jakarta - Penilaian OpenGov Asia ke Kementerian Pertanian (Kementan) yang dianggap inisiatif dan inovatif memanfaatkan teknologi agriculture 4.0 akan memiliki dampak positif untuk generasi muda ke depannya.

"Tentu saja ke depannya bakal mendorong minat generasi muda ingin serius menekuni sektor pertanian. Sebab sudah canggih mekanisasinya," ujar pengamat pertanian UGM, Jamhari, Minggu (21/7/2019).

Jamhari menuturkan, skema pengelolaan pertanian yang modern merupakan kunci mutlak menarik geliat generasi muda ke sektor agraris.

Upaya itu, ucap Jamhari, dianggap cukup serius dikerjakan oleh Kementan dengan beradaptasi sesuai kemajuan teknologi untuk memodernisasi pertanian.

"Jika pengelolaan pertanian sudah modern, para generasi muda juga akan dapat menyadari bahwa banyak peluang keutungan dari sektor agro," kata Jamhari.

Jamhari menjelaskan, selama ini generasi muda memang masih menganggap bahwa sektor pertanian seolah pekerjaan "kuno". Sebab masih dilihat minimnya pemanfaatan teknologi.

Padahal justru sebaliknya, sektor pertanian dari hulu ke hilir mempunyai banyak peluang yang menguntungkan. Apalagi, kebutuhan pangan dunia masih terus meningkat.

Jamhari berharap, Kementan terus meningkatkan kualitas pemanfaatan teknologi agriculture 4 0 untuk ke depannya. Dengan begitu, ikut juga mendorong terbukanya lapangan usaha baru.

Sebelumnya, Group Managing Director dan Editor in Chief OpenGov Asia, Mohit Sagar, menilai bila Kementan konsisten dan luar biasa dalam upaya menerapkan inovasi teknologi guna pembangunan pertanian.

Penerapan teknologi 4.0 oleh Kementan dikategorikan telah mampu mempercepat pertumbuhan ekonomi dan kualitas hidup masyarakat petani.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

 Ketua PWI Pusat Atal S Depari

Senin, 16 Desember 2019 - 05:00 WIB

Ribuan Orang Ikuti Fun Walk IKWI

Ribuan orang mengikuti kegiatan Fun Walk Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) 2019 yang mengambil tema "Keluarga Sehat, Ekonomi Kuat", Minggu, (15/12/2019).

Prajurit Marinir Surabaya Berhasil Rebut Juara 1 Belitung International Triathlon 2019

Senin, 16 Desember 2019 - 04:00 WIB

Prajurit Marinir Berhasil Rebut Juara 1 Belitung International Triathlon 2019

Setelah berjuang mati-matian dengan melewati berbagai rintangan yang berat, Juara 1 lomba Belitung International Triathlon 2019 kategori standard distance akhirnya berhasil direbut oleh Kopda…

imoo Watch Phone

Minggu, 15 Desember 2019 - 21:38 WIB

imoo Watch Phone Kado Natal Impian Anak Kini Turun Harga

Baru-baru ini imoo Watch Phone meluncurkan produk terbarunya yaitu imoo Watch Phone Z6 dengan mode flip Front & Rear Dual Camera. Perusahaan yang sudah berdiri sejak 1995 ini dalam lima tahun…

Konferensi Pers Kinerja Industri Asuransi Jiwa Kuartal III 2019

Minggu, 15 Desember 2019 - 21:01 WIB

Total Pendapatan Industri Asuransi Jiwa Naik Sebesar 14,7%

Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) memaparkan kinerja industri asuransi jiwa pada kuartal 2019, dengan menghimpun data dari 59 perusahaan dari 60 total anggota. Hasil data tersebut menunjukkan…

Swiss-Belhotel International Menggabungkan Fasilitas Bisnis-Wisata di Bali

Minggu, 15 Desember 2019 - 20:00 WIB

Swiss-Belhotel International Menggabungkan Fasilitas Bisnis-Wisata di Bali

Swiss-Belhotel International, yang merupakan jaringan manajemen hotel global, ikut berpartisipasi dalam mempromosikan Bali sebagai daerah tujuan yang ideal bagi mereka yang membutuhkan “bleisure…