Terra Drone Indonesia Berikan Pelatihan Drone untuk Raksasa Tambang

Oleh : Herry Barus | Rabu, 19 Juni 2019 - 09:00 WIB

Terra Drone (Foto Dok Industry.co.id)
Terra Drone (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Teknologi drone telah banyak diadaptasi di berbagai industri di Indonesia. Salah satu industri yang mengadaptasi teknologi tersebut adalah sektor pertambangan. Manfaat yang diperoleh dari teknologi tersebut mencakup pembuatan peta digital beresolusi tinggi, yang dapat diproses lebih lanjut untuk menghasilkan peta situasi hingga model 3 dimensi yang akurat.

“Pengoperasian drone untuk aktivitas pertambangan harus diiringi dengan kesiapan operator untuk menghadapi segala risiko yang ada di situs tambang. Mengoperasikan drone bukan hanya soal take off dan landing, namun banyak hal yang harus diperhatikan untuk menjamin keselamatan dan keamanan operasinya,” ujar Michael Wishnu Wardana (Direktur Utama Terra Drone Indonesia, Selasa (18/6/2019)

 Aero Drone School, sebagai salah satu unit bisnis Terra Drone Indonesia yang menyediakan pelatihan pengoperasian drone, beberapa waktu lalu memberikan pelatihan kepada perusahaan tambang yakni PT Amman Mineral Nusa Tenggara, perusahaan raksasa tambang tembaga dan emas terbesar kedua di Indonesia, dan PT Saptaindra Sejati, salah satu anak perusahaan grup Adaro.

Keduanya dilakukan di situs tambang masing-masing, dengan tujuan agar peserta memperoleh orientasi lapangan yang sesuai dengan pekerjaannya. Materi pelatihan dibuat khusus untuk kebutuhan pemantauan aktivitas pertambangan seperti survei daerah reklamasi, penghitungan volume, pemetaan pit, hingga kebutuhan media.

Pelatihan tersebut diadakan selama 4 hari, dan mencakup penjelasan mengenai dasar-dasar operasi drone, regulasi drone yang berlaku di Indonesia, faktor keselamatan dan prosedur pengoperasian, simulasi penerbangan, hingga praktek piloting drone.

 Kedepannya, Terra Drone berkomitmen untuk terus menyediakan pelatihan drone berstandar industri agar terciptanya ekosistem industri drone yang berorientasikan terhadap keselamatan, dan akan bekerjasama dengan lembaga dan asosiasi terkait untuk terus meningkatkan kualitas pelatihan secara bertahap.

Mulai Juli 2019, program pelatihan Aero Drone School akan diambill alih oleh Terra Drone Indonesia.

 Tentang Terra Drone

Terra Drone Corporation adalah penyedia solusi drone industri paling terkemuka di dunia yang didirikan pada 2016. Kantor pusat perusahaan berlokasi di Tokyo, Jepang, dengan 20 cabang di seluruh dunia termasuk Asia Pasifik, Uni Eropa, dan Amerika Selatan. Terra Drone menyediakan teknologi drone inovatif yang diberdayakan dengan LiDAR dan metode survei fotogrametri untuk sektor konstruksi, utilitas, tambang, energi, dan minyak dan gas. Terra Drone memiliki spesialisasi pada perangkat keras berkinerja tinggi, perangkat lunak mutakhir, dan layanan dan sistem manajemen drone (UTM).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Jababeka

Kamis, 18 Juli 2019 - 11:20 WIB

Acting in Concert Picu Perubahan Pengendalian KIJA

PT Kawasan Industri Jababeka Tbk (KIJA) berpotensi mengalami gagal bayar notes senilai USD300 juta. Karena terjadi perubahan pengendali sebagaimana dimaksud dalam perjanjian terkait dengan notes yang…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto

Kamis, 18 Juli 2019 - 11:05 WIB

Lampaui Rata-rata Nasional, Realisasi Anggaran Kemenperin 2018 Capai 92,28%

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mengoptimalkan alokasi anggaran bagi organisasinya dalam rangka mendorong pengembangan industri nasional.

Danau Matano, Sulawesi Selatan. (Foto: IST)

Kamis, 18 Juli 2019 - 11:00 WIB

Pemerintah Siapkan 10 Danau Dipersiapkan Sebagi Destinasi Pariwisata

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah merevitalisasi 10 di antara 15 danau prioritas yang dikembangkan sebagai destinasi pariwisata alam di Indonesia.

Adhi S lukman, Ketua Gabungan pengusaha makanan dan minuman indonesia ( Gapmmi )

Kamis, 18 Juli 2019 - 10:00 WIB

Industri Mamin Butuhkan Pasokan Garam Industri

- Industri makanan dan minuman sedang mengalami kekurangan pasokan garam industri, sedangkan stok saat ini untuk kebutuhan kurang dari satu bulan, kata Ketua Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman…

BCA Dukung Pelestarian Keragaman Budaya Nusantara

Kamis, 18 Juli 2019 - 09:30 WIB

BCA Dukung Pelestarian Keragaman Budaya Nusantara

Keberagaman kultur dan budaya yang tersebar di semua wilayah di Indonesia mengharuskan adanya sikap apresiasi dan saling menghormati sehingga tercipta situasi yang kondusif untuk pertumbuhan…