Terra Drone Indonesia Berikan Pelatihan Drone untuk Raksasa Tambang

Oleh : Herry Barus | Rabu, 19 Juni 2019 - 09:00 WIB

Terra Drone (Foto Dok Industry.co.id)
Terra Drone (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Teknologi drone telah banyak diadaptasi di berbagai industri di Indonesia. Salah satu industri yang mengadaptasi teknologi tersebut adalah sektor pertambangan. Manfaat yang diperoleh dari teknologi tersebut mencakup pembuatan peta digital beresolusi tinggi, yang dapat diproses lebih lanjut untuk menghasilkan peta situasi hingga model 3 dimensi yang akurat.

“Pengoperasian drone untuk aktivitas pertambangan harus diiringi dengan kesiapan operator untuk menghadapi segala risiko yang ada di situs tambang. Mengoperasikan drone bukan hanya soal take off dan landing, namun banyak hal yang harus diperhatikan untuk menjamin keselamatan dan keamanan operasinya,” ujar Michael Wishnu Wardana (Direktur Utama Terra Drone Indonesia, Selasa (18/6/2019)

 Aero Drone School, sebagai salah satu unit bisnis Terra Drone Indonesia yang menyediakan pelatihan pengoperasian drone, beberapa waktu lalu memberikan pelatihan kepada perusahaan tambang yakni PT Amman Mineral Nusa Tenggara, perusahaan raksasa tambang tembaga dan emas terbesar kedua di Indonesia, dan PT Saptaindra Sejati, salah satu anak perusahaan grup Adaro.

Keduanya dilakukan di situs tambang masing-masing, dengan tujuan agar peserta memperoleh orientasi lapangan yang sesuai dengan pekerjaannya. Materi pelatihan dibuat khusus untuk kebutuhan pemantauan aktivitas pertambangan seperti survei daerah reklamasi, penghitungan volume, pemetaan pit, hingga kebutuhan media.

Pelatihan tersebut diadakan selama 4 hari, dan mencakup penjelasan mengenai dasar-dasar operasi drone, regulasi drone yang berlaku di Indonesia, faktor keselamatan dan prosedur pengoperasian, simulasi penerbangan, hingga praktek piloting drone.

 Kedepannya, Terra Drone berkomitmen untuk terus menyediakan pelatihan drone berstandar industri agar terciptanya ekosistem industri drone yang berorientasikan terhadap keselamatan, dan akan bekerjasama dengan lembaga dan asosiasi terkait untuk terus meningkatkan kualitas pelatihan secara bertahap.

Mulai Juli 2019, program pelatihan Aero Drone School akan diambill alih oleh Terra Drone Indonesia.

 Tentang Terra Drone

Terra Drone Corporation adalah penyedia solusi drone industri paling terkemuka di dunia yang didirikan pada 2016. Kantor pusat perusahaan berlokasi di Tokyo, Jepang, dengan 20 cabang di seluruh dunia termasuk Asia Pasifik, Uni Eropa, dan Amerika Selatan. Terra Drone menyediakan teknologi drone inovatif yang diberdayakan dengan LiDAR dan metode survei fotogrametri untuk sektor konstruksi, utilitas, tambang, energi, dan minyak dan gas. Terra Drone memiliki spesialisasi pada perangkat keras berkinerja tinggi, perangkat lunak mutakhir, dan layanan dan sistem manajemen drone (UTM).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Utama Karya Pastikan Truk Odol yang Melintas di Ruas Tolnya akan Dirazia

Sabtu, 29 Februari 2020 - 16:00 WIB

Hutama Karya Razia Truk ODOL yang Melintas di Ruas Tolnya

PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) akan terus melakukan operasi ataskendaraan bermuatan lebih yang masuk kedalam kategori Over Dimension dan Over Load (ODOL).

Simulasi Pasien Corona di RSUP dr Kariadi Semarang

Sabtu, 29 Februari 2020 - 15:11 WIB

Terdapat 136 Pasien Suspect Virus Corona di Indonesia, 35 Pasien Dirawat di Jakarta

Sebaran pasien terduga suspect virus corona di indonesia yang dirawat selain di Jakarta teraebar juga di 22 provinsi, antara lain: Bali 21 orang, Jateng 13 Orang, Kepri 11 orang, Jabar 9 orang,…

Survei Lapangan Ibu Kota Baru

Sabtu, 29 Februari 2020 - 15:06 WIB

Bertemu Jokowi Soal Ibu Kota Baru, Ini Kata Tony Blair...

Presiden Joko Widodo menerima kedatangan delegasi Tony Blair Institute for Global Change yang dipimpin langsung oleh Tony Blair di Istana Merdeka, Jakarta, pada Jumat, 28 Februari 2020. Dalam…

Presiden Jokowi (Foto Biro Pers Setpres)

Sabtu, 29 Februari 2020 - 14:20 WIB

Presiden Jokowi: Yang Punya NPWP Ayo Lapor Pajak Lebih Awal, Ingat Ya Lapornya Sampai dengan 31 Maret 2020

Presiden juga mengingatkan kepada semua pihak yang telah memiliki nomor pokok wajib pajak (NPWP) untuk segera melaporkan SPT. Menurutnya, masih banyak yang telah memiliki NPWP tetapi belum melaporkan…

Para peserta Anabatic Digitalk 2020 Berfoto Bersama Usai Acara. (Foto: Istimewa)

Sabtu, 29 Februari 2020 - 13:57 WIB

Anabatic Gelar Digitalk 2020 tentang Kecerdasan Buatan di Yogyakarta

Yogyakarta - PT Anabatic Digital Raya, anak usaha PT Anabatic Technologies Tbk (ATIC) kembali menggelar forum diskusi teknologi bertajuk Digitalk dengan tema kecerdasan buatan dan proses automasi…