Harga Bawang Putih di Yogyakarta Berangsur Turun

Oleh : Herry Barus | Kamis, 16 Mei 2019 - 06:38 WIB

Bawang Putih (ist)
Bawang Putih (ist)

INDUSTRY.co.id - Yogyakarta- Harga bahan kebutuhan pokok di pasar tradisional Kota Yogyakarta, khususnya bawang putih yang sempat mengalami kenaikan cukup signifikan kini mulai turun ke harga normal dan tetap diupayakan stabil.

“Harga bawang putih yang beberapa hari lalu sempat mencapai sekitar Rp60.000 per kilogram (kg), kini turun menjadi Rp38.000 per kg untuk jenis kating,” kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Yogyakarta Yunianto Dwi Sutono di Yogyakarta, Rabu (15/5/2019)

Menurut Yunianto, penurunan harga bawang putih tersebut salah satunya karena gencarnya pelaksanaan operasi pasar bawang putih yang dilakukan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Yogyakarta sejak akhir April hingga awal bulan puasa ini bekerja sama dengan importir besar bawang putih.

“Sementara ini, belum ada rencana untuk kembali menggelar operasi pasar bawang putih,” katanya.

Meskipun sudah turun hingga harga jual normal, Yunianto mengatakan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Yogyakarta akan tetap mengupayakan agar harga bawang putih serta bahan kebutuhan pokok lain tetap stabil selama Ramadhan hingga Lebaran.

“Berdasarkan rapat dengan TPID DIY, disepakati untuk melakukan pemantauan harga dan ketersediaan komoditas bahan kebutuhan pokok secara rutin di distributor, pasar tradisional hingga ke konsumen,” katanya.

Sedangkan untuk di Kota Yogyakarta, Yunianto memastikan ketersediaan bahan kebutuhan pokok cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama Ramadhan dan Lebaran. “Sampai saat ini pun, harga bahan kebutuhan pokok tetap stabil,” katanya.

Masyarakat yang membutuhkan informasi mengenai harga bahan kebutuhan pokok, lanjut Yunianto dapat memanfaatkan aplikasi Jogja Smart Service (JSS) untuk mengetahui harga rata-rata bahan kebutuhan pokok di pasar tradisional.

Selain melakukan pemantauan stok dan harga kebutuhan pokok secara rutin di pasar tradisional, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Yogyakarta bekerja sama dengan Badan Urusan Logistik (Bulog) serta pihak terkait lain akan mengadakan pasar rakyat.

Kegiatan yang ditujukan untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhan pokok dengan harga murah serta menampilkan potensi produk usaha kecil mikro (UKM) di Kota Yogyakarta tersebut akan digelar di Jalan Ipda Tut Harsono pada akhir Mei, 28-29 Mei.(Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Waskita (ist)

Kamis, 18 Juli 2019 - 07:13 WIB

Cegah Korupsi, Waskita Karya Wajibkan Kepala Proyek Lapor LHKPN ke KPK

Jakarta– PT Waskita Karya (Persero) Tbk (kode saham: WSKT) mendukung penuh imbauan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang meminta agar BUMN maupun swasta berkomitmen mencegah terjadinya penyimpangan.

Menteri BUMN Rini Soemarno (Foto Humas BUMN))

Kamis, 18 Juli 2019 - 07:00 WIB

Menteri Rini: INKA Bangun Pabrik Kereta Api Terbesar se-Asia Tenggara di Banyuwangi

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M. Soemarno meninjau progres pembangunan workshop atau pabrik kereta api milik PT Industri Kereta Api (Persero) di Banyuwangi, Jawa Timur. Pembangunan…

Go Work

Kamis, 18 Juli 2019 - 06:37 WIB

Kebahagiaan dalam Bekerja: Sebuah Observasi Atas Peran Dinamis Lingkungan Pekerjaan

Akhir tahun lalu, LinkedIn melakukan survei mendalam terhadap 2.000 karyawan profesional tentang sebuah topik mengenai “kebahagiaan di tempat kerja” (kondisi yang kita perjuangkan, tetapi…

Sriwijaya Air (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 18 Juli 2019 - 06:00 WIB

Sriwijaya Air Group Terus Berkomitmen Menjaga Penerbangan Tetap Aman & Nyaman

Sebagai perusahaan yang menawarkan jasa pelayanan, Sriwijaya Air Group berkomitmen penuh untuk dapat terus memberikan pengalaman penerbangan yang menyenangkan kepada seluruh pelanggannya

 Damai Putra Group Berikan Ruang Kelas Baru di Bekasi

Kamis, 18 Juli 2019 - 05:01 WIB

Damai Putra Group Berikan Ruang Kelas Baru di Bekasi

Damai Putra Group selaku pengembang Kota Harapan Indah, Kawasan Mandiri di Timur Jakarta seluas 2200 Ha, mendukung program pemerintah Kota Bekasi dalam meningkatkan penyediaan sarana prasarana…