PT Perkebunan Mitra Ogan Penuhi Hak Karyawan Jelang Idul Fitri

Oleh : Kormen Barus | Kamis, 04 April 2024 - 19:36 WIB

PT Perkebunan Mitra Ogan Penuhi Hak Karyawan Jelang Idul Fitri
PT Perkebunan Mitra Ogan Penuhi Hak Karyawan Jelang Idul Fitri

INDUSTRY.co.id, Palembang, Sumatera Selatan – PT Perkebunan (PTP) Mitra Ogan berkomitmen penuhi hak-hak karyawan menjelang dan pasca Idul Fitri. Sekretaris Perusahaan PTP Mitra Ogan Mahmud Riyad, Kamis, 4/4/2024, di Palembang, mengatakan, langkah tersebut dilakukan setelah perusahaan mengoptimalkan pemasukan dari para mitra dan melakukan startegi perbaikan dan pengembangan bisnis kelapa sawit/Crude Palm Oil (CPO).

Menurut Mahmud, hak-hak karyawan saat ini sudah mulai dipenuhi secara bertahap. Selama proses tersebut berjalan, pihaknya terus melakukan koordinasi dengan Serikat Pekerja (SP) sebagai perwakilan dari karyawan.

“Saat ini sudah kita realisasikan secara bertahap. Kami juga terus bangun koordinasi dengan SP dan sampaikan bahwa perusahaan berkomitmen penuh untuk memenuhi hak karyawan. Upaya koordinasi dan komunikasi ini sebagai bukti bahwa manajemen serius dan konsen terkait hal ini,” tegasnya.

Mahmud menuturkan, proses pemenuhan hak karyawan ini diharapkan dapat membatu karyawan dalam pemenuhan kebutuhan menjelang hari raya Idul Fitri. “Kita pastikan THR karyawan terpenuhi sehingga karyawan dapat berlebaran dengan tenang,” ucapnya.

Lebih lanjut, Mahmud mengatakan, sebagai solusi jangka panjang untuk menjaga keberlanjutan perusahaan, manajemen telah menyiapkan sejumlah strategi. Di antaranya terus melakukan berbagai perbaikan operasional di lapangan, baik dari sisi on farm dan off farm serta menggandeng mitra strategis untuk mendukung proses bisnis sawit perusahaan.

“Selain pembenahan dan perbaikan aspek fisik, kami juga tengah gencar melakukan pendekatan untuk menggandeng mitra lokal dalam rangka kerja sama bisnis sawit dengan mengoptimalkan lahan dan pabrik Mitra Ogan,” ungkapnya.

Melalui kemitraan tersebut, Mahmud berharap produksi kebun dan pabrik Mitra Ogan dapat terus tumbuh. Sehingga dapat mendorong peningkatan pemasukan perusahaan secara berkelanjutan.

“Selain itu, pembenahan dari sisi manajemen keuangan juga terus kita lakukan, seperti mendorong efisiensi khususnya yang terkait dengan biaya tetap,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Serikat Pekerja Pertanian Perkebunan Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPPP SPSI) Hadi Yamin mengatakan, pihaknya berharap proses pemenuhan hak-hak karyawan Mitra Ogan bisa terus berjalan lancar. Untuk menjaga hal tersebut pihaknya mengaku terus menjalin komunikasi dan koordinasi dengan manajemen dan karyawan.

“Kita akan terus kawal dan jalankan fungsi sebagai penghubung dengan memberikan masukan kepada manajemen, sekaligus menyerap dan menyampaikan aspirasi karyawan. Hal ini untuk perbaikan Mitra Ogan ke depannya,” ujarnya.

Terkait upaya perbaikan jangka panjang yang tengah dilakukan perusahaan, Hadi berharap manajemen dapat terus mengembangkan potensi yang dimiliki, diantaranya melalui replanting dan optimalisasi lahan.

Adapun Mitra Ogan merupakan perusahaan yang bergerak di bidang usaha perkebunan kelapa sawit serta pengolahan buah kelapa sawit menjadi minyak sawit mentah/CPO dan inti sawit/palm kernel (PK). Mitra Ogan memiliki 2 unit Pabrik Kelapa Sawit (PKS) dengan kapasitas 90 ton/ jam.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Seorang pedagang sayur mayur nasabah Jak One Merchant Bank DKI tengah menjajakan dagangannya yang transaksinya di Pasar Jati Rawasari, Jakarta Pusat (30/04). Sampai dengan Q1 2024, kredit dan pembiayaan UMKM Bank DKI naik 39,18% dari Rp3,8 triliun per Maret 2023 menjadi Rp5,2 triliun Per Maret 2024.

Senin, 29 April 2024 - 23:53 WIB

Q1 2024, Kredit UMKM Bank DKI Tumbuh 39,18%

Jakarta - Bank DKI terus fokus tingkatkan portofolio UMKM sesuai dengan visi dan misi bank. Sampai dengan Q1 2024, kredit dan pembiayaan UMKM naik 39,18% dari Rp3,8 triliun per Maret 2023 menjadi…

Melalui Sertifikasi B Corp, Xurya menegaskan fokus perusahaan pada perkembangan yang berkelanjutan, baik dalam aspek lingkungan maupun sosial.

Senin, 29 April 2024 - 21:56 WIB

Perusahaan Energi Terbarukan Indonesia, Xurya, Raih Sertifikasi B Corp

Menegaskan fokus perusahaan pada perkembangan yang berkelanjutan, Xurya menjadi salah satu pionir perusahaan energi terbarukan di Indonesia yang Tersertifikasi B Corp.

 PAPDI Umumkan Pembaruan Rekomendasi Jadwal Vaksinasi Dewasa 2024

Senin, 29 April 2024 - 21:00 WIB

PAPDI Perbarui Rekomendasi Vaksin Dewasa Dengan Menambahkan PCV15

Selain diberikan kepada bayi dan anak-anak, vaksin PCV15 juga telah disetujui oleh BPOM untuk diberikan kepada dewasa guna memberikan perlindungan terhadap 15 serotipe bakteri pneumokokus.

Dialog Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) yang mengangkat tema 'Lindungi Hak Pekerja dalam Bisnis'. (FMB9)

Senin, 29 April 2024 - 20:40 WIB

Perpres 60/2023, Pemerintah Dorong Bisnis Ramah HAM & Kesejahteraan Pekerja

Jakarta, FMB9 - Pemerintah telah mengesahkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 60 Tahun 2023 tentang Strategi Nasional Bisnis dan Hak Asasi Manusia sebagai respons terhadap kebutuhan akan perlindungan…

Direksi BNI usai paparan kinerja

Senin, 29 April 2024 - 18:33 WIB

BNI Raih Laba Bersih Rp5,33 Triliun Kuartal I 2024

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI konsisten mencatatkan pertumbuhan kinerja keuangan yang positif dan berkelanjutan pada periode awal tahun 2024.