PT Perkebunan Mitra Ogan Penuhi Hak Karyawan Jelang Idul Fitri

Oleh : Kormen Barus | Kamis, 04 April 2024 - 19:36 WIB

PT Perkebunan Mitra Ogan Penuhi Hak Karyawan Jelang Idul Fitri
PT Perkebunan Mitra Ogan Penuhi Hak Karyawan Jelang Idul Fitri

INDUSTRY.co.id, Palembang, Sumatera Selatan – PT Perkebunan (PTP) Mitra Ogan berkomitmen penuhi hak-hak karyawan menjelang dan pasca Idul Fitri. Sekretaris Perusahaan PTP Mitra Ogan Mahmud Riyad, Kamis, 4/4/2024, di Palembang, mengatakan, langkah tersebut dilakukan setelah perusahaan mengoptimalkan pemasukan dari para mitra dan melakukan startegi perbaikan dan pengembangan bisnis kelapa sawit/Crude Palm Oil (CPO).

Menurut Mahmud, hak-hak karyawan saat ini sudah mulai dipenuhi secara bertahap. Selama proses tersebut berjalan, pihaknya terus melakukan koordinasi dengan Serikat Pekerja (SP) sebagai perwakilan dari karyawan.

“Saat ini sudah kita realisasikan secara bertahap. Kami juga terus bangun koordinasi dengan SP dan sampaikan bahwa perusahaan berkomitmen penuh untuk memenuhi hak karyawan. Upaya koordinasi dan komunikasi ini sebagai bukti bahwa manajemen serius dan konsen terkait hal ini,” tegasnya.

Mahmud menuturkan, proses pemenuhan hak karyawan ini diharapkan dapat membatu karyawan dalam pemenuhan kebutuhan menjelang hari raya Idul Fitri. “Kita pastikan THR karyawan terpenuhi sehingga karyawan dapat berlebaran dengan tenang,” ucapnya.

Lebih lanjut, Mahmud mengatakan, sebagai solusi jangka panjang untuk menjaga keberlanjutan perusahaan, manajemen telah menyiapkan sejumlah strategi. Di antaranya terus melakukan berbagai perbaikan operasional di lapangan, baik dari sisi on farm dan off farm serta menggandeng mitra strategis untuk mendukung proses bisnis sawit perusahaan.

“Selain pembenahan dan perbaikan aspek fisik, kami juga tengah gencar melakukan pendekatan untuk menggandeng mitra lokal dalam rangka kerja sama bisnis sawit dengan mengoptimalkan lahan dan pabrik Mitra Ogan,” ungkapnya.

Melalui kemitraan tersebut, Mahmud berharap produksi kebun dan pabrik Mitra Ogan dapat terus tumbuh. Sehingga dapat mendorong peningkatan pemasukan perusahaan secara berkelanjutan.

“Selain itu, pembenahan dari sisi manajemen keuangan juga terus kita lakukan, seperti mendorong efisiensi khususnya yang terkait dengan biaya tetap,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Serikat Pekerja Pertanian Perkebunan Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPPP SPSI) Hadi Yamin mengatakan, pihaknya berharap proses pemenuhan hak-hak karyawan Mitra Ogan bisa terus berjalan lancar. Untuk menjaga hal tersebut pihaknya mengaku terus menjalin komunikasi dan koordinasi dengan manajemen dan karyawan.

“Kita akan terus kawal dan jalankan fungsi sebagai penghubung dengan memberikan masukan kepada manajemen, sekaligus menyerap dan menyampaikan aspirasi karyawan. Hal ini untuk perbaikan Mitra Ogan ke depannya,” ujarnya.

Terkait upaya perbaikan jangka panjang yang tengah dilakukan perusahaan, Hadi berharap manajemen dapat terus mengembangkan potensi yang dimiliki, diantaranya melalui replanting dan optimalisasi lahan.

Adapun Mitra Ogan merupakan perusahaan yang bergerak di bidang usaha perkebunan kelapa sawit serta pengolahan buah kelapa sawit menjadi minyak sawit mentah/CPO dan inti sawit/palm kernel (PK). Mitra Ogan memiliki 2 unit Pabrik Kelapa Sawit (PKS) dengan kapasitas 90 ton/ jam.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kendal Industrial Park

Senin, 20 Mei 2024 - 14:33 WIB

Begini Trend Industri Otomotif dan Renewable Energy di Kendal Jawa Tengah

Pemerintah Indonesia saat ini tengah giat mendorong pemanfaatan energi baru dan terbarukan (renewable energy) guna menurunkan emisi gas rumah kaca. Berbagai upaya dilakukan pemerintah, seperti…

PT Gunung Raja Paksi Tbk (GGRP)

Senin, 20 Mei 2024 - 14:31 WIB

Mengusung Produk Baja Ramah Lingkungan, GRP Siap Bersaing di Pasar Baja Dunia

PT Gunung Raja Paksi Tbk (GGRP) terus menggenjot penjualan baja ke pasar ekspor. Perseroan optimistis prospek dan permintaan ekspor baja pada tahun 2024 masih ada ruang untuk terus bertumbuh.…

TikTok

Senin, 20 Mei 2024 - 12:55 WIB

Analyzing TikTok's Marketing Model

In the digital age, social media platforms have revolutionized marketing strategies, offering innovative ways for brands to connect with their audiences. Among these platforms, TikTok has emerged…

Menhan Prabowo Subiato Hadiri The 10th World Water Forum Yang Dibuka Resmi Presiden Jokowi di Bali

Senin, 20 Mei 2024 - 12:42 WIB

Menhan Prabowo Subiato Hadiri The 10th World Water Forum Yang Dibuka Resmi Presiden Jokowi di Bali

Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Menhan RI) Prabowo Subianto menghadiri acara forum air terbesar sedunia, β€œThe 10th World Water Forum (WWF) yang dibuka secara resmi oleh Presiden RI…

Peresmian Kantor Baru Skinproof

Senin, 20 Mei 2024 - 12:23 WIB

Komitmen Tingkatkan Keamanan dan Inovasi Produk di Industri Kecantikan, Skinproof Buka Kantor Baru di Jakarta

Industri kecantikan secara global maupun nasional tumbuh begitu pesat dalam beberapa tahun terakhir. Sejalan dengan pertumbuhan tersebut, juga terjadi lonjakan jumlah produk kecantikan yang…