Menhub: Bandara Radin Inten II Siap Berangkatkan 3,7 Juta Penumpang/Tahun

Oleh : Herry Barus | Jumat, 08 Maret 2019 - 09:30 WIB

Menhub Budi Karya Sumadi (Foto Dok Kemenhub)
Menhub Budi Karya Sumadi (Foto Dok Kemenhub)

INDUSTRY.co.id - Lampung Selatan - Menjelang peresmian terminal baru Bandara Radin Inten II Lampung Selatan dan Bandara Silampari Lubuklinggau oleh Presiden RI Joko Widodo, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan peninjauan kesiapan terminal baru Bandara Radin Inten II Lampung, Kamis (7/3/2019).

Bandara Radin Inten II telah menjadi Bandara Internasional dan sedang dalam proses dikerjasamakan dengan PT. Angkasa Pura II.

"Bandara Radin Inten II merupakan bandara yang cukup padat dengan jumlah penumpang 3,7 juta per tahun," jelas Menhub Budi.

Lebih lanjut, Menhub menjelaskan syarat teknis Bandara Radin Inten II sebagai Bandara Internasional sudah terpenuhi sehingga dapat digunakan untuk penerbangan haji dan umroh.

"Bandara Radin Inten II dapat menampung 24 kloter jamaah haji dan jamaah umroh hingga 17 ribu jamaah. Saya meminta Pemerintah Daerah agar berkomunikasi dengan Kementerian Agama terkait slot dari di Madinah dan Jeddah, Arab Saudi. Apalagi di Lampung sudah ada asrama haji sehingga tahun ini Bandara Radin Inten II bisa langsung digunakan untuk haji atau umroh untuk wilayah Lampung dan Sumatera Selatan," jelas Menhub, seperti dilansir laman Kemenhub.

Menhub Budi mengatakan pemerintah daerah Provinsi Lampung telah membebaskan lahan sebelah timur Bandara untuk didarati pesawat Boeing 737.

Turut hadir dalam peninjauan tersebut yaitu Dirjen Perhubungan Polana B. Pramesti, Direktur Bandar Udara Pramintohadi Sukarno, serta jajaran pemerintah daerah, dan PT Angkasa Pura II.9(Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Rahasia Dapur Efisien: Kulkas Side by Side, Penyimpanan Luas dan Pilihan Terbaik untuk Keluarga Modern

Senin, 29 April 2024 - 06:38 WIB

Rahasia Dapur Efisien: Kulkas Side by Side, Penyimpanan Luas dan Pilihan Terbaik untuk Keluarga Modern

Setelah kembali dari liburan panjang, kebutuhan akan penyimpanan bahan makanan yang luas menjadi sangat terasa. Seringkali setelah berlibur, kita ingin kembali ke rutinitas sehari-hari dengan…

Groundbreaking Socia Garden (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 29 April 2024 - 06:00 WIB

Gelar Groundbreaking, Arrayan Group Bakal Serah Terima Unit Socia Garden Akhir Tahun 2024

Arrayan Group sebagai pengembang besar selalu serius dalam merealisasikan dan komitmen terhadap penyelesaian proyeknya. Bukti nyata ini ditandai dengan Groundbreaking tahap 1 di Cluster Tivoli…

Ketua Umum INKOWAPI, Sharmila Yahya

Minggu, 28 April 2024 - 20:03 WIB

INKOWAPI Siap Dukung Percepatan Pelaksanaan Program Makan Siang & Susu Gratis

Induk Koperasi Pengusaha Wanita Indonesia (INKOWAPI) mendukung percepatan pelaksanaan program makan siang dan susu gratis yang digagas Presiden dan Wakil Presiden terpilih 2024-2029.

Baliho Dico Ganinduto

Minggu, 28 April 2024 - 18:54 WIB

Viral Baliho Dico Ganinduto Gubernur Jateng, Ini Kata Pakar

Sejumlah wilayah di Jawa Tengah 'dibanjiri' baliho hingga billboard yang menampilkan foto Bupati Kendal Dico Ganinduto. Hal tersebut membuat menarik perhatian seluruh masyarakat Jateng hingga…

Pelita Air

Minggu, 28 April 2024 - 15:28 WIB

Pelita Air Tambah Rute Baru Penerbangan Langsung Jakarta-Kendari-Jakarta

Pelita Air (kode penerbangan IP), membuka rute penerbangan baru Jakarta-Kendari-Jakarta (langsung) dengan melakukan penerbangan perdana dari Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta Jakarta (CGK) ke…